Taklukkan Wawrinka, Federer Bertemu Nadal di Semifinal

Taklukkan Wawrinka, Federer Bertemu Nadal di Semifinal
Roger Federer (Foto: AFP)
/ JAS Rabu, 5 Juni 2019 | 11:45 WIB

Paris, Beritasatu.com - Roger Federer melaju ke semifinal turnamen tenis Grand Slam, Prancis Terbuka, setelah menundukkan Stan Wawrinka pada Selasa (4/6/2019). Di semifinal, Federer yang menjadi unggulan ketiga akan berhadapan dengan unggulan kedua Rafael Nadal. 

Turunnya hujan yang membuat pertandingan ditunda, tak membuat Federer tidak mengendurkan permainannya di babak perempat final. Dia pun sukses mengalahkan Stan Wawrinka 7-6(4), 4-6, 7-6(5), 6-4 dalam tiga jam dan 35 menit.

Dengan kemenangan atas rekan senegaranya itu, Federer maju ke semifinal Roland Garrros untuk kali pertama sejak absen di tahun 2012.

"Saya senang bisa kembali ke semifinal Grand Slam lainnya. Itu belum pernah terjadi dalam satu tahun terakhir ini. Sebelumnya saya mengalami kekalahan di babak keempat atau perempat final. Ini tentu melebihi harapan saya di sini," kata Federer seperti dilansir atptour.com, Rabu (5/6/2019).

Petenis asal Swiss ini mengaku senang bisa kembali ke Roland Garros dan mencapai semifinal setelah absen bertahun-tahun.

Di semifinal, Federer akan berhadapan dengan musuh bebuyutannya yaitu Rafael Nadal. Federer dan Nadal telah bertemu lima kali di Roland Garros, yaitu di semifinal 2005, dan babak final 2006, 2007, 2008, dan 2011. Secara keseluruhan, petenis Spanyol itu telah memenangkan 13 dari 15 pertemuan pertandingan mereka.

Nadal sukses melewati perempat final dengan menundukkan Kei Nishikori 6-1, 6-1, 6-3. Juara 11 kali itu terlalu kuat bagi petenis Jepang unggulan ketujuh tersebut, yang mencapai perempat final ketiga di Roland Garros setelah kemenangan lima set berurutan.

"Cara saya bermain sangat positif dan sangat solid. Memenangkan pertandingan bagus melawan lawan tangguh seperti hari ini. Saya senang dengan itu," kata petenis Spanyol itu.

Nadal menjalani pertandingan cukup panjang melawan Nishikori, dengan total selama satu jam 50 menit dan sempat dihentikkan lebih dari satu jam karena hujan.

"Hari ini telah menjadi kemenangan positif melawan Kei. Saya melakukan hal-hal dengan baik, dan permainan saya telah meningkat di musim lapangan tanah liat," tutur petenis berusia 33 tahun itu.

Selanjutnya Nadal akan berusaha memperpanjang catatan rekor 23-15 FedEx ATP Head2Head melawan Roger Federer, dengan kemenangan pertamanya atas Swiss sejak Januari 2014 di semifinal Australia Terbuka.

Nadal memiliki catatan kemenangan 13-2 melawan Federer di lapangan tanah liat, termasuk kemenangan di semifinal 2005, dan final 2006, 2007, 2008 dan 2011 Roland Garros.

"Kami berbagi momen paling penting dalam karier kami di lapangan dengan saling berhadapan sebelumnya. Pertandingan nanti akan menjadi episode lain, saya senang dan bersemangat. Ini akan menjadi momen spesial, dan saya akan bersiap-siap," pungkas Nadal.



Sumber: ANTARA/Reuters