Ade Rai Soroti Kelebihan Berat Badan Atlet
Logo BeritaSatu

Ade Rai Soroti Kelebihan Berat Badan Atlet

Kamis, 11 Februari 2021 | 15:40 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Pakar kebugaran yang juga mantan atlet binaraga Indonesia, Ade Rai, menyoroti kelebihan berat badan atlet, seperti yang dialami ganda campuran Praveen Jordan.

Ade mengungkapkan hal itu dalam Webinar Hidup Sehat di Tengah Pandemi yang digelar Rabu (10/2/2021) malam oleh Alumni Kanisius Menteng 64 Untuk Indonesia.

"Tantangan atlet di masa pandemi adalah keterbatasan dalam melakukan sparing. Biasanya pebulutangkis banyak melakukan sparing dengan banyak pemain. Tetapi dalam situasi saat ini semua serbadibatasi. Ini juga menyebabkan atlet kurang latih tanding, dan berat badan bisa naik," ujar Ade yang juga pernah jadi pemain bulutangkis.

Dan yang paling berpengaruh, menurut Ade, adalah pola makan selama masa pandemi ini. "Berat badan naik, karena kebiasaan makan, jadi karbohidrat berlebihan. Dengan kelebihan berat badan maka otomatis beban jantung meningkat. Begitu juga beban persendian meningkat. Sehingga atlet menjadi cepat lelah, dan performa tidak bisa maksimal," tambah Ade Rai, alumni SMA Kanisius ini.

"Jadi memang sikap disiplin sangat diperlukan oleh atlet di masa pandemi ini. Harus bisa secara proporsional mengatur pola latihan dan pola makan, karena di masa pandemi ini pengawasan kurang, butuh kedisiplinan mandiri," tuturnya.

Di tempat terpisah, pelatih ganda campuran Nova Widianto mengatakan, Jordan memang mengalami kelebihan berat badan. “Apakah berpengaruh pada kondisi saat pertandingan. Ya pasti adalah. Namun, kalau saya menilai, Jordan itu kan istimewa. Jadi dengan keadaan begitu pun selama mood dan pikirannya fokus untuk menang, tidak terlalu ada masalah,” katanya.

Tak kurang dari 130 Kanisian dan sahabat Kanisian mengikuti webinar dengan moderator Pitono Adhi ini. Hal itu menggembirakakan Irlan Suud, selaku Ketua Alumni Kanisius Menteng 64, kelompok lulusan SMA Kanisius yang merasa terpanggil dan peduli untuk menjaga cita-cita Indonesia Emas 2045 dan untuk 2021 capai Indonesia Sehat.

"Kami berperan menjadi mitra pemerintah dalam kampanye publik dan menginisiasi gerakan sukseskan vaksinasi dilakukan dengan mengeksekusi banyak kegiatan webinar, talkshow, dan lainnya dengan tujuan bagaimana agar masyarakat Indonesia mampu jaga kesehatan tubuh antara lain patuhi prokes 5M, siap divaksin saat vaksin siap, jaga pola hidup dan pola makan yang baik dan sehat," tandas Irlan.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

PBSI Umumkan Daftar Pemain untuk Turnamen All England

Menurut daftar tersebut, sektor tunggal putra akan diisi oleh Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Tommy Sugiarto.

OLAHRAGA | 11 Februari 2021

Unggulan 8 Andreescu Tersingkir di Pekan Pertama Australia Terbuka

Mantan juara AS Terbuka 2019 itu dikalahkan petenis Taiwan Hsieh Su-wei 3-6, 2-6 pada babak kedua.

OLAHRAGA | 11 Februari 2021

KOI Dorong Protokol Kesehatan Segera Diaplikasikan untuk Kegiatan Olahraga

Indonesia merencanakan menggelar berbagai ajang internasional salah satunya Kejuaraan Dunia Bola Basket 2021 dan tuan rumah Olimpiade 2032.

OLAHRAGA | 11 Februari 2021

Ini 10 Pembalap F1 dengan Bayaran Tertinggi

Juara dunia F1 tujuh kali ini mendapat bayaran 40 juta euro atau sekitar Rp 678 miliar dalam setahun.

OLAHRAGA | 11 Februari 2021

Simona Halep Kerja Keras Lewati Adangan Tomlanovic

Simona Halep mengalahkan petenis Australia Ajla Tomlanovic dalam pertandingan tiga set, 4-6, 6-4, 7-5.

OLAHRAGA | 10 Februari 2021

Penyelenggara Olimpiade Tokyo Akan Sebar 150.000 Alat Kontrasepsi untuk Atlet

Sekitar 6.000 atlet diharapkan hadir untuk upacara pembukaan dan sekitar 11.000 atlet akan berkompetisi di Olimpiade Tokyo.

OLAHRAGA | 10 Februari 2021

Anthony Ginting, Greysia/Apriyani dan Praveen/Melati Batal Ikuti Swiss Terbuka

Mereka lebih dipersiapkan untuk meraih prestasi maksimal pada kejuaraan All England yang akan digelar pada 17-21 Maret di Birmingham, Inggris.

OLAHRAGA | 10 Februari 2021

Djokovic Melaju, Wawrinka Harus Tersingkir

Djokovic berhasil mengemas kemenangan dengan skor 6-3 6-7 (3-7) 7-6(7-2) 6-3 atas petenis Amerika Serikat, Frances Tiafoe.

OLAHRAGA | 10 Februari 2021

KOI dan NOC Qatar Sepakat Jalin Kerja Sama Meningkatkan Prestasi Olahraga

Salah satu program yang akan dijalankan dengan menjadikan Jakarta Internasional Velodrome sebagai tempat latihan tim balap sepeda Qatar.

OLAHRAGA | 10 Februari 2021

Sport Tourism, Sandiaga Usulkan Ajang Olahraga di 5 Destinasi Wisata Unggulan

KONI sebagai organisasi wadah induk cabang olahraga nasional dapat mendukung sport tourism baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

OLAHRAGA | 10 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS