Logo BeritaSatu

PON Papua Berakhir, Jabar Juara Umum dan 55 Rekor Tercipta

Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:44 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berakhir hari ini, seiring acara penutupan digelar malam ini di Stadion Lukas Enembe. Sejak dibuka tanggal 2 Oktober lalu, ajang multievent empat tahunan ini menorehkan sejarah dan juga pemecahan 55 rekor.

Sukses Jawa Barat mempertahankan gelar juara PON dengan torehan 133 emas, 105 perak dan 115 perak. Prestasi ini mengulang capaian mereka ketika menjadi tuan rumah PON 2016.

Advertisement

Ini berarti Jabar sudah lima kali menjadi juara di PON. Meski demikian prestasi terbaik di PON masih didominasi DKI Jakarta dengan 11 kali juara.

Selain sukses Jabar, PON Papua juga menorehkan prestasi lain yakni 55 rekor baru yang diukir oleh para atlet di cabang olahraga akuatik, atletik, selam dan angkat besi.

Atletik

Pemecahan rekor terbanyak terjadi di cabang olahraga atletik PON Papua, di mana para atlet atletik memecahkan 11 rekor PON maupun rekor nasional.

Atlet Jawa Tengah, Atina Nur Kamil berhasil memecahkan rekor PON maupun rekor nasional lempar lembing, setelah mencatatkan lemparan sejauh 51,26 meter.

Pelari putri Sumatera Selatan, Sri Mayasari juga memecahkan rekor PON untuk nomor lari 400 meter putri. Sri mencatatkan rekor baru dengan waktu 53,32 detik, sehingga memecahkan rekor Emma Tahapary (54,20 detik) yang sempat tak terpecahkan selama 37 tahun.

Sprinter Putri Jawa Barat, Tyas Murtiningsih berhasil memcahkan rekor PON lari 100 meter putri atas nama Irene Truitje Joseph (11,73 detik) setelah sukses mencatat waktu 11,67 detik di babak kualifikasi lari 100 meter putri PON XX Papua yang digelar di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Rabu, 6 Oktober 2021.

PON Papua Berakhir, Jabar Juara Umum dan 55 Rekor Tercipta

Renang

Sementara itu, pada cabang akuatik, 22 rekor telah dibukukan di cabang olahraga renang. Perenang Papua, Farrel Armandio Tangkas, membuat rekor PON di nomor 200 meter gaya punggung putra. Adapun perenang DKI Jakarta, Gagarin Nathaniel, membuat dua rekor di nomor 200 meter dan 100 meter gaya dada putra. Perenang Jawa Timur, Adinda Larasati Dewi, juga mencatatkan dua rekor sekaligus di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri dan nomor 800 meter gaya bebas putri.

PON Papua Berakhir, Jabar Juara Umum dan 55 Rekor Tercipta

Atlet renang asal DKI Jakarta, Gagarin Nathanael Yus.

Rekannya sesama perenang putri Jawa Timur, Patrisia Yosita Hapsari, membukukan rekor PON dan nasional di nomor 100 meter gaya bebas putri. Perenang putri DKI Jakarta, Angel Gabriel Yus, memecahkan rekor PON dan nasional di nomor 50 meter gaya kupu-kupu putri.

Angkat Besi

Sementara dari cabang angkat besi, 17 rekor sudah dipecahkan. Sebanyak tiga atlet telah mencatatkan hattrick rekor. Di antaranya atlet putri Jawa Barat, Tsabita Alfia R, yang memecahkan rekor kelas 67 kg putri dengan total angkatan 212 kg, snatch (97 kg) dan Clean and Jerk (115 kg).

Sementara itu, atlet putra Sulawesi Selatan yang meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Rahmat Erwin Abdullah, juga membuat rekor di kelas 81 kg dengan total angkatan seberat 340 kg, snatch (150 kg) dan clean and jerk (190 kg).

Rekor angkat besi dari dua atlet tersebut juga diikuti oleh lifter Jawa Barat, Carrel Julius, yang memecahkan rekor di kelas 109 kg dengan angkatan 333 kg, snatch (148 kg) dan clean and jerk (185 kg).

PON Papua Berakhir, Jabar Juara Umum dan 55 Rekor Tercipta

Carel Julius

Selam

Para atlet cabang olahraga selam memecahkan lima rekor. Tim selam Jawa Timur menunjukkan dominasi mereka, karena para atlet mereka memecahkan empat rekor selam sepanjang berlomba dalam PON XX Papua.

PON Papua Berakhir, Jabar Juara Umum dan 55 Rekor Tercipta

Verry Dwi Irjayanto atlet Selam Laut Putra Papua

Banyaknya rekor yang pecah ini mendapat apresiasi dari Menpora Zainudin Amali. Apalagi mengingat PON digelar di tengah masa pandemi.

"Ini luar biasa semangat dari para atlet di tengah situasi pandemi, tetapi masih bisa melakukan pemecahan rekor," kata Menpora Zainudin Amali dilansir dari situs resmi Kemenpora.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PDUI Minta Masyarakat Bijak Pilih Kemasan Pangan

PDUI meminta masyarakat agar lebih bijak memilih kemasan pangan yang aman untuk menghindari bahaya keracunan EG dan DEG.

NEWS | 29 Januari 2023

Tandan Pisang Setinggi 2 Meter Hebohkan Warga Kudus

Warga di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dibuat heboh dengan adanya tandan pisang yang menjulur dari atas sampai ke bawah setinggi 2 meter.

NEWS | 29 Januari 2023

Jembatan Putus, 4 Anggota TNI dan Polri Hilang di Sungai Digoel Papua

Tiga anggota Polri dan satu anggota TNI dikabarkan hilang di Sungai Digoel, Distrik Iwur Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jalur Semarang-Grobogan Ambles Sepanjang 25 Meter

Jalur utama yang menghubungkan antara Kabupaten Grobogan dengan Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Gubug, Grobogan, ambles.

NEWS | 29 Januari 2023

7 Pelaku Perusakan Bus Persis Solo Ditangkap Polisi

Polres Tangerang Selatan menangkap tujuh suporter yang diduga pelaku perusakan bus Persis Solo usai pertandingan melawan Persita Tangerang, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Masuki Peralihan Musim, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca pada saat peralihan musim.

NEWS | 29 Januari 2023

Pura-pura Hendak Salat Duha, Pasangan Suami Istri Curi Kotak Amal Terekam CCTV

Pasangan suami istri yang berpura pura hendak menjalankan salat Duha terekam kamera pengawas CCTV mencuri uang dalam kotak amal masjid.

NEWS | 29 Januari 2023

Serahkan Diri, Sopir Audi Tersangka Penabrak Mahasiswi Cianjur Diperiksa Polisi

Sopir Audi A6 berinisial SG, tersangka kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini sedang diperiksa Polres Cianjur. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan lebat selama tiga hari ke depan.

NEWS | 29 Januari 2023

Banjir di Jalan Bangun Nusa Raya Cengkareng karena Drainase Buruk

Banjir yang kerap melanda Jalan Bangun Nusa Raya, Cengkareng, Jakarta Barat disebabkan sistem drainase yang buruk.  

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

EKONOMI | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE