Logo BeritaSatu

KONI Tetapkan Wing Chun Bagian dari PB Wushu Indonesia

Kamis, 27 Agustus 2020 | 11:23 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Komite Olahraga Indonesia Nasional Indonesia (KONI) akhirnya menetapkan organisasi olahraga tradisional wing chun, yang merupakan aliran beladiri kungfu, tetap berada di bawah naungan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI).

Keputusan itu diambil dalam Rapat Kerja Nasional KONI Pusat, Kamis (27/8/2020) setelah sebelumnya induk olahraga nasional Indonesia itu sempat meresmikan Federasi Wushu Indonesia (FWI) sebagai anggota KONI. Usai penetapan itu, banyak sasana wing chun justru menolak. Sebanyak 10 sasana wing chun DKI menyatakan tetap berada di bawah PBWI.

"Saya mewakili komunitas wing chun Indonesia mengatakan bahwa kami adalah keluarga wushu yang bernaung di PB WI. Dan, kami tidak akan bergabung dengan Federasi Wingchun Indonesia," kata R Ario Bondank, dari perguruan wingchun ACMA Jakarta di Gedung KONI DKI Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Kisruh berawal dari keinginan salah satu penggagas wing chun Indonesia, Marthin Kusuma yang berupaya mendorong agar olahraga tradisional tersebut menjadi anggota KONI di bawah nuangan FWI.

KONI Tetapkan Wing Chun Bagian dari PB Wushu Indonesia

Komunitas atau Perguruan Wing Chun Indonesia berfoto bersama perwakilan dari PB Wushu Indonesia.

"Itu hanya ambisi pribadi Pak Marthin Kusuma yang selama ini mengklaim dirinya pemilik sah wingchun Indonesia," lanjut Ario.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali telah meminta agar wing chun tetap berada di bawah naungan PB WI. Alasannya, PB WI yang berafiliasi pada Federasi Wushu Internasional (IWUF) sudah menjadi anggota KONI dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

"Wing chun itu kan aliran kungfu tradisional jadi sebaiknya berada di PB WI. Sama halnya dengan aliran yang ada pada cabang olahraga karate yang berada di bawah naungan PB Forki. Kan, tidak mungkin aliran dalam karate diterima menjadi anggota KONI. Begitu juga aliran pencak silat yang sudah berada dalam wadah Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI). Saya minta Wingchun tidak menjadi sebagai anggota. Cukup PB WI saja," tegas Zainudin Amali yang dihubungi melalui telepon selular, Rabu (26/8/2020) malam.

Pada kesempatan yang sama, Menpora juga mengapresiasi PB WI di bawah kepengurusan Airlangga Hartarto yang telah terbukti berprestasi di kancah regional maupun internasional. Ia yakin wingchun akan berkembang dan berprestasi di bawah PB WI. "Pak Airlangga itu sangat mencintai olahraga wushu. Saya yakin wingchun bisa mengikuti jejak wushu yang telah mencatat prestasi pada SEA Games dan Asian Games dan kejuaraan dunia," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi: Audit Total Seluruh Stadion Liga Indonesia

Jokowi memerintahkan Basuki Hadimuljono mengaudit total seluruh stadion yang digunakan untuk pertandingan Liga Indonesia.

NEWS | 5 Oktober 2022

Raja Arab Saudi Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

Raja Arab Saudi Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Indonesia Joko Widodo terkait tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Toko Kue Thabenia Milik Ruben Onsu Dirampok

Toko kue Thabenia milik selebritas Ruben Onsu dirampok. Perampokan itu dilaporkan oleh karyawan Ruben Onsu ke Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Beda dengan Hillary, Fadli Zon Justru Terhibur Di-roasting Mamat Alkatiri

Fadli Zon merespons langkah rekannya di parlemen Hillary Brigitta Lasut yang melaporkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tokoh Pemuda Papua Imbau Pendukung Lukas Enembe Hormati Proses Hukum

Tokoh pemuda Papua, Ferdinand Tuamis berharap agar kelompok pendukung Gubernur Papua, Lukas Enembe agar menghormati proses hukum di KPK.

NEWS | 5 Oktober 2022

Selain Pidana, Hillary Lasut Pertimbangkan Gugat Mamat Alkatiri Secara Perdata

Tak hanya pidana, anggota Komisi I DPR dari Fraksi Nasdem Hillary Lasut mempertimbangkan menggugat komika Mamat Alkatiri secara perdata.

NEWS | 5 Oktober 2022

Wajah Tersangka Pembunuhan Brigadir J Diperlihatkan Kecuali FS dan PC

Wajah tersangka pembunuhan Brigadir J diperlihatkan kepada publik di Kantor Jampidum Kejagung, Jakarta, pada Rabu (5/10/2022) siang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tim KPK Telah Sita Dokumen Terkait Kasus Garuda Indonesia

Tim dari KPK telah menyita berbagai dokumen terkait kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia (Persero).

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Presiden Jokowi meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU atau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Dibuka, Ayo Daftar Segera

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 sudah dibuka pada Selasa 4 Oktober 2022, ayo segera mendaftar sebelum ditutup.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi: Audit Total Seluruh Stadion Liga Indonesia

Jokowi: Audit Total Seluruh Stadion Liga Indonesia

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings