Pemain IBL Bakal Dipantau Saat Liga Dilanjutkan

Pemain IBL Bakal Dipantau Saat Liga Dilanjutkan
Suasana pertandingan tim Basket Indonesia melawan Korea Selatan pada kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Mahaka Arena, Jakarta, Kamis (20/2/2020). (Foto: Antara Foto / Muhammad Adimaja)
Hendro D Situmorang / JAS Senin, 20 Juli 2020 | 14:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Manajer tim nasional (timnas) basket putra Indonesia, Maulana Fareza Tamrella menjadwalkan pemusatan latihan dalam waktu dekat yakni pada Agustus mendatang. Di sisi lain pelatih tim Garuda, Rajko Toroman juga akan memantau pemain saat Indonesia Basketball League (IBL) 2020 dilanjutkan.

Rencananya, IBL 2020 akan dimulai kembali pada 4 September. Sementara itu, para pemain Timnas sebelumnya yang tergabung dalam Tim Indonesia Patriots tetap dipertahankan Rajko.

Namun, pelatih asal Serbia itu tidak menutup kemungkinan memanggil pemain IBL lainnya jika dinilainya pantas masuk dalam pelatnas squad Merah Putih.

“Saat IBL bertanding nanti, dari Timnas akan ada tim yang memantau penampilan mereka, itu pasti harus dipantau. Coach Toro bilang akan ikuti aturan,” ujar Mocha sapaan akrab Fareza Tamrella dalam keterangan resmi IBL Indonesia pada Senin (20/7/2020).

Soal latihan kembali, Mocha ini menyebut Rajko seharusnya sudah kembali ke Indonesia pada Juli. Namun, aturan PSBB yang diperpanjang membuat kepulangan Rajko tertunda.

“Komunikasi dengan coach Toro baru saja terjadi kemarin. Kami menginformasikan tahapan-tahapan. Intinya beliau sudah mempersiapkan nama-nama pemainnya," kata dia.

Maulana Tamrella mengatakan rencana pelatnas tersebut masih akan disesuaikan dengan kebijakan PSBB transisi di DKI Jakarta serta izin sewa lapangan.

"Kemungkinan pelatnas awal Agustus. Namun semua tergantung keputusan PSBB pada 30 Juli nanti. Semoga sudah memungkinkan untuk sewa lapangan indoor,” ungkap dia.

Rencana pelatnas timnas sempat gagal terlaksana dua kali. Sebelumnya direncanakan digelar pada 1 Juni. Lantas mundur lagi hingga awal Juli karena adanya perpanjangan aturan PSBB.

Namun ternyata aturan PSBB transisi di DKI Jakarta kembali diperpanjang hingga 30 Juli yang membuat latihan timnas harus tertunda lagi hingga awal Agustus.

Tak hanya itu, kebijakan pemerintah soal protokol kegiatan olahraga nasional juga hingga kini masih belum mengizinkan cabang olahraga kelompok untuk menggelar latihan tim.

Apabila memungkinkan, Fareza menambahkan bahwa pelatih timnas Indonesia Rajko Toroman yang saat ini tengah berada di Serbia juga akan kembali ke Jakarta pada Agustus nanti.

Timnas basket Indonesia tak bisa bersantai lantaran masih harus menghadapi windows kedua Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021.

Indonesia dijadwalkan bertandang ke Thailand pada 27 November, kemudian ke Korea Selatan pada 30 November.



Sumber: BeritaSatu.com