Logo BeritaSatu
GP F1 Abu Dhabi

Taktik Slipstreaming Red Bull di Kualifikasi Tanpa Cacat

Minggu, 12 Desember 2021 | 07:34 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Abu Dhabi, Beritasatu.com - Mercedes bisa belajar dari taktik slipstreaming "tanpa cacat" yang ditunjukkan Red Bull saat kualifikasi untuk Grand Prix (GP) Formula 1 (F1) Abu Dhabi, kata kepala timnya Toto Wolff. Menurut pembalap Red Bull, Max Verstappen, ia dan rekan setimnya Sergio Perez melakukan taktik tersebut tanpa pernah latihan sebelumnya di lintasan.

Namun dia tidak percaya Verstappen meraih posisi terdepan di kualifikasi Sabtu (11/12/2021) sepenuhnya berkat bantuan “derek” yang dia terima dari rekan setimnya Perez.

Lewis Hamilton meraih posisi kedua di grid, tiga persepuluh detik di belakang Verstappen, tanpa menggunakan slipstream dari rekan setimnya Valtteri Bottas.

“Bagi kami, saya ingin Valtteri fokus untuk mendapatkan (waktu putaran) terbaiknya,” kata Hamilton. “Kami bekerja sebagai tim dalam hal Valtteri perlu menyelesaikan pekerjaan terbaik untuk dirinya sendiri sehingga dapat membuat kami berdua meraih hasil setinggi mungkin. Jadi itu tidak pernah menjadi sesuatu yang kami diskusikan atau kami kerjakan.”

Wolff menjelaskan mengapa Mercedes menghindari taktik serupa dengan Red Bull di masa lalu. “Kami umumnya memiliki keyakinan bahwa slipstreaming yang Anda dapatkan di trek lurus, Anda kalah di tikungan karena terlalu dekat dan sangat sulit untuk diatur.”

Baca Juga: Max Verstappen Rebut Pole Position GP Abu Dhabi

Slipstream sangat bermanfaat bagi mobil F1 yang berada di belakang. Karena aliran udara yang dikeluarkan mobil terdepan akan menimbulkan tekanan lebih rendah dan berdampak kepada downforce mobil di belakang.

Untuk slipstream, fenomena ini akan aktif pada kondisi trek lurus, namun tidak di tikungan. Saat melaju pada trek lurus, mobil tidak terlalu membutuhkan downforce atau gaya tekan ke bawah. Dengan downforce yang minim, mobil bisa melaju di trek lurus dengan lebih cepat.

Pada kualifikasi sesi ketiga (Q3) kemarin, Perez yang berada di posisi depan, memberi bantuan slipstream ke Verstappen hingga menuju tikungan sembilan, melewati beberapa zona akselerasi yang panjang. Kemudian pembalap Meksiko itu melambat untuk memungkinkan rekan setimnya melaju tanpa hambatan melewati tikungan yang tersisa.

“Saya pikir Red Bull melakukannya dengan sempurna hari ini dan sangat menghargai mereka bagaimana mereka melakukannya dan itu memberi mereka keuntungan,” ujar Wolff. “Tapi itu bukan alasan mengapa kami tertinggal”.

Verstappen juga tidak percaya bahwa taktik slipstream adalah kunci utamanya meraih posisi start terdepan. “ (Taktik) Itu dibahas sebelum kualifikasi,” jelasnya. “Itu dieksekusi dengan sangat baik juga”.

“Tapi itu bukan apa pun, saya mungkin mendapatkan sepersepuluh detik menjelang tikungan sembilan, itu bukan di trek lurus yang sangat panjang. Namun demikian Checo (Perez) adalah rekan setim yang hebat dan juga senang bekerja sama. Jadi tentu saja, terima kasih yang sebesar-besarnya juga untuknya”.

Pembalap Red Bull melakukan taktik itu tanpa mempraktikkannya di trek menjelang kualifikasi, “Checo dan saya berkata kepada diri kami sendiri bahwa kami percaya diri untuk melakukannya hanya untuk satu putaran. Dan, itulah yang kami lakukan.”



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: f1.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Adik Ipar Presiden Jokowi

Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Adik Ipar Presiden Jokowi

NEWS | 17 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings