Dihantui Corona, Australia Siap Gelar Seri Pembuka Formula 1

Dihantui Corona, Australia Siap Gelar Seri Pembuka Formula 1
Mobil Formula 1 Williams Racing untuk musim balap 2020. ( Foto: Instagram )
/ YUD Senin, 9 Maret 2020 | 21:06 WIB

Melbourne, Beritasatu.com - Australia siap menggelar seri pembuka Formula 1 musim 2020 di Melbourne, Minggu (15/3/2020). Event GP-Australia akan berlangsung sesuai jadwal yaitu pada akhir pekan ini dan tetap digelar dengan penonton di tengah kekhawatiran wabah virus corona.

Chief Corporation Grand Prix Australia Andrew Westacott. Senin (9/3/2020), memastikan berlangsungnya event tersebut kendati Formula 1 seri keempat di Shanghai pada April telah ditunda dan seri kedua Grand Prix Bahrain diputuskan digelar tanpa penonton.

Baca juga: Ini Perbandingan Formula E dengan Formula 1

Westacott semakin yakin setelah menyaksikan penonton memadati Melbourne Cricket Ground pada pertandingan final Piala Dunia T20 Wanita.

"Ketika kalian melihat 86.000 (orang) di MCG semalam... kami harus melakukan hal yang masuk akan dan terus menjalani kehidupan sementara mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan," kata Westacott seperti dikutip Reuters.

Baca juga: Gegara Corona, Laga Barcelona Vs Napoli Terancam Tanpa Penonton

Virus corona telah menginfeksi lebih dari 107.000 orang di berbagai belahan dunia, 3.600 di antaranya meninggal dunia.

Sebagian besar tim F1 bermarkas di Inggris, hanya Ferrari dan Alpha Tauri yang berpusat di Italia, salah satu negara paling terdampak COVID-19 di Eropa.

Mobil kedua tim itu telah dalam perjalanan menuju ke Australia untuk balapan di Sirkuit Albert Park. "Jadi itu bagus. Personel utama sudah terbang ... kami menantikan kedatangan mereka dalam 12 hingga 24 jam ke depan."

Profesor Brendan Murphy, ketua petugas medis pemerintah Australia, mengatakan pada Senin jika ia tak melihat Formula 1, yang menarik sekitar 300.000 orang setiap tahunnya, menjadi resiko terhadap kesehatan publik.

"Tak ada bukti transmisi (antar) komunitas di Victoria saat ini," kata Murphy.

"Saya tak khawatir berada di antara keramaian atau berjalan di jalanan Victoria. Jadi saya kira tak ada resiko di Grand Prix itu."



Sumber: ANTARA