Erick Tegaskan Tak Calonkan Kembali Jadi Ketua KOI

Erick Tegaskan Tak Calonkan Kembali Jadi Ketua KOI
Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (Inasgoc) 2018, Erick Thohir, bersama salah satu atlet peraih medali emas Asian Games 2018. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Hendro D Situmorang / JAS Selasa, 20 Agustus 2019 | 08:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Erick Thohir menegaskan kembali bahwa dirinya tidak akan maju lagi dalam bursa pencalonan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada September 2019 mendatang. Baginya cukup satu kali saja dirinya menjadi Ketua KOI dan menyerahkan pada anggota untuk mencari kandidat yang terbaik.

"Cukup satu periode saja dan saya rasa banyak tokoh muda yang energik dan mampu untuk memimpin KOI ke depan. Tidak ada istilah nanti tiba-tiba saya menelikung. Bukan karakter saya seperti itu," ujar Erick di iNews Center, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Menurutnya siapapun yang menjadi pimpinan KOI nantinya, tetap akan menghadapi tantangan berat, yaitu bagaimana Indonesia harus menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Persiapan menjadi tuan rumah olimpiade 2032 itu harus dimulai dari sekarang sehingga butuh pimpinan yang visioner dan pengalaman dunia internasional," ucapnya.

Baginya selama empat tahun memimpin KOI sudah banyak yang dilakukan termasuk bagaimana menyukseskan Asian Games ke-18 tahun 2018 Jakarta-Palembang. Akan tetapi, menurut Erick, sukses multievent empat tahunan tersebut bukan semata-mata karena KOI, tetapi berkat semua pihak termasuk induk organisasi cabor, swasta, dan pemerintah.

Menurutnya selain menyusun strategi olimpiade juga pada tahun depan harus berusaha banyak atlet dan cabor harus lolos Olimpiade Tokyo 2020. Sukses Asian Games 2018 lalu harus menambah motivasi Olimpiade 2020. 



Sumber: Suara Pembaruan