Casugay, Penyelamat Peselancar Indonesia, Akhirnya Dapatkan Medali Emas

Casugay, Penyelamat Peselancar Indonesia, Akhirnya Dapatkan Medali Emas
Detik-detik saat peselancar Filipina Roger Casugay menyelamatkan peselancar Indonesia Arip Nurhidayat di SEA Games 2019, Jumat 6 Desember 2019. (Foto: @psc_gov)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Minggu, 8 Desember 2019 | 18:33 WIB

Filipina, Beritasatu.com - Peselancar Filipina Roger Casugay akhirnya mendapatkan medali emas di cabang longboard open event melawan peselancar Filipina lainnya, Rogelio Esquivel, Minggu (8/12/2019) di Pantai Kahuna San Juan, La Union.

Casugay mendapatkan skor akhir 14.5, sementara Esquivel meraih poin 14.20.

Sebelum meraih emas, peselancar berumur 25 tahun itu mengalahkan lawannya yang pernah ia selamatkan sebelumnya, peselancar Indonesia Arip Nurhidayat, dalam pertandingan penyisihan ulang.

Casugay menuai pujian karena dia mengutamakan nyawa lawannya dibanding emas. Pada hari Jumat (6/12/2019) lalu, dalam pertandingan penyisihan longboard, tali kekang Arip terlepas dan dia tergulung ombak. Casugay langsung berusaha menyelamatkan Arip Hidayat dari tenggelam.

Aksi heroik dan tidak egois itu diapresiasi banyak orang dan menjadi viral. Dalam wawancara dengan Rappler, Casugay mengatakan dirinya "bukan pahlawan". "Sebenarnya saya tidak menyelamatkan dia dari tenggelam. Dia perenang yang baik, saya cuma menenangkan dia," kata Casugay.



Sumber: Rappler