Bank BRI Indonesia Open 2019

Naraajie Bersaing di Papan Atas di Hari Pertama

Naraajie Bersaing di Papan Atas di Hari Pertama
Naraajie Emerald Ramadhan Putra ( Foto: Asian Tour )
Alexander Madji / AMA Kamis, 29 Agustus 2019 | 21:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pegolf amatir nomor satu Indonesia, Naraajie Emerald Ramadhan Putra tampil mengejutkan pada hari pertama turnamen golf prestisius Bank BRI Indonesia Open 2019 yang berlangsung di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Kamis (29/8/2019). Ia mencatatkan skor 66 atau 6 di bawah par dan hanya selisih satu poin di bawah posisi puncak yang dikuasai pegolf India India Viraj Madappa dan pegolf Thailand Itthipat Buranatanyarat.

“Sebenarnya pukulan saya hari ini tidak terlalu bagus. Permainan driver dan iron saya juga tidak seperti yang saya harapkan. Tetapi beruntung short game dan putting saya sedang bagus,” jelas Naraajie, yang pada bulan Juni lalu memenangkan gelar internasional pertamanya pada ajang Saujana Amateur Championship, setelah pertandingan.

Pada putaran pertama ini, Naraajie mencatatkan tujuh birdie dengan satu-satunya bogey terjadi di hole 15. “Seting Pondok Indah Golf Course kali ini memang berbeda jika dibandingkan Asian Games tahun lalu. Green kali ini lebih licin. Tahun lalu kecepatan green mungkin sekitar 10,5, tapi kalau sekarang 11,” ujarnya lagi.

Dengan catatan skor 66 ini, Naraajie hanya berjarak satu pukulan dari Viraj Madappa dan Itthipat Buranatanyarat yang sama-sama membukukan 65 pukulan atau 7 di bawah par. Mereka berbagi tempat di puncak klasemen sementara. Sementara Narrajie berbagi tempat ketiga dengan Kosuke Hamamoto asal Thailand dan Ajeetesh Sandhu dari India.

Viraj Madappa, yang telah mengoleksi satu gelar Asian Tour, memulai permainannya dari hole 10. Ia langsung membukukan dua birdie di dua hole pertamanya. Hal ini kemudian membantunya memperoleh momentum sehingga kemudian mencatatkan skor 4 di bawah par di sembilan hole pertamanya. Tak cukup sampai di situ, ia menambah tiga birdie lagi di sembilan hole terakhirnya untuk memastikan namanya berada di jajaran atas.

Catatan skor Madappa ini kemudian disamai oleh Itthipat Buranatanyarat. Pegolf asal Thailand yang bermain pada sesi sore ini membukukan tujuh birdie dengan sebuah eagle dan dua bogey.

Sementara itu pegolf amatir Indonesia lainnya, Rory Hie yang bermain pada sesi pagi hari, berhasil memanfaatkan kondisi lapangan yang relatif lebih ramah dengan torehan skor 67.

“Strategi saya hari ini tidak terlalu agresif karena pukulan iron saya memang sedang bagus. Jadi, dari tee saya bermain konservatif, yang penting bola saya masuk ke fairway. Selain itu, putting saya hari ini juga lumayan bagus,” tutur Rory.

Sejauh ini, Rory menjadi satu-satunya pegolf Indonesia yang paling mendekati prestasi yang ditorehkan Kasiadi 30 tahun silam. Pada tahun 2011, Rory meraih posisi runner up dan hanya kalah satu pukulan dari Thaworn Wiratchant. Baginya, pengalaman ini menjadi sesuatu yang sangat berharga yang akan membantunya jika berada di posisi serupa kelak.



Sumber: Suara Pembaruan