Calon Tuan Rumah Olimpiade 2032, Peluang Indonesia Masih Terbuka
Logo BeritaSatu

Calon Tuan Rumah Olimpiade 2032, Peluang Indonesia Masih Terbuka

Sabtu, 27 Februari 2021 | 10:43 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Langkah Indonesia dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032 masih terus berlanjut setelah Komisi Tuan Rumah Olimpiade Masa Depan mengirimkan surat kepada Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang meminta Indonesia meneruskan proses dialog dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Ketua Umum KOI, Raja Sapta Oktohari mengaku gembira dengan surat dari Komisi Tuan Rumah Olimpiade Masa Depan karena berarti peluang Indonesia tetap terbuka.

“Kami menerima surat dari Komisi Tuan Rumah Olimpiade Masa Depan pada hari Rabu dan dalam surat itu, Ketua Komisi Kristin Kloster Aasen menyebutkan, poin-poin peluang dan juga tantangan dari pemaparan yang telah NOC Indonesia lakukan pada 3 Februari lalu. Kami bersyukur karena Indonesia sudah memasuki tahapan continuous dialogue, atau dialog berkelanjutan, dengan komisi. Kami akan mempersiapkan semua hal terkait untuk meneruskan proses pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032,” kata Okto, di Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Dalam suratnya, Aasen menekankan kekuatan dari proposal yang diajukan Indonesia, yaitu visi untuk menyelaraskan Olimpiade dengan tujuan untuk mengubah Jakarta sebagai salah satu kota yang paling layak huni dan berkelanjutan di dunia, potensi menyebarkan nilai-nilai Olimpiade untuk menginspirasi generasi muda dan mempromosikan keberagaman dan inklusi di antara 1.300 kelompok etnis, dukungan kuat dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi DKI Jakarta, serta konsep penyelenggaraan yang menggunakan fasilitas yang digunakan pada Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Selain itu, Aasen juga memberi masukan di mana dialog masih perlu dilakukan, seperti pengembangan rencana utama untuk memastikan penyelarasan kebutuhan masyarakat setempat dengan Agenda Olimpiade 2020, pengembangan strategi untuk menggelar kompetisi internasional untuk menambah pengalaman, pengetahuan, dan popularitas nomor Olimpiade di Indonesia.

Meski IOC sudah mengumumkan Brisbane untuk melanjutkan proses ke tahap dialog berkelanjutan, dalam pernyataannya Presiden IOC Thomas Bach mengatakan bahwa proses masih belum berakhir dan belum ada keputusan akhir. Brisbane masuk dalam proses dialog terarah karena mereka lebih awal mengajukan proposal kepada IOC.

Okto menganalogikan proses pencalonan tuan rumah Olimpiade dengan norma baru ini seperti lomba balap mobil, di mana Australia berada di depan dan Indonesia persis di belakangnya.

“Ini seperti lomba NASCAR 500 putaran dan lomba memasuki putaran kelima. Australia yang ada di tahap dialog terarah di posisi pertama, sementara Indonesia dengan tahap dialog berkelanjutan ada di belakangnya. Apapun bisa terjadi. Jika Australia gagal di tahap dialog terarah, mereka harus masuk pit lane, yang artinya kembali ke awal proses,” ujarnya.

Okto mengatakan lagi bahwa dengan semangat dan kerja sama semua pihak di Indonesia dirinya sangat yakin bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 dengan semua variabel yang ada, seperti pertumbuhan ekonomi, jumlah populasi muda, dan terutama dengan sukses penyelenggaraan Asian Games serta Asian Para Games 2018.

“Semua ini membuat NOC Indonesia semakin bersemangat untuk merebut semua peluang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena Indonesia harus jadi bangsa pemenang,” ucap Okto.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Munas PB PRSI, Wibisono Klaim Didukung 26 Pengprov

Wibisono mengklaim telah didukung sebanyak 26 pengprov yang telah menandatangani fakta integritas dalam Munas virtual.

OLAHRAGA | 27 Februari 2021

Pascavaksinasi, Atlet Bulutangkis Siap ke Swiss Open dan All England

Sejauh ini, vaksinasi tidak menimbulkan efek samping.

OLAHRAGA | 27 Februari 2021

Cedera, Kevin Durant Batal Tampil di Laga Bintang NBA

Sebagai pengganti KD julukan Durant, NBA memilih pemain bintang Indiana Pacers Domantas Sabonis untuk memperkuat tim wilayah timur.

OLAHRAGA | 27 Februari 2021

Almor Stable Gelar Aksi Peduli Komunitas Kuda Sewa di Bogor

Selain menggelar baksos, Almor Stable juga memberikan pelatihan perawatan dan cara memasang tapal kuda.

OLAHRAGA | 26 Februari 2021

Atlet Jetski Indonesia Tetap Latihan di Masa Pandemi Covid-19

Latihan atlet jetski Indonesia, dilaksanakan di venue akademi jetski Indonesia, Ancol, Jakarta Utara.

OLAHRAGA | 26 Februari 2021

Wapres: Vaksinasi Atlet Penting untuk Prestasi Olahraga Indonesia

"Vaksinasi atlet ini penting, termasuk juga prioritas, terutama mereka yang akan mengikuti beberapa event," kata Wapres Ma'ruf Amin.

OLAHRAGA | 26 Februari 2021

Indonesia Lanjutkan Upaya Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 dengan IOC

Upaya bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 terus dilakukan Komite Olimpiade Indonesia.

OLAHRAGA | 26 Februari 2021

Usai Divaksinasi, 24 Atlet Pelatnas Wushu Siap Jalani Pemusatan Latihan di Tiongkok

Sebanyak 24 atlet pelatnas wushu akan menjalani pemusatan latihan selama tiga bulan di Tiongkok sebagai persiapan untuk menghadapi SEA Games Hanoi 2021.

OLAHRAGA | 26 Februari 2021

Pelatih Mantan Juara Dunia Ellyas Pical Meninggal Dunia

Dunia tinju profesional telah kehilangan pelatih legenda yang pernah menangani Ellyas Pical.

OLAHRAGA | 26 Februari 2021

Sudah 1.000 Relawan Olimpiade Tokyo Mundur dalam Sebulan Terakhir

Jumlah total relawan yang direkrut pada Tokyo 2020 mencapai 80.000 orang.

OLAHRAGA | 25 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS