Timnas BMX Indonesia Turunkan Tim Terbaik di Kejuaraan Asia

Timnas BMX Indonesia Turunkan Tim Terbaik di Kejuaraan Asia
I Gusti Bagus Saputra meraih medali perak balap sepeda nomor BMX Asian Games 2018 di Sirkuit BMX Pulomas, Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu, 25 Agustus 2018. ( Foto: Kementerian PAN-RB / Doni )
Hendro D Situmorang / CAH Sabtu, 13 April 2019 | 08:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Timnas balap sepeda BMX Indonesia menurunkan formasi terbaik pada pada pada kejuaraan Asian BMX Cycling Championship (ACC) 2019 yang dimulai hari ini Sabtu-Minggu, 13-14 April. Hal ini demi mencapai target yakni mempertahankan gelar juara Asia di nomor putra dan perebutan poin kualifikasi Olimpiade 2020.

Skuat yang diturunkan oleh Indonesia adalah Rio Akbar, Bagus Saputra, Tony Syarifudin, Fasya Ahsana Rifki, dan Yossi Saputra (Junior), serta Wiji Lestari (women elit).

Manajer Timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputra berharap komposisi tim Merah Putih bisa mempertahankan gelar juara Asia, meski memprediksi ada Thailand dan Jepang yang akan menjadi rival terberat. Diakui kedua negara itu akan menurunkan juga barisan atlet terbaik mereka pada kejuaraan yang berlangsung di Velodrome Nasional, Nilai, Negeri Sembilan, Malaysia.

"Memang benar tim Jepang dan Thailand harus diwaspadai. Apalagi, mereka turun dengan formasi terbaik. Tapi timnas kita juga siap berikan yang terbaik," jelasnya ketika dihubungi media, Jumat (12/4/2019).

Jepang menurunkan empat pembalap pada kategori putra, yaitu Tatsumi Matsushita, Asuma Nakai, Jukia Yoshimura, dan Daiki Ikeda. Adapun Thailand mengirim Nonthakon Inkhoksong dan Sittichok Kaewsrikhao.

Namun, Budi tidak mau meremehkan wakil lain, termasuk wakil tuan rumah Malaysia, Zafrin Shah Sabikin. Pembalap Filipina, Daniel Patrick Caluag, pun dianggap Budi harus diwaspadai.

"Harapannya kami bisa kembali juara. Apalagi, kami sangat serius menyiapkan tim untuk ajang ini. Kami terjunkan atlet-atlet sepeda terbaik kita," kata Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI), Raja Sapta Oktohari.

Menurutnya, Rio AKbar sebagai pembalap terbaiknya yang merupakan juara Asia BMX 2018. Selain itu, ada juga peraih medali perak Asian Games 2018, I Gusti Bagus Saputra, pembalap senior Toni Syarifudin, serta pembalap belia (19 tahun) Fasya Ahsana Rifki yang melengkapi tim yang baru saja naik kelas ke jenjang senior. Dia adalah juara pertama junior pada kejuaraan Men Junior International BMX, serta meraih posisi ketiga pada Men Junior Asian BMX Championship 2018. 



Sumber: Suara Pembaruan