Terkuak, Pilot Helikopter Nahas Kobe Bryant Pernah Dapat Peringatan

Terkuak, Pilot Helikopter Nahas Kobe Bryant Pernah Dapat Peringatan
Kobe Bryant berpose di depan helikopternya. ( Foto: istimewa )
/ YUD Sabtu, 22 Februari 2020 | 20:46 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Ara Zobayan, Pilot helikopter yang ditumpangi legenda NBA Kobe Bryant sebelum jatuh, Minggu 26 Januari 2020 pernah mendapatkan peringatan dari FAA. Seperti diketahui kecelakaan helikopter yang dipiloti Zobayan membuat Kobe Bryant beserta bersama putrinya yang berumur 13 tahun, Gianna, dan tujuh penumpang lain tewas. Zobayan ternyata pernah mendapatkan peringatan dari otoritas penerbangan Amerika Serikat (FAA) pada sebuah insiden pelanggaran peraturan penerbangan yang terjadi pada tahun 2015.

Dalam laporan yang dikeluarkan Reuters, Sabtu (21/2/2020), disebutkan bahwa FAA memberikan peringatan bagi Ara Zobayan yang saat itu menggunakan helikopter bertipe AS350 karena melanggar peraturan penerbangan di kawasan sekitar Bandara Internasional Los Angeles.

Baca juga: Izin Terbang Helikopter Kobe Bryant Bukan untuk Visibilitas Rendah

Saat itu Zobayan mencoba meminta izin terbang dari bandara tersebut, namun permohonan tersebut ditolak oleh pengendali lalu lintas udara (ATC) dengan alasan jarak pandang yang terbatas akibat cuaca buruk, seperti yang ditunjukkan dalam catatan penerbangan yang dikeluarkan FAA hari Jumat.

Baca juga: 1,5 Juta Orang Dukung Petisi Bryant Jadi Logo NBA

Lebih lanjut laporan FAA itu menyebutkan, saat komunikasi kedua pihak sedang berlangsung, helikopter yang dipiloti Zobayan justru memaksa terbang di dalam ruang udara tanpa izin. Laporan itu juga memberi saran, apabila Zobayan secara benar merencanakan dan meninjau kondisi cuaca di Bandara Internasional LAX maka ia mampu mengantisipasi tindakan yang salah.



Sumber: Reuters, Antara