Nekat Gelar Turnamen, Djokovic Positif Terinfeksi Corona

Nekat Gelar Turnamen, Djokovic Positif Terinfeksi Corona
Novak Djokovic (Foto: AFP)
Heru Andriyanto / HA Rabu, 24 Juni 2020 | 08:29 WIB

Beritasatu.com – Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic telah dinyatakan positif mengidap virus corona setelah ajang eksibisi yang dia inisiasi di Kroasia akhir pekan lalu.

Turnamen Adria Tour, yang digelar di kota Zadar, memicu kontroversi ketika laga final dibatalkan karena Grigor Dimitrov dinyatakan positif terinfeksi.

Djokovic, yang harusnya bermain di final hari Minggu, membenarkan Selasa (23/6/2020) kemarin bahwa dia dan istrinya Jelena juga positif Covid-19 saat pulang ke Serbia, sementara hasil tes anak-anak mereka negatif.

Juara grand slam 17 kali itu menyampaikan permintaan maaf karena turnamen yang dia inisiasi menimbulkan kerugian dan mengakui: “Kami salah dan turnamen ini terlalu dini digelar."

Dia menambahkan panitia seharusnya menyiapkan tenaga kesehatan untuk para peserta tur yang berlangsung di dua kota --Beograd, Serbia dan Zadar, Kroasia.

"Saya sungguh meminta maaf karena turnamen ini menimbulkan kerugian. Semua yang dilakukan pihak panitia dan saya sendiri sepanjang bulan ini berdasarkan hati yang bersih dan niat tulus. Kami meyakini turnamen ini sudah memenuhi semua protokol kesehatan, sementara kondisi kesehatan di wilayah kami terlihat baik-baik saja untuk bisa mengumpulkan orang-orang demi tujuan amal,” ujarnya melalui pernyataan di akun Twitter.

“Saya tidak tahu lagi bagaimana menunjukkan betapa bersalahnya saya atas peristiwa ini dan atas setiap kasus infeksi yang terjadi."

"Jika Anda menghadiri Tur Adria atau pernah berdekatan dengan mereka yang hadir, mohon untuk bisa menjalani tes dan menerapkan jaga jarak. Untuk mereka yang berada di Beograd dan Zadar, kami akan mengerahkan sumber daya kesehatan dalam waktu dekat ini. Sisa turnamen telah dibatalkan dan kami akan tetap fokus pada mereka yang terdampak. Saya berdoa semoga semua orang bisa sembuh sepenuhnya."

Sebelumnya, Djokovic berkeras menggelar kegiatan amal yang berlangsung dalam empat tahap tersebut.

"Saya memiliki gagasan filantropis, untuk menyalurkan semua dana yang terkumpul bagi mereka yang membutuhkan, dan saya tersentuh melihat bagaimana semua orang merespons baik hal ini," ujarnya.

"Kami menggelar turnamen ketika virus ini telah melemah, meyakini bahwa syarat-syarat untuk menggelar sebuah turnamen sudah terpenuhi. Sayangnya, virus ini ternyata masih ada, dan realitasnya adalah kita masih belajar untuk menghadapi dan hidup dengannya.”

Delapan pemain yang ikut turnamen di Zadar akhir pekan lalu sempat berfoto bersama dalam jarak dekat, dan bahkan sempat bermain bola basket bersama. Petenis Kroasia Borna Coric juga membenarkan dia positif tertular virus corona.



Sumber: CNN