DBL dan KFC Bersinergi Gelar Kompetisi Basket 3x3

DBL dan KFC Bersinergi Gelar Kompetisi Basket 3x3
Kolaborasi Developmental Basketball League (DBL) dengan Kentucky Fried Chicken (KFC) yang akan menyelenggarakan kompetisi bola basket 3x3 setahun penuh pada tahun 2020. ( Foto: Suara Pembaruan/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / CAH Sabtu, 9 November 2019 | 06:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Developmental Basketball League (DBL) bersinergi dengan perusahaan makanan cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) akan menyelenggarakan kompetisi bola basket 3x3 setahun penuh pada tahun depan.

Kompetisi bertajuk Main Basket bareng KFC powered by DBL itu rencananya akan digulirkan di tiga kota, dan menyasar para pelajar serta mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi basket nasional, khususnya pada cabang 3x3.

"Kompetisi ini akan mulai diadakan pada tahun 2020 mendatang. Target dari kompetisi ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) U-18 dan mahasiswa U-23. Kompetisi digelar di tiga kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya dengan target 1.000 pertandingan dilaksanakan," kata Direktur DBL Indonesia, Masany Audri di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya kompetisi itu akan menggunakan sistem gugur untuk mencari tim juara. Sementara ketiga kota tersebut memiliki kultur basket yang sangat baik. Surabaya karena pusat perusahaan DBL sendiri, dan bisa dibilang sebagai ibu kota basket. Yogyakarta punya satu-satunya lapangan basket terbesar di Indonesia yaitu GOR UNY. Jakarta spesial karena ini ibukota Indonesia dan secara wilayah lebar. Program ini diharapkan juga makin meningkatkan popularitas olah raga basket di Indonesia.

"Saat ini, berdasar pada riset kami, basket sudah menjadi olahraga nomor satu di kalangan anak muda Indonesia. Pada 2023 nanti, Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah kompetisi basket kelas dunia. Kami berharap program Mainbasket bareng KFC dapat mendorong semangat masyarakat dalam menyemarakkan program pemerintah menyambut kedatangan tim-tim basket dunia nanti. Semoga kita bisa menjadi tuan rumah yang baik,” tambah Masany.

GM Marketing PT. Fast Food Indonesia, Hendra Yuniarto mengungkapkan selain dikenal sebagai Jagonya Ayam, KFC berharap bisa dikenal juga sebagai jagonya pencetak pemain basket. Maka pihaknya tertarik bekerja sama mensponsori kompetisi itu karena ingin memberi panggung kepada para atlet muda.

"Kompetisi itu akan memberi lebih banyak kesempatan bermain kepada pemain-pemain muda di Tanah Air," kata Hendra.

Sementara itu, Rocky Padilla salah satu penggerak kultur basket Indonesia mengatakan basket di Indonesia juga sudah mulai berkembang tapi apabila dibandingkan dengan Filipina tentu masih sangat jauh.

"Filipina merupakan negara yang memiliki tim basket yang kuat di Asia Tenggara, karena basket sudah menjadi olahraga rakyat. Sedangkan Indonesia basket masih berada di posisi ketiga atau keempat olahraga populer," Rocky menuturkan.

"Harapannya tentu dengan semakin banyaknya turnamen seperti Main Basket bareng KFC, semakin banyak atlet basket hebat dan olahraga ini bakal semakin populer," tutup dia.



Sumber: Suara Pembaruan