SEA Games 2019

Timnas Basket Genjot Latihan Fisik Atlet Pelatnas

Timnas Basket Genjot Latihan Fisik Atlet Pelatnas
Pebasket putra Indonesia. ( Foto: Antara / AndikaWahyu )
Hendro D Situmorang / FER Jumat, 14 Juni 2019 | 17:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 16 pemain basket Indonesia sudah tergabung dalam pelatnas SEA Games 2019 mulai digenjot kembali usai libur lebaran. Tim nasional basket Merah Putih sudah memulai latihan full team yang dipimpin langsung oleh sang pelatih Wahyu Hidayat Jati.

Dalam latihan dengan skuat yang lengkap pertama itu, pelatih yang akrab disapa Cacing tersebut mengatakan, program latihan masih sebatas pengenalan. Kondisi fisik para pemain akan digenjot dalam satu minggu untuk fokus awal latihan straight dan under straight. Pasalnya, kondisi para atlet jauh di bawah performa dan sebagian besar kelebihan berat badan.

"Setelah kami melakukan seleksi berdasarkan penampilan mereka di liga maupun statistik, inilah pemain terbaik yang ada yang tersedia saat ini. Tetapi kami terus melakukan evaluasi dan akan menerapkan sistem promosi dan degradasi. Seminggu ini kita lebih ke endurance, straight, endurance, straight, minggu depan baru kita kombinasi dengan tekniknya. Jadi kita kerjakan campur-campur," kata Cacing, di GOR Soemantri, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Menurut Cacing, pemilihan latihan lebih awal ini sebagai penjajakan menuju turnamen yang akan diikuti dalam waktu dekat, yakni kejuaraan William Jones pada 11-22 Juli 2019 di Taiwan. Keikutsertaan timnas sendiri sebagai bekal pemain untuk menyongsong SEA Games di Filipina, November nantinya.

"Awal ekspektasi kan cuma fokus karena bulan depan ada William Jones, jadi kita lebih bikin dan mempersatukan chemistry antar pemain saja. Ya kita benahi itu saja, karena takut juga kalau langsung latihan berat, bisa ada yang cedera," jelas Cacing.

Sebagian besar pemain merupakan nama baru yang belum pernah memperkuat timnas. Hanya tersisa dua nama mantan penghuni pelatnas, yakni Kaleb Ramot Gemilang dan Hardianus Lakudu. Sementara sejumlah nama yang semula masuk bidikan sang pelatih banyak yang tidak bisa bergabung. Vincent Kosasih dan Agassi Goantara berbenturan dengan jadwal sekolah. Sementara Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa, Arki Dikania Wisnu, dan Adhi Pratama mengalami cedera.

"Tapi jika ada pemain lainnya yang lebih bagus dan siap, saya tak segan memanggil mereka termasuk Arki dan Adhi kalau sudah sembuh dan dinyatakan tim medis siap bermain. Kami akan buka peluang mereka untuk bergabung bersama timnas," tutup Cacing. 



Sumber: Suara Pembaruan