PON XVIII: Kepri Juara Umum Layar

PON XVIII: Kepri Juara Umum Layar
Ilustrasi cabang layar di PON XVIII/2012 Riau. (Antara)
Senin, 17 September 2012 | 15:57 WIB
Tiga medali emas, satu perak dan satu perunggu membuat kontingen Kepulauan Riau menjadi juara umum di cabang layar.

Kontingen Kepulauan Riau memastikan diri menjadi juara umum cabang layar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 Riau setelah mengumpulkan tiga emas, satu perak dan satu perunggu.

"Ada lima nomor yang diperlombakan. Kelimanya menghasilkan medali untuk kontingen Kepulauan Riau (Kepri)," kata Ofisial tim layar Kepri Buralimar di Pekanbaru, hari ini, Senin (17/9).

Atlet yang meraih medali emas adalah Maznun yang turun di kelas radial men, Bobbi Sanjaya dari kelas laser 4,7 open serta atlet layar putri Maryanti yang turun di kelas radial women.

Sementara atlet yang memastikan medali perak adalah Samsul Ardi yang turun pada kelas optimis boys dan satu medali perunggu atas nama Martha di kelas optimis girl.

"Hari ini masih ada pertandingan lagi. Namun tidak akan berpengaruh lagi bagi Kepri yang sudah memastikan juara umum," kata dia.

Ia mengatakan perolehan medali cabang layar melebihi target yang dibebankan KONI pada PON Riau.

"Koni menargetkan tiga emas. Namun atlet Kepri bermain bagus sehingga bisa menambah satu perak dan satu perunggu," kata Buralimar.

Maznun dan Bobbi merupakan pemegang medali emas PON XVII Kaltim, sedangkan Maryati juga merupakan atlet layar yang pernah mengikuti SEA Games Palembang 2011, meski tidak mampu menyumbangkan medali buat Indonesia.

Sementara itu, Ketua KONI Kepri, Nur Syafriadi, mengatakan, prestasi atlet layar Kepri belum dapat ditandingi oleh atlet dari provinsi lainnya, karena itu sudah diyakini sebelumnya mereka akan mendapat medali.

"Layar memang cabang olahraga andalan Kepri. Kami berharap cabang olahraga ski air dapat menyumbangkan emas," katanya.