Logo BeritaSatu

Akhir Musim Balap 2021, Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP

Kamis, 5 Agustus 2021 | 22:28 WIB
Oleh : YUD

Spielberg, Beritasatu.com - Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi pada Kamis (5/8/2021) memutuskan akan mengakhiri kariernya sebagai pembalap MotoGP setelah musim 2021 usai.

"Seperti yang saya bilang, saya akan memutuskan masa depan saya ketika jeda musim panas. Saya memutuskan untuk berhenti pada akhir musim ini," kata Rossi di sesi jumpa pers virtual jelang Grand Prix Styria di Red Bull Ring, Austria.

Advertisement

"Sayangnya ini akan menjadi musim terakhir saya sebagai pembalap MotoGP.

"Sulit untuk mengatakan dan tahu bahwa tahun depan saya tidak lagi membalap di atas motor setelah kurang lebih 30 tahun, jadi tahun depan hidup saya akan berubah.

"Saya menikmatinya, ini perjalanan yang sangat panjang, sangat menyenangkan selama 25-26 tahun di kejuaraan dunia.

"Saya memiliki momen-momen tak terlupakan dengan tim saya dan mereka yang bekerja dengan saya. Tak banyak yang ingin saya katakan, hanya ini," kata pembalap berusia 42 tahun asal Italia itu.

Sebagai pembalap paling senior di grid MotoGP, Rossi menjadi satu-satunya pembalap dalam sejarah yang telah menang di kelas 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP dengan membawa pulang sembilan gelar.

Pembalap kelahiran Urbino, Italia, 42 tahun silam itu mendominasi MotoGP ketika membalap untuk Honda dan kemudian Yamaha, meraih lima titel secara beruntun sebelum dihentikan Nicky Hayden pada 2006.

The Doctor kembali ke puncak kejuaraan pada 2008 dan 2009, dan kemudian menelan pil pahit setelah dikalahkan rekan satu timnya di Yamaha Jorge Lorenzo pada 2010, lalu pindah ke Ducati.

Setelah naik hanya tiga kali podium selama dua musim yang berat bersama tim pabrikan Italia itu, Rossi kembali ke Yamaha pada 2013 dan meraih kemenangan pertamanya sejak tiga tahun terakhir di Assen.

Menjadi runner-up kejuaraan pada 2014, Rossi kembali bertarung untuk gelar di tahun berikutnya namun kembali dikalahkan oleh Lorenzo.

Pembalap bernomor 46 itu panen pole position, serta kemenangan dan finis podium pada 2016, namun ia kembali finis runner-up di akhir musim setelah kalah dari Marc Marquez untuk kedua kalinya.

Musim balapan 2020 menjadi tahun ke-15 bagi Rossi membela tim pabrikan Yamaha sebelum hijrah ke tim satelit Petronas Yamaha, menjadi rekan satu tim Franco Morbidelli.

Sedangkan tahun ini menjadi musim terberat bagi Rossi, dengan hanya satu finis peringkat sepuluh besar, yaitu ketika ia turun di Mugello, Italia.

Meski tidak akan lagi berada di grid, nama Valentino Rossi akan tetap meramaikan MotoGP lewat tim VR46 yang akan turun di kelas premier pada musim depan menggunakan mesin Ducati.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Infrastruktur JIS Dikeluhkan Penonton Konser Dewa 19, Heru: Kami Perbaiki

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono berjanji memperbaiki infrastruktur di kawasan Jakarta International Stadium (JIS) setelah dikeluhan penonton konser Dewa 19.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Turki, Vladimir Putin: Rusia Siap Berikan Bantuan

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/2/2023) menawarkan bantuan Rusia kepada Turki dan Suriah setelah gempa Turki dengan magnitudo 7,8.

NEWS | 6 Februari 2023

Dinkes DKI Temukan Dua Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkap dua temuan kasus baru gangguan ginjal akut di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Lukas Enembe, KPK Garap Plh Gubernur Papua Ridwan Rumasukun

Tim penyidik KPK memeriksa Plh Gubernur Papua Ridwan Rumasukun terkait kasus Lukas Enembe hari ini, Senin (6/2/2023). 

NEWS | 6 Februari 2023

Prabowo Puji Jokowi Lawan WHO soal Lockdown Saat Covid-19

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto memuji Presiden Jokowi yang mampu melawan tekanan dari WHO saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. 

NEWS | 6 Februari 2023

Respons Prabowo soal Perjanjian dengan Anies di Pilkada DKI

Prabowo Subianto merespons soal perjanjiannya dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta pada 2017.

NEWS | 6 Februari 2023

Pakar: Bharada E Seharusnya Dapatkan Pengurangan Tuntutan

Pakar hukum menilai bahwa Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E mendapatkan pengurangan tuntutan di kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

NEWS | 6 Februari 2023

Laksamana Yudo Margono Tugaskan PPRC TNI Berantas Separatis

Panglima TNI Yudo Margono menugaskan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat atau PPRC TNI memberantas berbagai macam tindakan melawan hukum, termasuk separatis. 

NEWS | 6 Februari 2023

Dangkal, Gempa Turki Sedalam 17,7 Km dengan Magnitudo 7,8

Gempa Turki yang dengan dahsyat yang mengguncang kawasan itu adalah gempa dangkal dengan kedalaman 11 mil atau 17,7 kilometer.

NEWS | 6 Februari 2023

Mengerikan! Video di Medsos Perlihatkan Detik-detik Aparteman Roboh Saat Gempa Turki

Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sebuah apartemen roboh setelah terjadi gempa berkekuatan M 7,8 di Turki

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OJK Tetapkan Dua Fokus Utama Pengawasan IKNB di 2023

OJK Tetapkan Dua Fokus Utama Pengawasan IKNB di 2023

EKONOMI | 17 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE