Rifqy Fitriadi Tampil di Laga Pembuka Piala Davis 2019

Rifqy Fitriadi Tampil di Laga Pembuka Piala Davis 2019
Empat petenis yang akan memperkuat Tim Piala Davis Indonesia, (dari kiri) Muhammad Althaf Dhaifullah, Muhammad Rifqi Fitriadi, Anthony Susanto, dan David Agung Susanto. ( Foto: Istimewa )
Hendro D Situmorang / AMA Sabtu, 14 September 2019 | 07:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Petenis Indonesia, Muhammad Rifqi Fitriadi, tampil pada laga pembuka melawan Selandia Baru di ajang Piala Davis Grup II Zona Asia/Oseania di Stadion Tenis Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (14/9/2019) ini. Petenis debutan non peringkat berusia 20 tahun itu bakal menantang tunggal utama tim tamu, Ajeet Rai yang bercokol di posisi ke-744 sektor tunggal dunia.

“Ini merupakan penampilan pertama, tetapi saya telah merasakan atmosfer Piala Davis karena tahun lalu telah bergabung dengan tim meskipun belum pernah dipasang. Saya siap keluarkan permainan terbaik, apalagi Piala Davis adalah ajang yang mempertaruhkan nama bangsa. Persiapan saya sendiri sudah optimal dan kini fokus dulu pada pertandingan. Secara mental, saya sudah siap dan akan memberikan yang terbaik bagi tim Merah Putih,” ujar Rifqi seusai undian di Stadion Tenis GBK, Jumat (13/9/2019).

Sementara andalan Indonesia untuk merebut poin di nomor tunggal, David Agung Susanto (28) akan berjibaku dengan tunggal kedua Selandia Baru, Rhett Purcell di partai kedua dalam pertemuan keenam antar kedua negara.

“Saatnya balas dendam karena saya pernah kalah darinya di sebuah turnamen ITF di Jakarta, dua tahun lalu. Saat ini, kondisinya berbeda dan saya jauh lebih siap,” tekad David yang telah membela tim Piala Davis Indonesia sejak 2010.

Sesuai undian yang dilakukan oleh Referee ITF asal India, Puneet Gupta, kubu tuan rumah merasa optimistis mampu memberikan perlawanan sengit kepada Selandia Baru yang menempati unggulan kedua Piala Davis Grup II Zona Asia Oseania.

“Kami memiliki peluang memenangi partai tunggal karena semua pemain levelnya sama. Kalaupun lawan memiliki peringkat dunia lebih tinggi, itu karena mereka lebih banyak mengikuti turnamen. David, bahkan, punya jam terbang lebih tinggi sementara dua petenis tunggal lawan itu minim pengalaman di Piala Davis,” tutur kapten Indonesia, Febi Widhiyanto.

Laga Piala Davis Grup II Zona Asia Oseania antara Indonesia dan Selandia Baru terdiri dari lima partai. Setelah dua partai tunggal pada hari pertama, pada hari kedua, Minggu (15/9/2019) besok, berlangsung satu pertandingan di nomor ganda dan diikuti dua laga di nomor tunggal. “Kedua tim memiliki kesempatan mengganti komposisi pasangan ganda hingga satu jam sebelum pertandingan,” ujar Puneet.

Adapun jadwal lengkap Piala Davis 2019 Grup II Zona Asia/Oseania antara Indonesia melawan Selandia Baru adalah Muhammad Rifqi Fitriadi versus Ajeet Rai dan David Agung Susanto versus Rhett Purcell pada Sabtu (14/9/2019). Lalu pada Minggu (15/9/2019) di nomor ganda Ari Fahresi/Anthony Susanto akan berhadapan dengan Marcus Daniell/Michael Venus, sedangkan di sektor tunggal David Agung Susanto giliran berhadapan dengan Ajeet Rai dan Muhammad Rifqi Fitriadi menantang Rhett Purcell.



Sumber: Suara Pembaruan