Ahsan/Hendra Juara BWF World Tour Final 2019

Ahsan/Hendra Juara BWF World Tour Final 2019
Ganda putra bulutangkis Indonesia, Mohammad Ahsan (kiri) dan Hendra Setiawan. ( Foto: Badminton Indonesia )
Jaja Suteja / JAS Minggu, 15 Desember 2019 | 18:04 WIB

Guangzhou, Beritasatu.com - Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjuarai BWF World Tour Finals 2019 setelah dalam partai pamungkas menundukkan wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, Minggu (15/12/2019).

Bermain di Tianhe Gymnasium, Guanzhou, Tiongkok, pasangan peringkat kedua dunia itu berhasil menghentikan perjuangan lawannya dengan skor 24-22, 21-19 dalam waktu 43 menit. Kemenangan ini sekaligus menjadi pengobat bagi tim Indonesia yang cuma meraih satu gelar dari kejuaraan yang mempertemukan pebulutangkis dengan peringkat delapan ke atas ini.

Sebelumnya wakil Indonesia lainnya yakni Anthony Sinisuka Ginting gagal menjadi juara di nomor tunggal putra. Dia menyerah kepada pebulutangkis tunggal nomor satu dunia, Kento Momota. Anthony tumbang dengan skor  21-17, 17-21, dan 14-21 dalam waktu 1 jam 27 menit.

Pertarungan seru terjadi sejak game pertama. Di game ini kedua pasangan terlibat saling susul penyusul skor. Beberapa kali terjadi skor imbang. Endo/Watanabe sempat mencapai angka 19 lebih dulu namun Ahsan/Hendra kemudian menyalip dan membuat skor 20-19. Namun kemudian pasangan Jepang mampu menyamakan skor menjadi 20-20.

Endo Watanabe mencapai skor 21 lebih dulu namun Ahsan/Hendra mampu menyamakan skor menjadi 21-21. Kedudukan kembali kembali imbang menjadi 22-22. Sempat terjadi challenge yang diajukan Hendra karena servisnya dianggap keluar. Hasil challenge ini berhasil dan servis Hendra dinyatakan masuk. Inilah yang menjadi kunci kemenangan pasangan Indonesia di game pertama dengan skor 24-22 dalam waktu 24 menit. 

Memasuki game kedua, Endo/Watanabe bangkit. Mereka selalu unggul hingga kududukan 11-8. Ahsan/Hendra kerap membuat kesalahan sendiri, seperti pengembalian bola yang menyangkut di net, meski pukulan lawan tidaklah terlalu keras.

Namun sedikit demi sedikit pasangan Indonesia mampu menyamakan kedudukan menjadi 18-18. Ahsan/Hendra akhirnya menjadi juara setelah menang 21-19 pada game kedua ini. Kemenangan ini sekaligus membuktikan kembali dominasi Ahsan/Hendra atas Endo/Watanabe. Total mereka telah bertemu tujuh kali dan enam di antaranya dimenangkan Ahsan/Hendra. 

 

 



Sumber: BeritaSatu.com