Logo BeritaSatu

Presiden Jokowi Minta Tinjau Ulang Pembinaan Olahraga

Rabu, 9 September 2020 | 20:57 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) untuk meninjau ulang pembinaan olahraga khususnya bagi para atlet.

"Pesan saya kepada Kempora, KONI dan KOI untuk bisa meningkatkan olahraga nasional kita di kancah dunia. Kalau saat ini masih kurang, mungkin cara-caranya kurang tepat. Lakukan ekosistem atau review (tinjau ulang) secara total," kata Presiden secara virtual dari Istana Bogor saat puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang digelar di GOR POPKI Cibubur, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

"Tata kelola pembinaan atlet harus sinergi dengan baik dari daerah hingga ke pusat lembaga pendidikan olahraga. Cabang olahraga harus bisa meningkatkan pemanfaatan teknologi yang harus dilakukan berbasis sport science dan manajemen baru, manajamen informasi untuk calon-calon atlet berkualitas," tambah Presiden Jokowi.

Generasi muda kita itu, lanjut Jokowi, jumlahnya sangatlah banyak. Jadi sangat tidak masuk akal kalau Indonesia kekurangan atlet. Untuk itu ia menyarankan segera rancang ulang secara total terkait penyaringan dan pembinaan atlet.

Diakui, sebagai negara besar Indonesia harus punya juga nama besar di kancah internasional. Memang berbagai cabang olahraga sudah menciptakan berbagai prestasi. Jokowi pun berterima kasih kepada para atlet yang selama ini mengharumkan nama Indonesia di luar negeri mengibarkan Merah Putih di berbagai arena-arena kompetisi internasional.

"Olahraga punya peran penting dalam kehidupan kita dan menjadi instrumen dalam pendidikan. Olahraga itu membangun karakter sportif bahwa kalah menang itu biasa. Untuk itu perkuat kolaborasi dalam team work. Ciptakan jiwa patriotisme dan nasionalisme," urai Jokowi.

Namun saat pandemi ini, berbagai kompetisi harus ditiadakan dan diatur ulang. Hal ini kurang jelas bisa menguntungkan. Ini memberikan kesempatan untuk melakukan restart dan merancang ulang sistem olahraga Indonesia besar-besaran. Presiden Jokowi pun mengajak para insan olahraga secara serius lakukan evaluasi diri dan siapkan langkah besar untuk lompatan besar bagi dunia olahraga nasional menuju internasional .

"Kuncinya ada pada produktivitas. Olahraga harus jadi keseharian bagi kita semua. Olahraga itu bukan urusan individu atau Kempora saja tetapi masyarakat luas. Maka perlu didukung teknologi dan manajemen yang baik," kata Jokowi lagi.

"Olahraga bisa jadi industri yang cakupannya luas seperti produk sepatu, pakaian, bola, media, penyiaran, piala dan suvenir serta lainnya yang dapat meningkatkan UMKM kita. Target pasarnya bukan hanya pasar daerah tapi nasional bahkan internasional. Ini juga membuka peluang sport tourism yang jadi tren baru yang pasarnya sangat luas dan memberi multiplayer effect. Kita punya tempat indah seperti gunung, laut, dan danau. Alam yang indah dan kaya seni dan budaya," jelasnya.

Untuk itu, kejuaraan olahraga bisa dimanfaatkan seperti cabang olahraga terbang layang, sepeda, atletik, dan olahraga lainnya. Hal ini menjadi tempat berwisata sekaligus berolahraga di alam terbuka. Peluang ini harus dimanfaatkan.

"Selamat hari olahraga nasional. Mari jadikan pola hidup sehat kita dan menjadi negara kuat. Mulai semangat baru Indonesia kita sebagai negara maju," tutup Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kepala WTO Undur Jadwal Pembahasan Topik Sulit ke Awal 2024

Kepala Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Ngozi Okonjo-Iweala mengundurkan jadwal pembahasan topik sulit ke awal 2024

NEWS | 29 September 2022

Putin Prediksi Rusia Capai Rekor Panen 150 Juta Ton Gandum

Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia mengharapkan panen gandum rekor tertinggi pada 2022.

NEWS | 29 September 2022

Iriana Jokowi Dijadwalkan Menanam Pohon di Pulau Rinca

Iriana Jokowi melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (29/9/2022), dengan menanam pohon di Pulau Rinca.

NEWS | 29 September 2022

Malaysia Akan Cabut Aturan Wajib Masker di Penerbangan

Malaysia akan mencabut aturan wajib masker di dalam penerbangan yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan Wajib Masker Masih Berlaku

Satgas Covid-19 menyatakan, pemerintah belum berencana mencabut kebijakan wajib masker seperti yang dilakukan negara lain.

NEWS | 29 September 2022

Tiongkok Tolak Keras Perbandingan Ukraina dengan Taiwan

Tiongkok bereaksi terhadap perbandingan antara Ukraina dengan Taiwan. Hal itu ditegaskan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin.

NEWS | 29 September 2022

Kebanjiran Pengungsi Rusia, Latvia Nyatakan Negara Darurat

Latvia mengumumkan keadaan darurat di dekat perbatasannya dengan Rusia pada Rabu (28/9/2022) setelah kebanjiran pengungsi Rusia.

NEWS | 29 September 2022

TNI AU Selidiki Penemuan Granat Asap dan Peluru di Bekasi

TNI AU masih mendalami penemuan granat asap dan peluru yang ditemukan di sebuah rumah, di Pondokgede, Kota Bekasi, Selasa, 27 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Hari Ini, Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG DKI Jakarta menerangkan, potensi hujan disertai petir terjadi di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga menjelang malam hari.

NEWS | 29 September 2022

Pabrik Keramik di Bekasi Diberi Waktu Perbaiki Pengolahan Limbah

Pabrik keramik PT Sarana Griya Lestari Keramik diberi batas waktu untuk memperbaiki manajemen pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). 

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Putin Prediksi Rusia Capai Rekor Panen 150 Juta Ton Gandum

Putin Prediksi Rusia Capai Rekor Panen 150 Juta Ton Gandum

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings