Pandemi Covid-19, ASEAN Para Games 2020 Dibatalkan

Pandemi Covid-19, ASEAN Para Games 2020 Dibatalkan
Pebulutangkis putri Indonesia Oktila Leani Ratri (kanan) berpelukan dengan pebulutangkis Cina Hefang Cheng seusai bertanding pada final tunggal perorangan putri Asian Para Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, 12 Oktober 2018. (Foto: Antara / Hafidz Mubarak A)
/ YUD Jumat, 8 Mei 2020 | 22:38 WIB

Manila, Beritasatu.com - Tuan rumah ASEAN Para Games 2020 Filipina secara resmi mengumumkan bahwa ajang perhelatan olah raga yang dijadwalkan digelar pada 3-9 Oktober itu dibatalkan. Hal tersebut terjadi menyusul fokus pemerintah setempat saat ini tertuju pada penanganan Covid-19.

Baca juga: ASEAN Para Games 2020 Terancam Batal Digelar

Keputusan tersebut disampaikan oleh Presiden ASEAN Para Sports Federation (APSF) Osoth Bavilai kepada Komite Paralimpiade Nasional (NOC) negara-negara Asia Tenggara melalui surat edaran resmi bernomor APSF 2020/070 tertanggal 8 Mei 2020.

Baca juga: Indonesia Antisipasi Situasi di ASEAN Para Games 2020

Dalam surat edaran tersebut, ada empat hal yang melandasi pembatalan tersebut, salah satunya adalah keputusan Komisi Olahraga Filipina (PSC) yang telah menyetop pendanaan penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia Tenggara itu.

"Dengan keputusan Komisi Olahraga Filipina (PSC), maka dengan menyesal saya nyatakan bahwa ASEAN Para Games ke-10 secara resmi dibatalkan," demikian bunyi surat tersebut.

Baca juga: Kempora Alokasikan Dana SEA Games dan ASEAN Para Games 2019

"Meskipun begitu, kami APSF ingin mengucapkan terima kasih kepada Filipina atas semua upaya yang telah dilakukan dalam mempersiapkan pertandingan. Kami menghargai keputusan tersebut."

Selanjutnya, APSF akan mengadakan rapat virtual bersama Dewan APSF untuk mendiskusikan terkait pembatalan dan langkah-langkah yang perlu dilakukan ke depan.



Sumber: ANTARA