Ada "Magic Johnson" yang Peduli dengan Covid-19 di Indonesia

Ada
Ary Sudarsono. ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Senin, 11 Mei 2020 | 09:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Merebaknya wabah virus corona (Covid-19) sebagai pandemi global yang menyebar hampir ke seluruh negara di dunia termasuk di Tanah Air berdampak langsung kepada semua golongan, terlebih masyarakat kelas menengah ke bawah. Tergerak dengan kondisi saat ini, membuat Ary Sudarsono penggiat dan juga tokoh olahraga nasional bersama komunitas Manusia Basket Indonesia, turut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan.

Rencananya untuk membantu penanganan Covid-19, Ari bersama Komunitas Manusia Basket Indonesia akan melelang jersey pemberian langsung dari pebasket legenda NBA Earvin Johnson Jr atau yang dikenal dengan nama panggungnya Magic Johnson.

"Komunitas ini tidak hanya sebagai ajang silahturahmi para pecinta basket saja. Lebih dari itu, Manusia Basket Indonesia dibentuk untuk mendidik karakter manusia yang mau bergotong royong untuk memajukan basket di Indonesia termasuk aktif di berbagai kegiatan sosial seperti krisis yang terjadi sekarang. Kami bukan organisasi eksklusif, siapa saja tanpa terkecuali bisa bergabung di sini mulai dari mereka yang suka basket, mantan pemain, bahkan jurnalis, tanpa batasan umur, golongan suku dan agama," ujar Ary Sudarsono dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (10/5/2020).

Perkenalan Ary Sudarsono dengan Magic Johnson di mulai di tahun 1991 saat itu ia tengah bernegoisasi dengan David Stern komisioner NBA untuk meyakinkan tayangan NBA bisa masuk ke Indonesia. David Stern akhirnya mengenalkan beberapa pemain NBA yang masih aktif (salah satunya Magic Johnson) sebagai bagian dari Public Relation NBA Global di berbagai negara.

Persahabatan keduanya terus berlanjut, hingga awal tahun 1997 silam, Ary Sudarsono mengundangnya ke Indonesia (bersama Magic Johnson All Stars) untuk bermain eksebisi melawan tim Satria Muda dan juga Indonesia Muda Texmaco di Istora Senayan, Jakarta, dalam rangka mengangkat minat masyarakat mencintai basket dan memotivasi para insan basket Indonesia untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya.

Magic Johnson adalah salah satu point guard terbaik NBA sepanjang masa yang membawa Lakers 5 kali menjadi juara di zamannya, hal itu juga diamini oleh Michael Jordan pada film dokumenternya The Last Dance. Sosoknya juga seorang karakter manusia yang peduli dengan berbagai kegiatan sosial.

"Dari tangannya langsung saya memperoleh jersey originalnya (tahun 1991) sebagai apresiasi, karena ia sangat terkesan terhadap perjuangan saya yang mempopulerkan basket di negara sebesar Indonesia. Lelang ini akan saya buka di angka Rp 5 juta. Pemenang lelang nantinya berhak menyumbangkan seluruh donasinya kepada institusi, organisasi sosial sesuai yang diinginkannya. Penawaran lelang sifatnya terbuka, silahkan menghubungi saya secara langsung atau bisa memberikan angka tawarannya di facebook Manusia Basket Indonesia. Hasil lelang akan di umumkan dua minggu dari sekarang," imbuh Ary Sudarsono.



Sumber: BeritaSatu.com