Logo BeritaSatu

HUT ke-70, PP Perbasi Bidik ke FIBA World Cup 2023

Minggu, 24 Oktober 2021 | 12:16 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Bogor, Beritasatu.com - Hari ulang tahun (HUT) PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) ke-70 dirayakan dengan penuh keakraban. Ajang ini menjadi momen kangen-kangenan sesama pengurus federasi bola basket Indonesia sejak awal 2020 dilarang ngumpul akibat pandemi Covid 19.

Perayaan secara sederhana di Villa Robinson Cisarua Resort Bogor, Jawa Barat, ditutup dengan "konser" Ketum PP Perbasi Danny Kosasih dengan menyanyikan lagu Gereja Tua yang populerkan Panbers dan Sekjen yang membawakan lagu Jangan Ada Dusta di Antara Kita milik Broery Marantika pada Sabtu malam (23/10/2021).

Advertisement

Para pengurus yang hadir di acara malam itu hanyut ikut bernyanyi bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan sumbang lagi dari pengurus lain kemudian potong tumpeng nasi kuning dan makan bersama. Acara syukuran ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun PP Perbasi oleh pengurus yang dilakukan pada 22 hingga 24 Oktober 2021.

Sebelum puncak acara itu, para pengurus menggelar rapat pleno. Rapat ini membahas organisasi dan menghasilkan beberapa program spektakuler yang akan diputar tahun ini yang berlanjut tahun depan. Program tersebut dipaparkan kepada publik melalui konferensi pers usai rapat pleno.

"Rapat Pleno berjalan lancar ada beberapa program yang telah diputuskan dan disetujui. Seperti rangkaian kegiatan HUT ke-70 Perbasi yang akan dilaksanakan di Senayan dan memunculkan beberapa program baru, seperti Basket Indonesia Bergerak. Kemudian untuk bidang organisasi akan dilakukan sedikit perubahan dengan memasukan komisi FIBA World Cup," jelas Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangannya Minggu (24/10/2021).

Danny menyatakan, program yang dibahas dalam rapat pleno akan dilakukan selambatnya 2 bulan ke depan. Target besar untuk timnas, akan mempersiapkan Timnas Elite proyeksi FIBA World Cup 2023. Awal bulan depan akan training camp ke Amerika Serikat untuk kemudian pertandingan jumpa Lebanon dalam Kualifikasi FIBA World Cup 2023 untuk window pertama pada 26 dan 29 November 2021.

Namun demikian, Danny menegaskan bahwa target tembus 8 besar FIBA Asia Cup tahun depan tetap menjadi harga mati. Ini bisa menjadi jalur lain menembus putaran final FIBA World Cup 2023 selain melalui kualifikasi. Mendukung target ini, PP Perbasi juga sudah membentuk Timnas Elite Muda yang difungsikan sebagai penyedia pemain muda berkualitas untuk dipilih coach Timnas Bolabasket Indonesia Rajko Toroman. Saat ini juga baru saja selesai seleksi tahap pertama dan akan dilakukan seleksi tahap berikutnya.

"Nantinya, materi pemain bisa dipakai coach Toro dan status pemain belum terikat dengan klub IBL," jelas Danny.

Nah, agar dukungan publik melimpah dalam penyelenggaraan FIBA World Cup 2023, PP PERBASI meluncurkan program Basket Indonesia Bergerak. Melalui pogram ini masyarakat Indonesia bisa demam bola basket. Rencananya dieksekusi mulai tahun 2022 dengan menyentuh lapisan masyarakat hingga pelosok di 80 kota di seluruh Indonesia.

"Konsepnya, selain untuk demamkan masyarakat terhadap bola basket, program ini untuk menambah jam terbang para pebasket muda. Pelaksanaannya mengambil waktu saat weekend, Jumat sampai minggu. Minimal satu kota diikuti 10 tim dengan usia atlet di bawah 22 tahun. Toyal akan melibatkan 12 atlet. Waktu kompetisi minimal tiga bulan, sehingga waktu bermain cukup banyak. Teknisnya nanti akan koordinasi dengan Pengprov," terang Waketum Bidang Pembinaan dan Prestasi George.

Pada perayaan ulang tahun kali ini juga dimanfaatkan untuk mentransformasi PP Perbasi menjadi lebih profesional. Salah satunya dengan merapihkan administrasi organisasi. Kemudian melakukan rebranding PP Perbasi dalam marketing. Dengan membuat logo baru kegiatan dan menyegarkan sosial media. Tujuannya menambah awareness kepada publik terhadap perhimpunan basket.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Jokowi Semadi hingga Serial Killer Wowon

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersemadi, kasus serial killer Wowon Cs, dan kasus mahasiswi ditabrak mobil diduga rombongan polisi menjadi berita terpopuler.

NEWS | 27 Januari 2023

BMKG Ingatkan Pemda Waspada Karhutla

BMKG mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk waspada dan siap-siaga menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

NEWS | 27 Januari 2023

Menag Minta Dana Pengembangan Madrasah Dikelola Profesional

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta dana pengembangan madrasah dikelola profesional dan hati-hati.

NEWS | 27 Januari 2023

Hakim Dinilai Layak Kurangi Hukuman Richard Eliezer

Hakim layak memberikan keringanan hukum kepada terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Sidang Obstruction of Justice Hari Ini, Hendra Kurniawan Cs Hadapi Tuntutan

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menggelar sidang tuntutan terhadap para terdakwa Obstruction of Justice (ooj).

NEWS | 27 Januari 2023

Jadwal Perempat Final Indonesia Masters Hari Ini, Ada Jojo dan Bagas/Fikri di Awal

Aksi Jonatan Christie alias Jojo dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bakal mengawali babak perempat final turnamen Indonesia Masters 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, menyatakan dirinya diperalat mantan atasannya Ferdy Sambo.

NEWS | 27 Januari 2023

Kecelakaan Beruntun di Lintas Padang Panjang-Bukittinggi, 3 Tewas

Tiga orang tewas dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan di Jalan Lintas Padang Panjang-Bukittinggi.

NEWS | 27 Januari 2023

PBB Ungkap Budidaya Opium di Myanmar Meningkat sejak Junta Berkuasa

PBB mengungkap adanya peningkatan signifikan dalam budidaya opium di Myanmar, setelah junta militer mengambil alih kekuasaan.

NEWS | 27 Januari 2023

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa Asia Dibuka Positif Mengikuti Pergerakan Wall Street

Bursa Asia Dibuka Positif Mengikuti Pergerakan Wall Street

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE