Logo BeritaSatu

Pemerintah Pusat: Jaga, Rawat, dan Kelola dengan Baik Arena PON XX

Jumat, 11 Juni 2021 | 17:01 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) menyerahkan arena (venue) olahraga untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua. Pemerintah pusat meminta semua pihak menjaga, merawat, dan mengelola arena yang telah diserahkan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kempupera Diana Kusumastuti mengatakan, serah terima pengelolaan dilakukan sebagai upaya Kempupera agar venue yang telah selesai dibangun dapat segera dimanfaatkan dalam mendukung penyelenggaraan PON XX Papua.

“Saya menitipkan pesan kepada rekan-rekan Pemprov Papua untuk menjaga, merawat, dan mengelola seluruh aset yang telah diserahterimakan ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Jumat (11/6/2021).

Venue yang telah diserahterimakan itu dapat dimanfaatkan sebagai sarana latihan atlet Papua sebelum penyelenggaraan PON berlangsung. Bahkan setelah PON selesai juga dapat dipergunakan untuk kegiatan turnamen olahraga, baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Apabila pandemi Covid-19 telah usai, dengan kapasitasnya yang sangat memadai, Istora Papua Bangkit juga dapat dipakai untuk menggelar event konser musik. Sehingga harapannya, seluruh infrastruktur yang telah dibangun tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan prestasi atlet Papua, tetapi juga mendorong geliat ekonomi di Bumi Cendrawasih,” ujarnya.

Pemprov Papua melalui Sekretaris Daerah Dance Yulian Flassy menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat dalam pengembangan olahraga di Papua melalui pembangunan infrastruktur.

“Pekerjaan rumah kita adalah bagaimana memanfaatkan infrastruktur yang sudah baik ini dapat mendorong pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Papua yang lebih baik, Torang Bisa,” ujar Dance.

Dukungan
Seperti dilansir laman Sekretariat Kabinet, keempat arena olahraga yang telah diserahkan kepada Pemprov Papua, adalah Arena Aquatic dan Istora Papua Bangkit di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur; Venue Cricket; dan Lapangan Hoki (indoor dan outdoor) di kompleks olahraga Doyo Baru, Distrik Waibu di Kabupaten Jayapura.

Pembangunan prasarana olahraga sebagai dukungan penyelenggaraan PON Papua merujuk pada amanat Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2017 tentang Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua.

Arena aquatic mulai dibangun sejak Desember 2018 dengan alokasi anggaran sebesar Rp 401 miliar. Venue ini dilengkapi fasilitas pool sesuai standar Federasi Renang Internasional yang merupakan induk organisasi internasional olahraga renang.

Adapun Istora Papua Bangkit mulai dibangun sejak November 2018 dengan memanfaatkan lahan seluas 33.016 meter di kawasan Olahraga Kampung Harapan. Pembangunannya membutuhkan biaya APBN sebesar Rp 278,5 miliar.

Di kompleks ini dibangun Stadion Utama Papua Bangkit yang dilengkapi dengan fasilitas standar internasional dan sarana pendukung lain, seperti lapangan latihan/pemanasan dan area parkir.

Tepat pada HUT ke-75 RI, struktur bangunan Istora Papua Bangkit meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) untuk tiga kategori sekaligus.

Selanjutnya, pembangunan arena Cricket dan lapangan hoki yang berada di atas lahan seluas 133.509 meter persegi menggunakan anggaran Rp 288,3 miliar. Untuk arena hoki outdoor menerima sertifikasi dari Federasi Hoki Internasional pada 5 Agustus 2020 lalu, sebagai arena yang siap digunakan untuk pertandingan berskala Internasional.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Sudah Kontak Presiden FIFA

Presiden Jokowi mengaku sudah berbicara Presiden FIFA, Gianni Infantino terkait tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur yang menewaskan 131 orang.

NEWS | 5 Oktober 2022

KPK Jadwalkan Periksa Anak dan Istri Lukas Enembe Hari Ini

Tim penyidik menjadwalkan memeriksa anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe. Lukas diketahui menjadi tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi. 

NEWS | 5 Oktober 2022

Perkuat Ekosistem Gambut Berkelanjutan, KLHK Luncurkan IMPLI

KLHK meluncurkan IMPLI sebagai upaya memperkuat pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan ekosistem gambut berkelanjutan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Penampakan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Kompak Pakai Baju Tahanan

Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi kompak mengenakan baju tahanan menjelang pelimpahan berkas perkara dugaan pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Mahfud Targetkan Kurang 3 Minggu TGIPF Tuntas Usut Tragedi Kanjuruhan

Mahfud MD berharap TGIPF dapat mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan dalam waktu kurang dari tiga minggu.

NEWS | 5 Oktober 2022

HUT Ke-77 TNI, Jokowi Beri Penghargaan Bintang Jasa untuk 3 Prajurit

Presiden Jokowi memberikan penghargaan tanda kehormatan kepada 3 prajurit TNI yang dinilai telah menjalankan tugasnya melebihi tugas pokok.

NEWS | 5 Oktober 2022

Arkeolog Temukan Tumpukan Koin Emas 1.300 Tahun Lalu di Israel

Tumpukan koin emas tersembunyi selama lebih dari 1.300 tahun telah ditemukan kembali di Israel, menurut para arkeolog.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pengacara Sambo Sebut Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Sudah di Bareskrim

Pengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis mengatakan semua tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J, termasuk kliennya telah tiba di Bareskrim Polri.

NEWS | 5 Oktober 2022

PSI Usung Ganjar, Bambang Pacul: Pantas Enggak?

Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul menyindir PSI yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

NEWS | 5 Oktober 2022

KPK Telusuri Perjalanan Lukas Enembe ke Banyak Tempat Pakai Private Jet

KPK menelusuri perjalanan Gubernur Papua Lukas Enembe ke banyak tempat dengan menggunakan private jet.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Bertambah 50,1 Poin ke level 7.122 pada Jeda Siang

IHSG Bertambah 50,1 Poin ke level 7.122 pada Jeda Siang

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings