Bu Rudianto: Petenis Muda Harus Cinta Tenis

Bu Rudianto: Petenis Muda Harus Cinta Tenis
Tannya Nanette Rudianto ( Foto: Istimewa )
Carlos KY Paath / AO Minggu, 25 Agustus 2019 | 19:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tannya Nanette Rudianto begitu mencintai olah raga tenis. Perempuan yang akrab disapa Bu Rudianto tersebut memiliki pesan bagi petenis-petenis muda Indonesia. Bu Rudianto berharap para petenis muda mencintai tenis.

"Pesan apa yang bisa saya sampaikan ke atlet tenis Indonesia? Kita harus cinta tenis. Cinta dengan olah raga yang kita geluti," kata Bu Rudianto di sela Turnamen Tenis Tannya Nanette Rudianto pada 24-25 Agustus 2019, Lapangan Tenis Elite Club Kuningan, Jakarta, Minggu (25/6).

Turnamen diselenggarakan untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi para petenis dan mantan petenis nasional dari berbagai daerah. "Kita jangan hanya ingin mau main tenis, tetapi harus cinta tenis. Karena kalau cinta pasti kita rindu tenis," ujarnya.

Turnamen dibuka oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti), Rildo Ananda Anwar pada Sabtu (24/8). Menurut Bu Rudianto, PP Pelti perlu menaruh perhatian terhadap peningkatan prestasi tenis Tanah Air.

Dikatakan, penghargaan kepada para atlet tidak sekadar dalam bentuk uang. "Mungkin dalam latihan ada sesuatu yang membuat anak-anak muda termotivasi. PP Pelti pasti memahami itu," ujarnya.

Di sisi lain, Bu Rudianto menambahkan, Rildo selalu Ketum PP Pelti berharap agar ada turnamen serupa untuk tingkat junior. "Pak Rildo berharap ada turnamen junior. Nanti kerja sama dengan PP Pelti. Saya sendiri komitmen ikut membangun prestasi tenis Indonesia," imbuh Bu Rudianto.

Turnamen Tenis Tannya Nanette Rudianto, khususnya invitasi beregu putri menjadi ajang terbesar perhelatan kejuaraan tenis di Indonesia. Turnamen tersebut diikuti 12 regu dari 7 provinsi, yaitu Jawa Timur, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, dan Jambi.

"Kurang lebih 108 pemain veteran putri ikut. Turnamen ini merupakan turnamen tenis veteran terbesar. Beberapa mantan petenis nasional yang ikut diantaranya Suzanna, Lukky Tedjamukti, Luciana Lolong, Eny Sulistyowati, Natalia S, dan Agustime L," ujar perempuan berusia 77 tahun tersebut.

Sementara pada kelompok ganda putra veteran 50 tahun, mantan-mantan pemain PON, SEA Games, Asian Games, Davis Cup, dan Olimpiade tidak diperkenankan ikut serta. Turnamen ini membuat banyak menarik minat para petenis veteran untuk bertanding, karena berbeda dengan turnamen-turnamen tenis veteran yang selama ini digelar.

Peserta turnamen ganda putra berjumlah 102 pemain atau 51 pasangan. Berasal dari 20 provinsi dan ditambah dua pemain asing dari Korea Selatan dan Amerika Serikat. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 97,5 juta.

"Saya memang senang tenis. Mulai 19 tahun, saya sudah latihan tenis. Saya boleh dibilang maniak tenis. Tenis ini bisa sampai usia berapa saja asal kita rutin," jelas Bu Rudianto terkait motivasinya mengadakan turnamen.

Bu Rudianto pun menyebutkan, "Meski kami sudah lanjut usia, orang bilang tidak ada guna, kami ingin tunjukkan sebaliknya. Kami masih semangat. Masak yang tua saja semangat, terus yang muda tidak. Harapannya ini bisa memotivasi generasi muda tenis."

Dirinya juga bertekad bakal mengadakan turnamen setiap tahun. "Ini memang baru pertama. Kalau di Surabaya, tiap 7 Januari saya adakan. Saya punya klub tenis namanya Araya Klub," ucap Bu Rudianto yang mensponsori penuh turnamen.

Direktur Turnamen, Bunge Naroh mengungkap, antusiasme petenis veteran begitu luar biasa dalam mengikuti Turnamen Tenis Tannya Nanette Rudianto. "Biasanya kalau kumpul-kumpulin peserta sulit, tapi turnamen ini tidak. Semua antusias," kata Bunge.

Bunge mengatakan, peserta yang gugur di penyisihan masih bisa bertanding. Menurut Bunge, pihaknya menyiapkan bagan bagi peserta yang kalah.

"Jadi kalau babak penyisihan kalah, bisa main di bagan mereka yang kalah. Belum pernah ada di dunia, baru di Indonesia. Nanti langsung masuk 16 besar, pemenang bagan yang kalah dihadapkan dengan bagan pemenang," ucap Bunge.



Sumber: BeritaSatu.com