Logo BeritaSatu

Piala Presiden Esports 2021 Tambah Slot Gim Lokal

Kamis, 4 November 2021 | 09:01 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Piala Presiden Esports 2021 dinilai menjadi momentum kebangkitan industri gim (game) lokal. Terbukti, ajang ini memprioritaskan gim buatan dalam negeri dengan menambah slot pertandingan gim lokal.

Panitia Piala Presiden Esports 2021 telah memasukkan Lokapala sebagai gim lokal. Terbaru, kini ajang tersebut juga akan mempertandingkan gim Battle of Satria Dewa besutan Semisoft & BANG Indonesia yang ber-genre multiplayer online battle arena (MOBA).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Piala Presiden Esports 2021, Matthew Airlangga mengatakan penambahan gim besutan Semisoft & BANG Indonesia tersebut merupakan upaya strategis dalam membawa gim lokal agar mendapatkan panggung terbaik di kancah esport nasional.

"Bagi kami ini merupakan prioritas untuk memberikan ruang bagi gim lokal. Salah satu langkah konkritnya, per hari ini ada dua gim lokal di Piala Presiden Esports 2021, selain pertama Lokala, kemudian yang kedua adalah Battle of Satria Dewa," kata dia dalam jumpa pers virtual, Rabu (3/11/2021).

Ini menurut Airlangga membuktikan bahwa gim lokal mendapatkan kesempatan yang sama besar dengan gim mancanegara, dan bisa mendapatkan eksposur dari sisi kompetisi dan kualitas turnamen.

Henry William Winata dari Semisoft dan BANG Indonesia selaku developer Battle of Satria Dewa mengaku keterlibatan di Piala Presiden Esports merupakan sebuah kesempatan besar untuk membuktikan diri sekaligus meraih potensi market di ekosistem esports nasional.

"Ini merupakan sebuah lompatan bagi kami. Karena mengembangkan gim saja itu cukup sulit, kemudian untuk menjualnya juga tantangan yang tidak mudah. Ajang ini tentu kesempatan bagi kami untuk semakin mempopulerkan Battle of Satria Dewa," ungkap Henry.

Sementara itu Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Neil El Himam menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan game buatan anak bangsa.

Dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang dibina oleh Kemenparekraf, game menunjukkan pertumbuhan yang positif di tengah situasi pandemi Covid-19. Meski demikian, masih banyak tantangan yang harus diatasi demi pengembangan game lokal yang maksimal. Diperlukan keterlibatan lintas sektoral dari pemerintah, developer game, serta pelaku industri gim lokal yang tersinergi dengan baik.

"Gim-gim Indonesia banyak diminati di luar negeri, misalnya saat kemarin kami membawa sejumlah gim lokal ke gim Connection America. Banyak pihak yang tertarik untuk mem-publish gim-gim Indonesia serta melakukan investasi. Menurut Game Cons, 30 gim terbaik di Asia salah satunya datang dari Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas gim kita sudah cukup baik," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Habiburokhman: RUU KUHP Penting untuk Segera Disahkan

Habiburokhman: RUU KUHP Penting untuk Segera Disahkan

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings