Wali Kota New York Kritik Pemain NBA Cepat Tes Corona

Wali Kota New York Kritik Pemain NBA Cepat Tes Corona
Wali Kota New York, Bill de Blasio, saat mengumumkan Idul Fitri sebagai libur sekolah. (Foto: The New York Times/Chang W. Lee / Chang W. Lee)
Surya Lesmana / LES Kamis, 19 Maret 2020 | 11:23 WIB

Toronto, Beritasatu.com – Para pemain NBA, dari klub Toronto Raptors, LA Lakers, dan Brooklyn Nets diketahui dengan cepat menjalani tes kesehatan untuk pencegahan virus corona. Tindakan itu justru mengundang kritik, karena uji kesehatan seolah mendahulukan atlet, dan selebriti, ketimbang masyarakat umum di AS.

Kritik tersebut diungkapkan Wali Kota New York Bill de Blasio di akun media sosialnya. “Kami berharap mereka cepat pulih. Namun dengan tak mengurangi rasa hormat, tak harus semua pemain NBA yang di tes kesehatannya. Masih banyak masyarakat yang sakit perlu segera melakukan tes,” demikian pernyataannya di twitter.

Kicauan De Blasio ini diungkapkan, setelah diketahui empat pemain Brooklyn Nets positif corona, termasuk pemain bintang Kevin Durant.

“Tes seharusnya tak mendahulukan mereka yang kaya, tetapi mereka yang sakit,” demikian pernyataan Wali Kota New York.
Diketahui sebaran virus corona di AS telah menginfeksi 9.439 warganya, dengan tingkat kematian mencapai 155 kasus.

Menanggapi kritik tersebut, Komisioner NBA Adam Silver mengatakan kepada ESPN, Kamis (19/3/2020) WIB, pihaknya memahami sikap yang diungkapkan Wali Kota New York De Blasio. Menurutnya, NBA hanya menjalankan protokol dari kompetisi tersebut.

Adam menilai, masalah terbesarnya adalah tak banyak tes kesehatan yang tersedia, termasuk untuk masyarakat umum. “Kami hanya menjalani rekomendasi pihak kesehatan,” jelasnya.

 



Sumber: eurosport.com