Pemain Utah Jazz Positif Virus Corona, NBA Setop Kompetisi

Pemain Utah Jazz Positif Virus Corona, NBA Setop Kompetisi
Pemain Utah Jazz Rudy Gobert (kiri) berebut bola dengan pemain OKC Thunder Steven Adams (kanan) dalam NBA Playoff 2018. ( Foto: AP )
Jaja Suteja / JAS Kamis, 12 Maret 2020 | 09:40 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Kompetisi bola basket profesional Amerika Serikat, NBA, akhirnya dihentikan menyusul salah seorang pemain Utah Jazz dinyatakan positif vorus corona atau Covid-19, (Rabu 11/3/2020) atau Kamis pagi WIB.

Sebelumnya, Utah Jazz juga mengumumkan akan menggelar pertandingan tanpa penonton. Namun setelah pengumuman bahwa hasil tes salah seorang pemainnya ternyata positif, kompetisi NBA musim ini dinyatakan dihentikan.

Pemain Utah Jazz yang terbukti positif virus corona kabarnya adalah center Rudy Gobert. Laga antara Utah Jazz melawan Oklahoma City Thunder kemudian dibatalkan. Tak lama kemudian, NBA mengumumkan bahwa kompetisi musim 2019-2020 dihentikan sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

"NBA mengumumkan bahwa seorang pemain Utah Jazz dalam tes pendahuluan diketahui terbukti positif Covid-19," kata pihak NBA. "Hasil tes diketahui beberapa saat sebelum pertandingan Utah Jazz melawan Oklahoma City Thunder di Chesapeake Energy Arena. Oleh karenanya, pertandingan malam ini dibatalkan. Pemain pun tak muncul di arena."

"NBA membatalkan pertandingan ini menyusul keputusan dari laga malam ini sampai ada pemberitahuan lanjut," kata pihak NBA dalam pernyataan mereka. "NBA akan menggunakan kekosongan ini untuk menentukan langkah selanjutnya terkait merebaknya virus corona ini," lanjut pihak NBA, 

NBA sempat mengumumkan bahwa mereka berencana menggelar pertandingan tanpa penonton seperti di Italia. Bintang Los Angeles Lakers LeBron James, sempat berkata kepada wartawan bahwa dirinya tak akan di stadion yang kosong tanpa penonton.

"Saya tak akan bermain," kata LeBron James. "Tak ada penonton di stadion. Padahal demi merekalah saya bermain. Saya bermain untuk rekan setim saya. Saya bermain untuk fan. Pertandingan seperti apa tanpa penonton. Padahal demi penontonlah pertandingan dimainkan. Jika saya muncul ke lapamngan dan tak melihat penonton, saya tak akan bermain. Mereka bisa melakukan apa yang ingin mereka lakukan," kata James.

Tim NBA rata-rata masih memiliki 15-20 pertandingan sisa sebelum musim ini berakhir pada pada 15 April . Laga playoffs rencananya digelar pada 18 April.

Sementara National Collegiate Athletic Association (NCAA) atau kompetisi basket antar pergutruan tinggi di AS, telah mengumumkan bahwa pertandingan mereka juga akan digelar tanpa penonton.



Sumber: The Hill