Ditaklukkan Momota, Ginting Gagal Raih Juara Tiongkok Terbuka

Ditaklukkan Momota, Ginting Gagal Raih Juara Tiongkok Terbuka
Pebulutangkis tunggal putera Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. ( Foto: Badminton Indonesia )
Jaja Suteja / JAS Minggu, 22 September 2019 | 16:20 WIB

Changzou, Beritasatu.com - Harapan Indonesia merebut gelar juara tunggal putra kejuaraan bulutangkis Tiongkok Terbuka (China Open) 2019 pupus sudah. Wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting gagal menjadi yang terbaik setelah ditaklukkan tunggal putra nomor satu dunia Kento Momota.  

Bertarung di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Changzou, Tiongkok, Ginting harus mengakui keunggulan Momota, 21-19, 17-21, dan 19-21. Ginting sebenarnya telah memberikan perlawanan yang gigih dan ngotot. Namun Momota memang lebih baik.

Pertarungan berlangsung ketat sejak gim pertama dimulai. Kedua pebulutangkis saling susul-menyusul poin. Namun Ginting kemudian bisa bangkit dan menyelesaikan gim pertama dengan skor ketat 21-19.

Memasuki gim kedua, permainan berlangsung sama dengan game pertama. Namun Momota selalu memimpin. Ginting sempat menyamakan kedudukan menjadi 13-13, tetapi setelah itu, dia tak mampu lagi menyamakan kedudukan dan hanya mempertipis selisih skor. Momota berhasil menyelesaikan gim kedua ini dengan keunggulan 21-17.

Pada gim ketiga, Momota selalu unggul tetapi berkat kegigihan dan perjuangan tak kenal lelah Ginting mampu menyamakan skor menjadi 19-19. Namun ini terrnyata menjadi poin terakhir yang diraih Ginting pada kejuaraan ini. Momota merebut dua poin beruntun dan menyelesaikan pertandingan dengan skor 21-19.

Ketatnya pertandingan tergambar dari waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan pertarungan ini. Momota harus berjuang 1 jam 31 menit sebelum akhirnya merebut gelar juara kelimanya pada 2019 ini. 

Sebelum bertarung di Tiongkok Terbuka tahun ini, Ginting dan Momota telah 12 kali bertemu. Momota mendominasi dengan memenangkan sembilan pertarungan, sementara Ginting hanya menang dalam tiga pertemuan.

Salah satu kemenangan yang diraih Ginting atas Momota adalah pada pertemuan di Tiongkok Terbuka 2018. Saat itu Ginting meraih kemenangan 23-21 dan 21-19.

Sementara pertemuan terakhir keduanya sebelum di Changzou tahun ini adalah di kejuaraan Jepang Terbuka Juli 2019 lalu. Saat itu Ginting menyerah 13-21, 22-20, dan 15-21.



Sumber: BeritaSatu.com