Pagar Nusa Kirim Empat Pesilat Terbaik ke Aljazair

Pagar Nusa Kirim Empat Pesilat Terbaik ke Aljazair
Ketua Umum PP Pencak Silat Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen bersama sejumlah pesilat bertemu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di kantor PBNU, Jakarta, Selasa, 17 September 2019. ( Foto: Istimewa )
Yustinus Paat / AO Kamis, 19 September 2019 | 06:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pimpinan Pusat Pagar Nusa akan mengirimkan empat atlet terbaik mereka ke Aljazair guna memenuhi undangan Duta Besar Indonesia untuk Aljazair Safira Rosa Machrusah. Di Aljazair, para pesilat akan menampilkan seni bela diri pencak silat dan pertandingan eksibisi dengan pesilat Aljazair dalam ajang “Safira Cup” pada 20-22 September 2019.

Ketua Umum PP Pencak Silat Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen mengatakan, hal tersebut merupakan suatu kehormatan. Pasalnya, Dubes RI untuk Aljazair Safira Rosa mendatangi kantor PP Pencak Silat Pagar Nusa dan mengundangnya secara langsung.

“Ini merupakan kehormatan yang luar biasa bagi Pagar Nusa. Duta Besar hadir ke kantor dan mengundang secara langsung supaya Pagar Nusa dapat hadir di Aljazair,” kata Nabil di gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jalan Kramat Raya 164 Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Lebih dari itu, bagi Pagar Nusa, hal tersebut merupakan tugas negara yang harus siap sedia melaksanakannya. "Ketika negara memanggil, maka tidak ada jawaban selain kata siap," ujar dia.

Dari lawatannya ke bagian utara Benua Afrika ini, Nabil berharap dapat mewujudkan cita-cita bangsa untuk menginternasionalisasikan pencak silat. Dia menegaskan, pencak silat adalah budaya asli Indonesia yang layak diperkenalkan ke masyarakat internasional.

"Saya berharap lawatan ke Aljazair ini juga merupakan cita-cita besar kita bersama untuk internasionalisasi pencak silat. Mari kita guncang dunia dengan pencak silat yang merupakan budaya asli bangsa Indonesia," kata Nabil.

Di samping itu, Pagar Nusa juga akan mengirimkan pelatih terbaik yang akan tinggal selama beberapa waktu untuk melahirkan pesilat-pesilat dan pendekar-pendekar Aljazair yang berkualitas.

Sebelum berangkat, mereka terlebih dahulu bertemu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di kantor PBNU pada Selasa (18/9/2019). Dalam pertemuan singkat itu, Kiai Said sangat mendukung dan berharap kegiatan yang akan dilaksanakan di negeri yang diislamkan oleh Sahabat Uqbah bin Nafi itu dapat berjalan dengan lancar.

“Mudah-mudahan selamat, sukses, berhasil,” ujar Kiai Said.

Selain itu, Kiai Said juga mengingatkan mereka untuk tidak sombong mengingat semuanya berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah. “Jangan sombong. Semua dari Allah, bersama Allah. Menuju ke Allah. Gak ada kekuatan kita ini,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Al-Tsaqafah,Ciganjur, Jakarta Selatan itu. Pertemuan itu ditutup dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Kiai Said.



Sumber: Suara Pembaruan