Meski Benci Lari, Butet Finis Juga

Meski Benci Lari, Butet Finis Juga
Mantan pemain ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir (kanan) tiba di garis fini lomba lari Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019 di Kudus, Minggu (25/8/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Alexander Madji )
Alexander Madji / AMA Minggu, 25 Agustus 2019 | 18:33 WIB

Kudus, Beritasatu.com - Para legenda bulutangkis Indonesia akhirnya finis kategori 5K lomba lari bertajuk Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019 yang berlangsung di Kota Kudus, Jawa Tengah, Minggu (25/8/2019). Meskipun, mereka tidak menyeleasaikan jarak 5K itu dengan selalu berlari.

Liliyana Natsir, misalnya, mengaku mengikuti ajang lari 5K dengan lebih banyak berjalan. Namun, ia mengaku dengan mengikuti ajang ini dia bisa bangun pagi dan menikmati Kota Kudus.

"Sebetulnya untuk jarak 5K enteng bagi atlet seperti saya. Meski saya tidak suka lari, tetapi dengan mengikuti acara ini, saya yang susah bangun pagi, bisa bangun pagi dan jalan-jalan menikmati suasana Kota Kudus," kata Butet, sapaan Liliyana Natsir setelah mencapai garis finis.

Karena itu, mantan jawara dunia dan peraih emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 yang menjadi pelari VIP pada ajang ini tidak peduli dengan catatan waktu dalam menyelesaikan jarak 5K.

Legenda bulutangkis lainnya Liem Swie King, Hastomo Arbi, dan Fung Permadi juga sampai finis nomor 5K. Fung Permadi sendiri menempuh jarak itu dengan berlari dan jalan. Adapun Hastomo konsisten berlari sejak garis awal hingga finis meski sudah berusia lebih dari 60 tahun.

Sementara itu, para pelari di masing-masing kategori berhasil meraih prestasi cemerlang. Di kategori utama, Relay Marathon, juara I berhasil diraih oleh oleh kelompok Team Djarun Kenkcak asal Lumajang, Jawa Timur. Mereka terdiri dari Sutikno, Robby Kurniawan, Dedy Yusuf, dan Eva Yunita. Jarak 42,195 kilometer berhasil ditempuh para pelari yang berasal dari satu komunitas lari di Lumajang ini dalam waktu 02:36:27. Catatan waktu terbaik ini membuat mereka berhak atas hadiah utama senilai Rp 28 juta.

Di kategori Half Marathon Male juara berhasil diraih oleh Maji Suranto yang mencetak waktu 01:17:55. Sedangkan di Half Marathon Female waktu tercepat 01:32:52 diraih oleh Risa W Wijayanti. Keduanya berhasil mendapat hadiah masing-masing sebesar Rp 13 juta.

Selanjutnya untuk kategori 10K Male juara pertama diraih oleh Ricky Robin S Nababan dengan raihan waktu 00:35:48, kemudian di 10K Female juara diraih Yanitasari Yanita dengan catatan waktu 00:40:46. Mereka masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp 6,5 juta.



Sumber: Suara Pembaruan