Indonesia Diminta Bergegas Setelah Kedatangan Dorna Sports
Logo BeritaSatu

Indonesia Diminta Bergegas Setelah Kedatangan Dorna Sports

Kamis, 8 April 2021 | 17:32 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Mandalika, Beritasatu.com - Kedatangan Dorna Sports yang bertindak sebagai promotor sekaligus penyelenggara resmi MotoGP ke Lombok-NTB Indonesia, memberi angin segar insan pariwisata dan publik Lombok-Sumbawa. Dorna Sports memberi sinyal positif penyelenggaraan MotoGP di sirkuit balap MotoGP Mandalika. Sinyal positif ini sekaligus memberi pesan pemerintah Indonesia khususnya Pemprov NTB bergegas menyiapkan seluruh kebutuhan pencinta olahraga balap motor ini.

Pengamat pariwisata nasional, Taufan Rahmadi, mendesak pemerintah pusat dan daerah agar tidak membuang-buang waktu untuk kesempatan emas ini.

"Kita, pemerintah Indonesia, pemerintah daerah sudah tidak punya waktu lagi untuk santai-santai. Kita harus bergegas menyiapkan beberapa hal untuk menyukseskan MotoGP tahun ini," kata Taufan Rahmadi ketika dikonfirmasi Beritasatu.com pada Kamis (8/4/2021).

Ia pun kemudian merinci terkait beberapa hal yang mendesak disiapkan. Pertama penginapan. Pemerintah daerah harus segera menginventarisasi kamar hotel dan penginapan yang tersedia. Jumlah kamar hotel yang terbatas di Lombok harus ditopang dengan keberadaan homestay (rumah tinggal) di rumah-rumah penduduk.

Khususnya rumah warga di desa-desa penyangga KEK Mandalika. Ini juga berkaitan dengan sanitasi kesehatan seperti air bersih, tempat tinggal, sampah, dan sarana pendukung sanitasi lainnya.

Teknis penyiapan kamar-kamar di rumah penduduk ini, Taufan yang juga pegiat pariwisata nasional ini, mengusulkan dibentuk tim hospitality road to MotoGP Mandalika 2021. Tim nantinya bertugas memonitor dan mengevaluasi seluruh kesiapan NTB sebagai tuan rumah menyambut tamu MotoGP di Lombok.

"Pemerintah NTB dengan menggandeng seluruh pemerintah daerah kabupaten kota harus segera menyiapkan ini," lanjut Taufan bersemangat.

Selain kamar hotel, hal kedua, yang mendesak juga disiapkan unsur penopang destinasi pariwisata yaitu atraksi.

Atraksi budaya yang digunakan untuk penyambutan dan hiburan wisatawan harus disiapkan dan dilatih dari sekarang.

Ketiga, UMKM. Segala sesuatu yang berkaitan dengan cendera mata MotoGP, oleh-oleh dan suvenir lainnya harus melibatkan usaha rakyat UMKM. Produk-produk yang akan menjadi ikon MotoGP, dari sisi desain dan manufakturnya harus dirancang sedemikian rapi dan cantik. Pemerintah daerah harus tanggap dan menyiapkan poin ini secara serius.

"Misalnya dengan melibatkan desainer andal yang sudah teruji kemampuannya. Untuk yang satu ini dibutuhkan pendamping dari pengusaha dan menyiapkan ahli desain dan ahli branding nasional yang berkolaborasi dengan pengusaha dan perajin di daerah," lanjutnya.

Hal penting lain, lanjut Taufan yang mendesak dikaji adalah soal transportasi. Pemerintah daerah segera melakukan simulasi arus lalu lintas dan transportasi terkait bagaimana manajemen transportasi. Bagaimana mengatur arus menuju arena MotoGP berjalan lancar tanpa tersendat. Skenario manajemen transportasi ini harus diperhatikan agar tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas menuju arena motoGP.

"Di saat para penonton MotoGP ini mulai masuk, manajemen transportasi ini harus sudah dilakukan," tegasnya memberi saran.

Terakhir, lanjutnya, masalah promosi dan branding. Sudah waktunya pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten berkolaborasi memanaskan mesin promosi dan branding MotoGP Mandalika. Selain pemerintah promosi mandiri juga harus dilakukan pelaku industri pariwisata lain untuk menambah greget promosi event internasional ini.

Untuk menyiapkan semua PR (pekerjaan rumah) MotoGP ini, Taufan Rahmadi mengusulkan dibentuk Komite Nasional menuju MotoGP Mandalika 2021. Komite Nasional ini diharapkan diisi oleh semua pentahelik pariwisata yang dinaungi pemerintah pusat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai leading sector.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Adriano Moraes Pertahankan Gelar Juara Dunia

Adriano Moraes meraih kemenangan KO pada ronde kedua atas Demetrious "Mighty Mouse" Johnson di Singapore Indoor Stadium.

OLAHRAGA | 8 April 2021

Singkirkan 4 Negara, Cricket Indonesia Sabet ICC Development Awards

PP PCI menjadi pemenang regional untuk kategori Social Impact Award yang diberikan ICC (International Cricket Council) Development Awards.

OLAHRAGA | 8 April 2021

Grand Slam Prancis Terbuka Mundur 1 Pekan

Kerumunan dibatasi hanya 1.000 penonton tiap hari.

OLAHRAGA | 8 April 2021

Timnas Basket Putri 3x3 Ikut Kualifikasi Olimpiade Tokyo

Indonesia berada di grup berat, bersama Prancis, Amerika Serikat, Jerman dan Uruguay.

OLAHRAGA | 8 April 2021

PTM Morning Whistle Raih Emas di DJ Table Tennis Invitation U-20

Rofiana Nurul Sabilla tampak dominan mulai dari babak penyisihan hingga mencapai final.

OLAHRAGA | 8 April 2021

Dorna Sports Cek Kesiapan Terakhir Sirkuit Mandalika

Dorna Sports, promotor MotoGP penyelenggara resmi balapan MotoGP, berkunjung langsung ke Sirkuit Mandalika, Rabu (7/4/2021).

OLAHRAGA | 7 April 2021

IMI dan Pengelola MotoGP Dorna Sport Tinjau Sirkuit Mandalika

Kehadiran mereka untuk memastikan Sirkuit Mandalika siap digunakan sebagai tuan rumah kejuaraan MotoGP dan Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK).

OLAHRAGA | 7 April 2021

Kalahkan Pacers, Bulls Raih Dua Kemenangan Beruntun

Hasil pertandingan tersebut menambah catatan kemenangan Bulls atas Pacers 2-1 pada musim ini, demikian dikutip Reuters.

OLAHRAGA | 7 April 2021

Tim DKI Juara Umum Seleksi Timnas Kickboxing untuk SEA Games 2021

Dari 13 atlet yang diturunkan, sembilan atlet melaju ke babak semifinal pada seleksi yang digelar di NAM Hotel Kemayoran Jakarta.

OLAHRAGA | 7 April 2021

Sistem 5 x 11 Untungkan Pebulutangkis Indonesia

Rionny mengaku sudah menyiapkan beberapa menu program latihan khusus ke depan.

OLAHRAGA | 6 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS