Logo BeritaSatu

Resmi Dipertandingkan di PON 2024, Persaingan Kickboxing Semakin Ketat

Selasa, 28 September 2021 | 19:29 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Pelaksanaan ekshibisi kickboxing di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 yang sukses digelar di Asrama Haji Jayapura, Papua, 22-23 September 2021 menjadi tonggak sejarah kebangkitan olahraga ini di Indonesia. Kini, kickboxing sudah masuk menjadi cabang olahraga (cabor) resmi yang dipertandingkan pada PON 2024 di Sumatera Utara (Sumut)-Aceh.

"Pengprov KBI DKI Jakarta mengapresiasi kinerja PP KBI di bawah pimpinan Pak Ngatino yang telah menyukseskan penyelenggaraan ekshibisi kickboxing di PON XX Papua. Kini, lembaran sejarah telah terukir di Bumi Cenderawasih sebagai jembatan kickboxing menuju cabor resmi PON XXI Sumut-Aceh," kata Ketua Pengprov KBI DKI Jakarta, Yoko Arthi Budiman di Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Advertisement

Perkembangan olahraga kickboxing yang sudah begitu menggurita di Tanah Air, kata Yoko, memang pantas menjadi cabor resmi dipertandingkan pada PON XXI Sumut-Aceh 2024. Hal ini bisa dilihat dari besarnya minat peserta. Tercatat 104 atlet kickboxing dari 17 provinsi yang bersaing memperebutkan 7 medali emas pada penampilan perdana di pesta olahraga akbar nasional empat tahunan.

"Luar biasanya minat peserta di pertandingan eksebisi PON XX Papua ini menjadi gambaran bakal ketatnya persaingan pada PON XXI Sumut-Aceh 2024. Laga ekshibisi ini akan menjadi bahan evaluasi bagi Pengprov KBI DKI Jakarta untuk menjawab tantangan ke depan," jelas Yoko Arthi Budiman.

Pengprov KBI DKI Jakarta memang harus berbenah karena, tim Ibu Kota yang berkekuatan 5 atlet hanya menempati posisi sebagai runner up dengan meraih 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Sedangkan gelar juara umum direbut Jawa Tengah dengan 3 emas dan 2 perunggu.

Satu-satunya medali emas DKI Jakarta disumbangkan Mepilda Sitohang yang mengalahkan Harma Yesti dari Kalimantan Timur dalam pertandingan di final ring sport-low kick putri 52 kg. Sedangkan 2 perak masing-masing diraih Adrian Matheis (ring sport-low kick putra 60kg) dan Yermias Yohanes Tanoy (ring sport-low kick putra 67 kg). Sementara 2 perunggu diraih lewat penampilan Abdul Haris Kamaruddin Talama (musical form-hardstyle putra) dan Salmri Stendra Patusamalllo (ring sport-low kick putra 51 kg).

Mengingat tantangan ke depan semakin ketat, Yoko Arthi Budiman berharap Dinas Olahraga DKI Jakarta dan KONI DKI Jakarta bisa memberikan perhatian dan dukungan terhadap kickboxing DKI Jakarta.

"Kita belum bisa memberikan hasil maksimal di pertandingan ekshibisi karena persiapan atas biaya sendiri. Dan, saya yakin jika diberikan dukungan pasti kita bisa lebih baik lagi pada PON XXI Sumut-Aceh 2024 karena cukup banyak bibit atlet kickboxing potensial di DKI Jakarta," ungkapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Seluruh Kecamatan di Jaksel Rawan Tawuran, Ini Daftarnya

Polda Metro Jaya membeberkan 10 kecamatan di Jakarta Selatan rawan tawuran. Terdapat 14 titik di 10 kecamatan itu yang kerap menjadi lokasi tawuran. 

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Suami Kapak Istri di Tangerang, Ayah Bantah Nani Selingkuh

Terkait kasus suami kapak istri di Tangerang, Naning Hermawan, ayah korban Nani Hermawan membantah anaknya selingkuh. 

NEWS | 5 Februari 2023

DPR Desak Polda Metro Jaya Cabut Status Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mendesak Polda Metro Jaya mencabut status tersangka Hasya Athallah Saputra yang tewas ditabrak AKBP (Purn) Eko Setia Budi.

NEWS | 5 Februari 2023

Begini Rekayasa Lalin Saat Resepsi 1 Abad NU di Sidoarjo

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Delta Sidoarjo saat puncak peringatan harlah 1 abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 5 Februari 2023

Resepsi 1 Abad NU, Pemkab Sidoarjo Siapkan 1.278 Toilet

Pemkab Sidoarjo melakukan sejumlah persiapan menjelang resepsi puncak peringatan Harlah 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama di Stadion Delta Sidoarjo. 

NEWS | 5 Februari 2023

Mesin Algoritma Deteksi 8 Sinyal Radio dari Luar Angkasa, Ilmuwan: Bisa Saja Alien

Sebuah mesin algoritma baru yang dioperasikan, telah mendeteksi delapan sinyal radio yang berasal dari lima bintang yang berjarak 30 hingga 90 tahun cahaya.

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Bripka Madih, DPR Sebut Masih Ada Oknum Pemeras di Polri

Kasus polisi peras polisi yang menimpa anggota Provos Bripka Madih kini tengah menyita perhatian publik luas.

NEWS | 5 Februari 2023

Ibu Muda di Jambi Jadi Tersangka Pelecehan Anak, Sudah Ada 17 Korban

Polisi menetapkan seorang ibu muda di Jambi sebagai tersangka pelecehan anak. Korban pelecehan ibu muda itu terus bertambah dan kini mencapai 17 anak. 

NEWS | 5 Februari 2023

Soal Balon Mata-mata Tiongkok di AS, Pakar: Ini Amatir!

Penerbangan balon mata-mata Tiongkok di atas udara Amerika Serikat telah menandai taktik spionase yang lebih agresif, meskipun ceroboh dan amatir.

NEWS | 5 Februari 2023

16.000 Pekerja Bakal Masuk IKN, Badan Otorita Segera Hapus Kode Pos 6 Kecamatan

Menjelang masuknya 16.000 pekerja ke IKN, Badan Otorita IKN akan menghapus kode pos enam kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Beras Pandan Wangi Tembus Rp 1 Juta di Jakarta

Harga Beras Pandan Wangi Tembus Rp 1 Juta di Jakarta

EKONOMI | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE