Sofia Kenin Juara Australia Terbuka 2020

Sofia Kenin Juara Australia Terbuka 2020
Sofia Kenin mencium trofi Australia Terbuka 2020. (Foto: Manan VATSYAYANA / AFP)
Iman Rahman Cahyadi / CAH Sabtu, 1 Februari 2020 | 19:10 WIB

Melbourne, Beritasatu.com - Kejutan dibuat petenis muda Amerika Serikat Sofia Kenin setelah merebut gelar Grand Slam pertamanya dengan menjuarai Australia Terbuka 2020. Gelar dirah Kenin setelah di babak final mengalahkan Garbine Muguruza dalam pertandingan tiga set di Rod Laver Arena, Melbourne, Sabtu (1/2/2020).

Petenis peringkat 15 dunia itu menunjukkan semangat pantang menyerah sepanjang pertandingan. Sempat kalah  4-6 di set pertama, Kenin bangkit di dua set terakhir dengan meraih kemenangan menyakinkan 6-2 dan 6-2.

"Impian saya akhirnya terwujud, saya tidak bisa menggambarkan perasaan saya saat ini. Saya sangat emosional dan sudah bekerja keras. Saya hanya bersyukur bisa berdiri di sini. Impian benar-benar terwujud," ujar Kenin usai pertandingan.

Gelar ini membuat Kenin menjadi petenis muda pertama dalam 12 tahun terakhir yang mampu merebut gelar Australia Terbuka. Di usia 21 tahun dan 80 hari, Kenin 22 hari lebih muda daripada Naomi Osaka yang berstatus juara bertahan. Adapun petenis muda terakhir yang mampu menjadi juara Australia Terbuka adalah Maria Sharapova yang sukses merebut gelar pada 2008.

Gelar juara ini sekaligus menjadi penampilan klimaks Kenin yang sebelumnya mampu menyingkirkan petenis nomor satu dunia asal Australia Ashleigh Barty. 



Sumber: The Guardian