Ganda Putra Indonesia Gagal di Thailand Terbuka, Ini Evaluasi Pelatih
Logo BeritaSatu

Ganda Putra Indonesia Gagal di Thailand Terbuka, Ini Evaluasi Pelatih

Sabtu, 23 Januari 2021 | 19:33 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Berbeda dengan seri pertama Thailand Terbuka pekan lalu, pada seri kedua kali ini, performa para pemain Indonesia menurun. Terbukti tidak ada wakil di babak final turnamen bulutangkis Thailand Terbuka II 2021. Dua wakil Indonesia di semifinal tumbang.

Pada babak semifinal Sabtu (23/1/2021) di Impact Arena, Bangkok, pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kalah rubber game dari pasangan muda unggulan enam asal Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin, 21-14, 20-22, 12-21. Sedangkan di sektor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dikalahkan wakil Korea Selatan, Lee So He/Shin Seung Chan, 16-21, 18-21.

Khusus di ganda putra, pelatih Herry Iman Pierngadi menyebutkan bahwa pada dua turnamen Asia kali ini, belum mencapai target. Anak-anak asuhannya yang diharapkan bersinar, terutama Ahsan/Hendra dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, justru gagal.

"Ya memang ganda putra tidak mencapai target. Ahsan/Hendra dan Fajar/Rian memang yang kami harapkan, tapi ternyata tidak berhasil. Mereka gagal. Nanti latihannya akan dievaluasi lagi. Memang banyak penurunan," sebut Herry dalam keterangan resmi PBSI.

Menurutnya, cedera betis kiri yang dialami Ahsan pada babak pertama, Rabu (20/1) lalu, memang memengaruhi penampilannya. Namun, dia juga menyebut bahwa hal itu bukanlah alasan utama, melainkan pada faktor stamina dan usia.

"Cederanya Ahsan ada pengaruhnya, tapi lebih besar pengaruh karena stamina, karena usia tidak bisa dibohongi. Kalau memang tadi mau menang, kan seharusnya bisa dua gim. Yang gim kedua itu kan sudah setting," jelas Herry.

"Memang pada saat setting itu, ganda kita itu membuat kesalahan. Dua poin itu kan nyangkut sendiri. Memang handicap-nya di lapangan, menang angin, kalah angin, atau bolanya juga sedikit berat. Pemain-pemain seusia mereka ada handicap di situ. Saya berharap, nanti di World Tour Final penampilannya bisa lebih baik lagi," tuturnya.

Sementara untuk Fajar/Rian, Herry pun mengakui adanya penurunan kualitas pada keduanya. Lama tidak bertanding, juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan hilangnya ritme permainan.

"Fajar/Rian banyak orang bilang menurun, memang betul mereka menurun. Kemarin juga sudah ngobrol. Memang lama tidak ada pertandingan, 10 bulan vakum, jadi sedikit kagok buat mereka," kata Herry.

"Ritme, irama, dan suasananya hilang. Sudah lama tidak bertanding, jadi harus beradaptasi lagi. Walaupun memang mereka termasuk pemain yang sudah top 10. Kita memang harus bisa mengatasinya," tambahnya.

Selain turunnya kualitas, Herry menyebut tangan Fajar yang bermasalah ikut menjadi kendala. Untuk selanjutnya, menjadi pekerjaan rumah cukup besar untuk mempersiapkan mereka kembali tampil optimal pada turnamen internasional yang akan digelar pada Maret mendatang.

"Tapi dari semuanya, kendala itu nomor satunya memang Fajar tangannya ada masalah, jadi tidak bisa maksimal sekali. Hanya mengandalkan Rian saja. Memang bukan alasan, itu kenyataan. Di samping itu memang penampilannya menurun, harus diakui," kata Herry.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Tigor Tanjung Pastikan Luhut Didukung Seluruh Pengprov PASI

Tigor Tanjung menyebutkan Luhut Binsar Pandjaitan akan didukung seluruh Pengprov PASI.

OLAHRAGA | 23 Januari 2021

Terhenti di Semifinal, Hendra/Ahsan Akui Kalah Stamina

Hendra/Ahsan menyerah dari pasangan Lee Yang/Wang Chi-Lin rubber game 21-14, 20-22, 12-21.

OLAHRAGA | 23 Januari 2021

Gagal ke Final, Greysia/Apriyani Akui Kelelahan

Greysia Polii/Apriyani Rahayu kalah dari pasangan asal Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan 16-21, 18-21.

OLAHRAGA | 23 Januari 2021

Murray Akhirnya Tidak Bisa Ikuti Australia Terbuka 2021

Andy Murray yang dinyatakan positif Covid-19 pekan lalu dan tidak dapat melakukan perjalanan ke Melbourne.

OLAHRAGA | 23 Januari 2021

Indonesia Tanpa Gelar di Thailand Terbuka

Dua wakil tersisa yakni ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan terhenti di babak semifinal.

OLAHRAGA | 23 Januari 2021

KONI Optimistis PON Tetap Digelar 2021

"Event-event olahraga yang tertunda harus kembali bergulir lagi 2021. Pastinya harus digelar dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Marciano.

OLAHRAGA | 23 Januari 2021

Duel McGregor vs Poirier, Ini Prediksi Khabib Nurmagomedov

Duel McGregor melawan Dustin Poirier di Fight Island, Abu Dhabi akan tersaji pada Sabtu (23/1/2020).

OLAHRAGA | 23 Januari 2021

Jepang Tegaskan Olimpiade Tokyo Tahun Ini Akan Tetap Digelar

Dijadwalkan olimpiade Tokyo 2020 akan digelar mulai 23 Juli 2021 setelah ditunda selama setahu karena virus corona.

OLAHRAGA | 22 Januari 2021

Ganda Putri Melaju, Ganda Campuran Terhenti

Pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu melaju ke semifinal Thailand Terbuka II setelah menundukkan ganda Denmark.

OLAHRAGA | 22 Januari 2021

Tumbang di Perempat Final, Hafiz/Gloria Akui Banyak Buat Kesalahan

Hafiz/Gloria mengaui mereka banyak membuat kesalahan sehingga tumbang di perempat final Thailand Terbuka II. Mereka menyerah 21-12, 19-21 dan 19-21.

OLAHRAGA | 22 Januari 2021


TAG POPULER

# Penganiayaan Perawat


# Reshuffle Kabinet


# Vaksinasi Covid-19


# Larangan Mudik


# Vaksin Nusantara



TERKINI

Menteri BUMN Tantang Milenial Jadi Pengusaha dan Ciptakan Lapangan Kerja

EKONOMI | 7 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS