Logo BeritaSatu

Ini Penyebab GP Arab Saudi Sempat Dihentikan  

Senin, 6 Desember 2021 | 09:00 WIB
Oleh : JAS

Jeddah, Beritasatu.com - Grand Prix Formula 1 di Jeddah, Arab Saudi, sempat ditangguhkan setelah 13 putaran karena salah satu pagar pembatas di Sirkuit Corniche rusak menyusul kecelakaan yang dialami pembalap Haas, Mick Schumacher.

Putra dari Michael Schumacher itu mengalami kecelakaan di tikungan 23 dalam kecepatan yang cukup tinggi sehingga safety car dikeluarkan untuk pertama kalinya.

Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, yang start P1 dan P2, memanfaatkan periode safety car pertama itu untuk pitstop berganti ban hard sedangkan Red Bull memilih membiarkan Verstappen di trek demi posisi terdepan.

Tiga lap berselang, race director memutuskan untuk menghentikan sementara balapan untuk melakukan perbaikan pagar pembatas yang mengalami kerusakan setelah tabrakan.

Hal itu menguntungkan Verstappen karena para pembalap diperbolehkan berganti ban baru selama periode jeda itu dan ia memiliki keuntungan di posisi terdepan.

Setelah restart, Hamilton mencuri pimpinan lomba namun di tikungan pertama Verstappen mengambil sisi luar demi merestorasi posisinya sedangkan Esteban Ocon merangsek ke P2.

Sementara sejumlah pembalap di belakang terlibat tabrakan, seperti ketika Charles Leclerc menyenggol ban belakang mobil Sergio Perez sehingga Nikita Mazepin dan George Russell terkena imbasnya karena berupaya melakukan manuver menghindar.

Belum genap satu lap, balapan dihentikan lagi.

Di periode red flag kedua, race director Michael Masi memutuskan mengirim Verstappen ke posisi start ketiga karena manuver ilegalnya ketika restart. Dia pun menjalani restart kedua di belakang Ocon dan Hamilton.

Verstappen memiliki peluang mengunci gelar juara dunia pertamanya setelah tiba di Jeddah dengan keunggulan delapan poin dari Hamilton di klasemen.

Sang pembalap Red Bull melewatkan kesempatan emas meraih pole position setelah menabrak pagar pembatas tikungan terakhir di upaya finalnya di babak kualifikasi pada Sabtu sehingga harus puas start dari P3 di belakang duet Mercedes yang mengunci baris terdepan.

Red Bull memutuskan tak mengganti girboks mobil Verstappen menyusul benturan itu demi menghindari penalti mundur lima posisi grid.

Pembalap tim Mercedes Lewis Hamilton akhirnya keluar sebagai juara balap F1 di GP Arab Saudi ini. Dengan demikian, gelar juara dunia F1 musim balapan 2021 ini bakal ditentukan pada seri terakhir di Abu Dhabi, pekan depan.

Hamilton dan Max Verstappen (Red Bull) yang finis di posisi dua, kini sama-sama mengoleksi 369,5 poin. Hamilton mendapat poin sebagai juara balapan, dan poin dari catatan waktu tercepat di lintasan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cegah Banjir, DKI Keruk Lumpur Sungai Serentak di 5 Wilayah

Dinas SDA DKI mengeruk sedimen lumpur dan sampah di sejumlah sungai dan waduk serentak di lima wilayah Jakarta sebagai upaya mencegah banjir

NEWS | 27 September 2022

Jakarta Innovation Days, Ajang DKI Unjuk Gigi Capaian Kinerja

Jakarta Innovation Days menjadi ajang DKI untuk memublikasikan capaian program kerja yang telah dikerjakan dalam waktu lima tahun ke belakang

NEWS | 27 September 2022

DPRD Ingin Kajian Trem Kota Bogor Sesuai Tata Ruang

DPRD mendesak Pemkot Bogor untuk lebih mematangkan kembali soal kajian rencana strategi transportasi di Kota Bogor, terkait pembangunan trem

NEWS | 27 September 2022

Putri Bungsu Mantan PM Thailand Thaksin Unggul di Jajak Pendapat

Putri bungsu mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra, telah muncul sebagai calon utama perdana menteri dalam jajak pendapat.

NEWS | 27 September 2022

KPK Dinilai Tepat Seret Lukas Enembe Meski Belum Pernah Diperiksa

Langkah KPK menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka dinilai tepat meski politikus Partai Demokrat itu belum diperiksa

NEWS | 27 September 2022

Trem Dinilai Tepat untuk Kebutuhan Masyarakat Kota Bogor

Trem, menurut pengamat perkotaan, Yayat Supriatna, cocok dengan kebutuhan masyarakat perkotaan seperti Kota Bogor.

NEWS | 27 September 2022

Anies: Hampir 100% Warga DKI Tinggal Dekat dengan Taman

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, menyebutkan, hampir 100% warga Jakarta tinggal dekat dekat dengan taman.

NEWS | 27 September 2022

Uji Coba Melindungi Bumi, Wahana NASA Berhasil Tabrak Asteroid

Wahana NASA DART menabrak asteroid Dimorphos yang menjadi ujian bersejarah umat manusia untuk mencegah objek kosmik menghantam bumi.

NEWS | 27 September 2022

PKS Sebut Anies Diterima Nasdem dan Demokrat sebagai Capres

Juri Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan PKS, Nasdem dan Demokrat telah sepakat untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024.

NEWS | 27 September 2022

63,2 Juta Orang di Indonesia Terima Vaksinasi Dosis Ketiga

Sebanyak 63.234.035 orang Indonesia dari kelompok masyarakat umum sudah menerima vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama Covid-19.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kaesang Pangarep: 70% Uang Saya Diinvestasikan di Saham

Kaesang Pangarep: 70% Uang Saya Diinvestasikan di Saham

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings