9 Tim Bersaing di Piala Presiden Bola Basket 2019

9 Tim Bersaing di Piala Presiden Bola Basket 2019
Undian 9 tim yang digelar Panitia Pelaksana dan Panitia Pengarah Piala Presiden Bola Basket 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / CAH Selasa, 19 November 2019 | 07:24 WIB

Jakarta. Beritasatu.com - Sebanyak 9 tim Indonesia Baskelball League (IBL) siap bersaing penuh pada ajang Piala Presiden Bola Basket 2019 yang bakal digelar pada 20-24 November 2019 mendatang di GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah. Turnamen pramusim IBL ini menjadi ajang kesempatan para pebasket lokal Indonesia menunjukkan kemampuannya. Ini dikarenakan hanya pemain lokal saja yang diperkenankan bermain untuk memperkuat klub.

Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee) Piala Presiden Bola Basket 2019, Cahyadi Wanda menegaskan turnamen yang menyediakan total hadiah Rp 375 juta ini tidak mengizinkan adanya pemain asing dan naturalisasi yang bermain. Pihaknya berkoordinasi dengan IBL dalam menetapkan aturan main turnamen ini.

"Turnamen ini mengedepankan profesionalisme terutama dari segi penyelenggaraan. Sebagai turnamen pramusim IBL, kami harapkan klub memaksimalkan pemain lokal mereka khususnya pemain pendatang baru atau rookie IBL yang beberapa waktu lalu dipilih oleh klub. Dengan memberikan waktu bermain yang cukup kepada pemain lokal," katanya di Jakarta, Senin (18/11/2019).

Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee), Maruarar Sirait berharap ajang yang baru pertama kali digelar ini akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. Dikatakan dirinya sudah bertemu dengan Presiden di istana sekaligus menyampaikan undangan dan berharap Kepala Negara bisa hadir antara saat pembukaan ataupun penutupan.

"Presiden berpesan untuk mengutamakan transparansi dalam menggelar acara. Untuk itu, panitia akan bekerja sama dengan Price Waterhouse Coopers untuk mengaudit laporan keuangan kegiatan ini secara profesional demi transparansi anggaran yang sepenuhnya didapat dari sejumlah sponsor swasta. Selain itu peserta juga diingatkan guna menjunjung sportivitas saat pertandingan nanti," jelas pria yang akrab disapa Ara itu.

Menurutnya, untuk transparansi laporan keuangan, timnya sudah teruji dalam empat kali pelaksanaan Piala Presiden Sepakbola. Bahkan untuk piala presiden sepakbola pihak televisi sudah ada yang menawarkan hak siar sebesar Rp43 miliar, namun pihaknya belum putuskan karena semua itu adalah kepercayaan. Transparansi itu juga akan diterapkan juga di bola basket ini dan ditegaskan tidak menggunakan uang negara maupun BUMN.

Kematangan panitia Piala Presiden dalam menyiapkan event basket nasional ini mendapatkan pujian Ketua Umum PB Perbasi, Danny Kosasih. Penyelenggaraan Piala Presiden menjadi bukti keterlibatan semua pihak dalam meningkatkan kualitas dan mutu olahraga bola basket di Indonesia.

"Melihat dari matangnya event ini disiapkan, jelas membuat kami merasa sangat terkesan. Ini adalah bukti nyata kalau semua pihak ternyata juga mau ikut andil dalam meningkatkan prestasi basket nasional. Tentunya dukungan penuh akan kami berikan untuk bisa menyukseskan Piala Presiden ini," kata Danny Kosasih.

Piala Presiden 2019 nantinya akan membagi peserta menjadi tiga grup, turnamen ini akan menggunakan sistem round robbin. Hanya satu tim dari setiap grup yang berhak lolos ke babak empat besar, plus satu runner-up terbaik. Berdasarkan hasil undian Piala Presiden Bolabasket 2019 yakni untuk Grup A akan bersaing Satya Wacana Salatiga, Pacific Caesar Surabaya dan Amartha Hangtuah. Grup B ada Pelita Jaya Basketball, Bima Perkasa Jogja dan NSH Jakarta. Adapun Grup C diisi SM Pertamina, Prawira Bandung dan Louvre Surabaya. 



Sumber: Suara Pembaruan