Akibat Pandemi Corona, 3 GP Formula 1 Kembali Ditunda

Akibat Pandemi Corona, 3 GP Formula 1 Kembali Ditunda
Mobil Formula 1 Williams Racing untuk musim balap 2020. ( Foto: Instagram )
/ YUD Kamis, 19 Maret 2020 | 22:48 WIB

Paris, Beritasatu.com - Tiga grand prix Formula-1 tahun 2020 kembali ditunda akibat pandemi virus corona. Hal tersebut diumumkan oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA), Kamis (19/3/2020). FIA menyatakan bahwa grand prix Formula 1 di Belanda, Spanyol dan Monako akan ditunda pelaksanaannya sebagai antisipasi penyebaran pandemi virus corona.

"Karena situasi global terkait COVID-19 yang selalu berubah, FIA, Formula 1 dan tiga promotor telah mengambil keputusan tersebut untuk memastikan kesehatan dan keselamatan dari staf, partisipan kejuaraan dan fan, yang tetap menjadi perhatian utama kami," demikian diumumkan FIA melalui laman resmi mereka.

Baca juga: Dihantui Corona, Australia Siap Gelar Seri Pembuka Formula 1

Belanda sedianya menggelar grand prix Formula-1 pada 3 Mei, untuk kali pertama setelah 1985, di Sirkuit Zandvoort yang telah mengalami renovasi.

Sementara itu Sirkuit Barcelona-Catalunya di Spanyol menjadi pemberhentian satu pekan setelahnya sebelum bergeser ke sirkuit jalan raya Monako pada 24 Mei.

Dengan penangguhan ketiga seri itu, maka saat ini total tujuh seri awal Formula 1 telah terdampak akibat pandemi corona, termasuk Grand Prix Australia, Bahrain, Vietnam dan China.

F1 pun pada Rabu memutuskan untuk memajukan sesi jeda musim panas, yang biasanya berlaku pada Agustus, ke Maret dan April, dengan menambah durasi dari 14 hari menjadi 21 hari.

Baca juga: Ini Perbandingan Formula E dengan Formula 1

Jika tak ada perubahan jadwal lagi, Grand Prix Azerbaijan pada 7 Juni kemungkinan akan menjadi seri pembuka F1 musim ini.

"FIA dan Formula 1 akan terus bekerja erat dengan promotor dan pemerintah setempat yang terdampak untuk memonitor situasi dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mempelajari kelayakan tanggal alternatif potensial untuk setiap Grand Prix di tahun ini nantinya jika situasi membaik."

"FIA dan Formula 1 berharap bisa memulai musim Kejuaraan 2020 secepat mungkin ketika sudah aman untuk melakukannya setelah Mei dan akan terus memonitor secara reguler situasi COVID-19."



Sumber: ANTARA