Menpora: Olimpiade Jadi Sasaran Utama Berprestasi, Sisanya Antara
Logo BeritaSatu

Menpora: Olimpiade Jadi Sasaran Utama Berprestasi, Sisanya Antara

Senin, 1 Maret 2021 | 15:37 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta kepada semua cabang olahraga (cabor) untuk menjadikan Olimpiade sebagai sasaran dan target utama berprestasi.

Hal itu ditegaskan saat membuka Rapat Anggota Tahunan 2021 Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) secara virtual di Jakarta, Senin (1/3/2021). Menpora ingin merubah mindset dan cara berfikir semua pemangku kepentingan olahraga Indonesia yang selama ini telah tertanam.

"Olimpiade kita tempatkan menjadi sasaran utama. Sekaligus, untuk mengubah mindset kita. Sementara, Asian Games, SEA Games dan event lain menjadi sasaran antara," ujar Menpora.

Dijelaskan fenomena yang terjadi di masyarakat, adalah menyamakan posisi itu. Sejak sekarang harus memosisikan bahwa target dan sasaran utama adalah Olimpiade dan yang lain adalah sasaran antara.

Jika Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. Menpora akan terus berjuang dan berusaha agar selain sukses penyelenggaraan juga sukses prestasi dengan target sementara adalah 10 besar Olimpiade.

"Kita akan berusaha untuk sukses penyelenggaraan dan juga sukses dalam prestasi. Tentu target harus realistis. Untuk sementara kita mencanangkan dalam posisi 10 besar," katanya.

Sejak tahun 1952 Indonesia mengikuti Olimpiade dengan prestasi yang naik turun. Maka untuk Olimpiade 2032 pemerintah mematok target sementara yakni 10 besar. "Kita mematok target 10 besar dan insyaallah bisa lebih dari itu," ujar Menpora yakin.

"Kita sudah memetakan 14 cabor unggulan, yang dalam sejarah keikutsertaannya ke Olimpiade memberikan kontribusi prestasi dan potensi-potensi prestasi. Ini memerlukan kerja sama dan sinergi (NOC Indonesia, KONI pusat dan daerah, KORMI, NPC dengan tupoksi masing-masing) dan semua stakeholder olahraga," pintanya.

Sementara, Ketum KOI, Raja Sapta Oktohari telah berusaha mengajak kepada semua federasi-federasi Asia, ASEAN, dan dunia agar memperioritaskan Indonesia untuk mendapatkan tempat di setiap organisasinya.

"Sukses Asian Games dan Asian Para Games dan jumlah populasi Indonesia nomor empat dunia dan cita-cita kita untuk menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2032 maka selayaknya Indonesia ditempatkan sejajar dengan negara besar lainnya," ujar Raja Sapta.

"Terima kasih kepada Pak Menpora dan jajarannya yang telah memperjuangkan dan merealisasikan vaksinasi atlet, pelatih, dan tenaga pendukung khususnya untuk yang akan berangkat ke Olimpiade Tokyo 2021," katanya lagi.

IOC lanjutnya, sudah menyatakan bahwa Olimpiade Tokyo akan dilaksanakan sesuai jadwal yakni pada mulai 23 Juli 2021 mendatang. "Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Menpora yang telah semangat untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia telah memprioritaskan dan merealisasi vaksninasi ini," tambahnya.

"Terima kasih sekali lagi untuk Pak Menpora, Kapolri dan Satgas Covid-19 yang telah merealisasikan izin untuk kembali melaksanakan event olahraga. Ini penting karena untuk curi momentum menuju Olimpiade Tokyo," tutup Raja Sapta.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pelatih Kepala Pelatnas Pencak Silat SEA Games 2021 Tutup Usia

Taslim Azis yang ikut berperan menyukseskan Tim Pencak Silat Indonesia meraih 14 medali emas pada Asian Games 2018 meninggal dunia.

OLAHRAGA | 1 Maret 2021

Sainz: Sulit untuk Tampil Hebat di Balapan Pertama

Balapan Formula Satu (F1) hanya menjadwalkan sekali uji coba resmi di Sirkuit Bahrain, pada 12 maret 2021.

OLAHRAGA | 28 Februari 2021

Ferrari Meyakini Telah Mampu Atasi Kekurangan Pacuan Musim Lalu

simulasi di lorong angin menunjukkan, kami membaik dalam kecepatan di lintasan lurus. Saya perkirakan, kecepatan mobil sudah bukan menjadi masalah.

OLAHRAGA | 28 Februari 2021

Kalahkan Yildirim, Alvarez Pertahankan Gelar Kelas Menengah

Alvarez mampu menjatuhkan Yildirim di ronde ketiga tetapi mampu bangkit sebelum akhirnya sang pelatih melempar handuk di ronde keempat.

OLAHRAGA | 28 Februari 2021

Ini Syarat Proliga Digelar Juli Mendatang

Babak empat final dan final urung digelar lantaran Indonesia dihantam Covid-19.

OLAHRAGA | 28 Februari 2021

LeBron James Jawab Kritik Zlatan Ibrahimovic

LeBron James membalas kritik Zlatan Ibrahimovic dan berjanji tak akan pernah tinggal diam mengutarakan masalah sosial.

OLAHRAGA | 28 Februari 2021

Lifter Deni Berharap Tampil di Olimpiade Tokyo

Atlet angkat besi, Deni tetap ingin tampil di Olimpiade Tokyo yang akan digelar 24 Juli-9 Agustus 2021.

OLAHRAGA | 27 Februari 2021

Basuki Hadimuljono Terpilih Sebagai Ketum PB PODSI

Basuki Hadimuljono terpilih sebagai ketua umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) periode 2021-2025.

OLAHRAGA | 27 Februari 2021

Divaksin, 30 Atlet Wushu Siap Tampil di Event Internasional

Atlet menjalani vaksinasi tahap pertama agar bisa mengikuti berbagai event internasional.

OLAHRAGA | 27 Februari 2021

Pimpin PB PRSI Lagi, Ini Pencapaian Anindya Bakrie di Periode Pertama

Selama 4 tahun memimpin roda organisasi PB PRSI, Anin dinilai sukses memimpin sekaligus mencetak prestasi cabang olahraga air di pentas Asia Tenggara.

OLAHRAGA | 27 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS