Kejuaraan Balap Sepeda Unik Jelang Hari Kemerdekaan

Kejuaraan Balap Sepeda Unik Jelang Hari Kemerdekaan
Ilustrasi balap sepeda. (Foto: Antara)
Hendro D Situmorang / JAS Kamis, 30 Juli 2020 | 21:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Makin tingginya minat olahraga sepeda di masyarakat pada masa kenormalan baru menciptakan kejuaraan atau lomba balap sepeda yang cukup unik. Lomba bertajuk "Anteraja Virtual Ride Indonesia #MerdekaSeries" yang akan digelar jelang HUT ke-75 Republik Indonesia, menjadi beda karena keluar dari pakem biasanya.

Menariknya para pegowes tak harus mengayuh sepeda secara serentak. Peserta bisa mengikuti lomba dengan bersepeda sendiri-sendiri, maupun bersama kelompoknya dan bebas memilih rutenya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Peserta juga diminta toleransi antarpengguna jalan serta pengguna fasilitas olahraga lainnya sekaligus menerapkan kampanye peningkatan kesadaran #AmanBersepeda secara berkelanjutan.

"Anteraja Virtual Ride Indonesia #MerdekaSeries dilaksanakan pada masa adaptasi kenormalan baru yang bertepatan dengan moment HUT ke-75 RI dan merupakan alternatif event untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia, khususnya pencinta sepeda dalam merayakan euforia kemerdekaan dengan bersepeda secara virtual," demikian pernyataan resmi dari Anteraja Virtual Ride Indonesia kepada Beritasatu.com, Kamis (30/7/2020).

Peraturan lain yang cukup unik adalah lomba boleh diselesaikan secara langsung atau bertahap oleh peserta. Pasalnya pihak penyelenggara memberikan waktu 30 hari untuk para peserta menyelesaikan lomba.

Tak perlu khawatir, fleksibelnya peraturan tersebut tidak mengurangi esensi perlombaan. Pihak penyelenggara akan melakukan perhitungan waktu dan jarak tempuh menggunakan aplikasi digital.

Dengan demikian tak ada halangan bagi panitia meski peserta menjalani lomba dengan bersepeda sendiri maupun berkelompok. Pasalnya perhitungan waktu dan jarak tempuh akan dikalkulasi di hari terakhir lomba untuk menentukan pemenang.

Lomba ini menawarkan 3 kategori jarak tempuh yang bisa dipilih yakni Pro sejauh 350 km, Medio 150 km dan Fun 75 km. Pendaftaran lomba balap sepada telah dibuka sejak 13 Juli hingga 9 Agustus 2020. Periode challenge: 1 Agustus-13 September 2020 dan periode pengiriman participant benefit: 14-30 September 2020.

Peserta akan mendapatkan participant benefit berupa, jersey, medali, stiker dan masker, yang akan dikirim pada periode pengiriman. Selain dapat mengikuti challenge VRI, peserta yang telah terdaftar juga berkesempatan mengikuti safety riding photo challenge & safety riding video challenge dengan tema kemerdekaan untuk memperebutkan hadiah Rp 500.000 untuk masing-masing kategori pemenang.

Dengan berpartisipasi dalam Anteraja Virtual Ride Indonesia #MerdekaSeries peserta bersama komunitas sepeda yang telah tergabung dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia yang lebih ramah dan aman untuk bersepeda.



Sumber: BeritaSatu.com