Logo BeritaSatu

Indonesia Loloskan Lagi Satu Pecatur ke Piala Dunia

Minggu, 30 Mei 2021 | 11:34 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia sukses menambah satu wakil pecaturnya ke Piala Dunia 2021 yang berlangsung di Sochi, Rusia, pada 10 Juli - 3 Agustus 2021. Pecatur itu adalah Master Internasional (IM) Mohamad Ervan yang memiliki elo rating 2365.

Selain Ervan, Indonesia melalui PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) sebelumnya telah meloloskan tiga pecatur ke Kejuaraan Dunia Catur 2021, yaitu grandmaster (GM) Susanto Megaranto, WGM Irene Kharisma Sukandar, dan WGM Medina Warda Aulia.

“Ini membanggakan sekali karena untuk pertama kalinya Indonesia bisa sekaligus meloloskan empat pecaturnya dalam suatu kejuaraan dunia catur yang sama,” kata Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto ketika dikonfirmasi melalui Kabid Binpresnya Kristianus Liem pada Minggu (30/5/2021).

Pecatur Indonesia Ervan lolos lewat kejuaraan Asian Continental Hybrid Chess Championship, 19 – 29 Mei 2021. Pada babak terakhir, Sabtu (29/5/2021), Ervan yang bermain dari Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Bekasi, menahan remis GM Lu Shanglei (2615) dari Tiongkok. Hasil remis membuat pecatur 29 tahun ini mencatat total poin 6,5 dari sembilan babak, dan menempatkannya di ranking ke-6 klasemen akhir. Posisi Ervan cukup aman karena kejuaraan tersebut hanya meloloskan ranking 1-7 ke kejuaraan dunia.

GM Shamsidin Vokhidov (2529) dari Uzbekistan berhasil keluar sebagai juara dengan 7 poin. Vokhidov unggul tie-break dari pecatur Singapura, IM Jingyao Tin, di peringkat dua dengan poin sama.

Kejuaraan itu diikuti 82 pecatur dari 15 negara Asia plus Australia. Indonesia sendiri menyertakan sebanyak sembilan pecaturnya di kejuaraan itu. Tujuh di antaranya adalah pecatur yang sedang mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Catur menghadapi SEA Games ke-31 tahun ini di Vietnam.

Ervan yang sedang menjalani pelatnas tampil cukup stabil dan meyakinkan selama sembilan babak, dari lima grandmaster yang dihadapinya, Ervan mampu mencetak angka imbang dengan dua kali menang, sekali seri dan dua kali kalah. Dua GM yang dikalahkannya adalah GM Lei Tingjie (2505) dari Tiongkok dan GM Jakhongir Vakhidov (2533) dari Uzbekistan. Sekali seri didapat dari GM Lu Sanglei (2615) dari Tiongkok.

Sementara dua kekalahan dialami dari Grandmaster Uzbekistan lainnya, GM Javokhir Sindarov (2544) dan GM Nodirbek Yakubboev (2605).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penalti Benzema Gagal, Real Madrid Diimbangi Osasuna

Penalti Benzema Gagal, Real Madrid Diimbangi Osasuna

BOLA | 17 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings