Piala Presiden E-Sport 2020 Resmi Bergulir Lagi

Piala Presiden E-Sport 2020 Resmi Bergulir Lagi
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (ketiga dari kanan) berfoto bersama dengan Panitia Penyelenggara Piala Presiden E-Sports 2020 Giring Ganesha (kedua dari kanan), Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto (kedua dari kiri), dan Ketua Badan Ekonomi Kretatif, Tirawan Munaf, pada pembukaan Piala Presiden E-Sports di Jakarta, Minggu (13/10/2010). ( Foto: Istimewa )
Alexander Madji / AMA Minggu, 13 Oktober 2019 | 21:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Piala Presiden E-Sports 2020 mulai digelar Minggu (13/10/2019) di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, bersamaan dengan penyelenggaraan grand final Turnamen Free Fire Indonesia Masters Season 2.

“Hari ini secara resmi kita memulai seluruh rangkaian Piala Presiden E-Sports 2020. Dengan harapan besar bahwa e-sports dan atlet-atlet e-sports di Indonesia akan terus berkembang dan membawa prestasi bagi bangsa. Kita menunjukkan dan membuktikan bahwa dalam e-sports, Indonesia bisa dan Indonesia juara,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha sebagaimana disampaikan dalam pernyataan pers yang diterima Beritsatu.com di Jakarta, Minggu (13/10/2019) malam.

Menurutnya, kejuaraan tersebut juga diikuti oleh para atlet e-sports dari negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

Piala Presiden E-Sports ini, jelas Giring, akan bergulir ke tahapan kualifikasi, baik regional negara-negara di Asia Tenggara, maupun kualifikasi nasional Indonesia. Final kualifikasi di Thailand akan berlangsung pada 19 Oktober 2019 diikuti Vietnam (26 Oktober 2019), serta Malaysia dan Singapura masing-masing pada 14 dan 15 Desember 2019. Adapun final kualifikasi Filipina dan Kamboja masing-masing digelar 21 dan 22 Desember 2019.

Sementara tahap kualifikasi nasional akan dibagi menjadi dua wilayah, yaitu Indonesia Timur dan Indonesia Barat. Final kualifikasi Indonesia Timur diadakan di Surabaya pada 11-12 Januari 2020 dan final kualifikasi Indonesia Barat diselenggarakan di Bandung pada 18-19 Januari 2020. Terakhir, babak grand final akan mempertemukan semua juara final kualifikasi pada 1-2 Februari 2020 di Jakarta.

Giring juga memastikan bahwa Piala Presiden E-Sports 2020 akan mempertandingkan beberapa game, yaitu Free Fire dan eFootball PES 2020 yang memiliki jenjang internasional untuk karier atlet e-sports Indonesia, satu game casual Mobile Premier League, dan satu game nasional yang masih dikurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional.

Sementara itu Kepala Staf Kepresidenan, Jend. TNI (Purn) Moeldoko mengatakan, orientasi pemerintah terhadap pengembangan e-sports Indonesia adalah masuk ke kancah global. Peningkatan level turnamen dimaksudkan agar Indonesia bersaing secara kompetitif dengan negara-negara lain di bidang e-sports.

“Sesuai visi SDM Unggul Indonesia Maju, maka penyelenggaraan Piala Presiden E-Sports 2020 membawa semangat dan optimisme bahwa SDM muda Indonesia sanggup bersaing secara global dan mampu mengharumkan nama bangsa di bidang e-sports. Potensi atlet-atlet kita di e-sports itu luar biasa. Demikian halnya dari sisi ekonomi kreatif, potensi industri e-sports kita juga bisa bersaing global. Maka dari itu, cita-cita kita melalui Piala Presiden E-Sports ini adalah bagaimana membuat Indonesia menjadi mercusuar e-sports, minimal di Asia Tenggara,” kata Moeldoko.

Adapun Direktur BCA, Santoso menambahkan, ajang olahraga e-sports ini memberikan banyak nilai positif bagi kaum milenial di Indonesia, seperti mengimplementasikan nilai-nilai sportivitas, kerja sama, dan disiplin di dalam olahraga kepada jiwa-jiwa muda.

“Kami mencermati bahwa para milenial merupakan motor dari Industri e-sports. Anak-anak zaman now sangat cocok dengan opsi olahraga elektronik yang marak saat ini. Oleh karena itu, BCA senang dapat mendukung gelaran Piala Presiden E-Sports 2020,” ungkapnya.



Sumber: Suara Pembaruan