Indonesia Wajib Kalahkan Kenya pada Play Off Piala Davis 2020

Indonesia Wajib Kalahkan Kenya pada Play Off Piala Davis 2020
Christopher Rungkat ( Foto: Suara Pembaruan/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / AMA Rabu, 4 Maret 2020 | 18:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tim tenis putra Indonesia wajib mengalahkan Kenya dalam babak play off Piala Davis yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK) Tennis Stadium, Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2020) hingga Sabtu (7/3/2020). Langkah ini penting agar skuat Merah Putih bertahan di Grup II dan tidak terdegradasi ke Grup III Davis Cup 2020.

Manjer tim Piala Davis Indonesia, Budi Martono dalam konferensi pers di Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Jakkarta, Rabu (4/3/2020) mengaku optimistis David Agung Susanto dan kawan-kawan dapat meraih kemenangan. Meski secara peringkat, Indonesia berada tipis di bawah Kenya.

“Target kami tentu ingin menang karena kalau tidak akan terdegradasi ke Grup III. Secara teknis maupun non teknis, sudah kami upayakan oleh Pelti (Persatuan Tenis Seluruh Indonesia) dan jadwal-jadwal mereka sudah cukup bertahan,” kata Budi.

Tim Davis Indonesia memang belum pernah bertemu Kenya. Dari segi peringkat, skuat Merah Putih berada menempati urutan 65 sedangkan Kenya menempati posisi 63.

“Tetapi keuntungan kami adalah tuan rumah. Kita akan manfaatkan keunggulan non teknis bermain di kandang sendiri. Oleh karenanya kami berharap dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar perjuangan Christopher Rungkat dan kawan-kawan untuk bertahan di grup dunia tercapai,” ungkap Budi.

Untuk menjamu Kenya dalam laga play off ini, komposisi Tim Indonesia merupakan kombinasi pemain senior dan junior. Hal itu dimaksudkan agar terjadi kesinambungan regenerasi. Tahun lalu tim Piala Davis Indonesia masih aman berada di world group (grup dunia) II.

Sementara itu, petanis senior, Christopher Rungkat tetap menjadi andalan Indonesia, setelah ia kembali memperkuat Tim Davis Cup Indonesia 2020. Ini merupakan penampilan ke-23 petenis 30 tahun itu di kompetisi tenis beregu putra tersebut. Christo, sapaan akrabnya, akan tampil bersama tiga pemain lainnya yakni David Agung Susanto, M Rifqi Fitriadi, dan Gunawan Trismuwantara. Mereka akan berada di bawah arahan kapten tak bermain, Febi Widhiyanto.

Christo tercatat sebagai pemain Indonesia yang sering memberikan kemenangan yaitu 37 kali dari 54 laga. Sebanyak 23 kemenangan di antaranya terjadi pada sektor tunggal. Febi Widhiyanto pun berharap sosok Christopher Rungkat dapat membawa Indonesia meraih kemenangan atas Kenya.



Sumber: BeritaSatu.com