Quartararo Kembali Juara, Tiga Pembalap Yamaha Kuasai Podium

Quartararo Kembali Juara, Tiga Pembalap Yamaha Kuasai Podium
Dari kiri: Valentino Rossi, Fabio Quartararo, Maverick Vinales, usai Grand Prix Andalusia di Sirkuit Jerez, Spanyol, 26 Juli 2020. (Foto: MotoGP.com)
Heru Andriyanto / HA Minggu, 26 Juli 2020 | 20:39 WIB

Beritasatu.com – Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo melanjutkan hasil sempurna di awal musim 2020 dengan meraih trofi juara untuk kedua kali secara beruntun, Minggu (26/7/2020), dan lagi-lagi terjadi di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Dua pembalap tim utama Yamaha Meverick Vinales dan Valentino Rossi juga naik ke podium usai balapan yang tidak diikuti juara dunia Marc Marquez dari tim Repsol Honda akibat cedera yang dialaminya. 

Ini untuk pertama kalinya sejak Grand Prix Australia 2014 di mana podium dikuasai tiga pembalap Yamaha. Bagi Rossi, baru kali ini dia bisa finis tiga besar setelah Grand Prix Amerika tahun lalu.

Dengan dua kali pole position dan dua kali juara, Quartararo benar-benar melakukan awal sempurna musim ini. Pembalap Prancis itu meraup poin maksimal 50 untuk memimpin klasemen.

Balapan kembali digelar di Jerez, tetapi berganti label menjadi Grand Prix Andalusia, setelah Grand Prix Spanyol pekan lalu. Penundaan jadwal dan larangan penonton ke sirkuit membuat panitia melakukan sejumlah perubahan guna memastikan kompetisi tetap berjalan,  termasuk dengan menggelar dua balapan di satu sirkuit yang sama -- pertama kali dalam sejarah MotoGP.

Hanya 13 pembalap yang berhasil finis sementara delapan lainnya gagal akibat jatuh atau kerusakan mesin. Nasib paling sial dialami rookie Fransesco Bagnaia, yang terlihat mantap di posisi kedua sebelum akhirnya mesinnya berasap dan gagal melanjutkan balapan, hanya enam putaran sebelum finis.

Rekannya di tim Pramac Ducati, Jack Miller, juga gagal finis karena terjatuh. Pembalap Petronas Yamaha Franco Morbidelli harus mengakhiri balapan karena kendala mesin.

Insiden di rombongan depan itu membuat pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami mampu finis keempat, prestasi terbaik pembalap Jepang setelah Katsuyuki Nakasuga finis kedua di Valencia musim 2012.

Joan Mir finis kelima untuk tim Suzuki, di depan andalan Ducati Andrea Dovizioso. Pembalap KTM Pol Espargaro harus puas di posisi ketujuh setelah gagal menaklukkan Dovizioso dan sempat keluar trek.

Alex Marquez finis kedelapan untuk tim Repsol Honda, disusul pembalap KTM Johann Zarco dan pembalap Suzuki Alex Rins. Tiga pembalap terakhir yang mampu finis dan mendapat poin berturut-turut Tito Rabat, Bradley Smith dan Cal Crutchlow.



Sumber: Crash.net