Logo BeritaSatu

Bersiap FIBA Asia Cup, Perbasi Gelar Indonesia Basketball Festival 2022

Selasa, 4 Januari 2022 | 21:35 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka menyambut FIBA Asia Cup yang bergulir di Istora Senayan, Jakarta pada Juli 2022 mendatang, Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) kini menghadirkan kompetisi Indonesia Basketball Festival (IBF).

Junas Miradiarsyah selaku ketua panitia pelaksana FIBA Asia Cup 2022 menjelaskan ajang ini merupakan kompetisi basket yang ditujukan sebagai pemanasan masyarakat menuju kompetisi bola basket paling bergengsi se-Asia tersebut.

Advertisement

IBF 2022 yang mulai bergulir pada 7 Januari nanti akan diadakan di lima kota yakni Mimika, Bali, Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta.

“Sebetulnya banyak sekali kota potensial di Indonesia cuma satu waktu dan kedua berpikir efektif dan efisien sehingga kami tetapkan dari sisi potensi pemainnya,” terang Junas dalam konferensi pers secara daring, Selasa (4/1/2022).

“Kami tahu Papua, Surabaya, Bali, Yogya, Jakarta, bisa dibilang kota dengan pemain cukup Besar. Kita lihat dari liga sendiri banyak sekali pemain-pemain yang berasal dari kota-kota tersebut,” sambungnya.

Khusus untuk kota Mimika, Junas menjelaskan bahwa kota itu dipilih karena sebelumnya sukses dalam menggelar Pekan Olahraga Nasional 2021 Papua.

Untuk itu, pihaknya coba melanjutkan kesuksesan PON dengan menggelar IBF dan memberikan kesempatan kepada masyarakat Papua khususnya yang berada di Mimika untuk berkompetisi atau merasakan kemeriahan lainnya.

“Lalu pertimbangan lainnya, kami datangkan ke Mimika karena kami tahu ada PON sebelumnya. Kami lihat setelah ajang olahraga, kalau bisa berkesinambungan. PON luar biasa, yang di dalamnya ada basket. Jadi jika ada kesempatan melanjutkan ajang seperti itu akan baik,” pungkasnya.

Dari kota-kota yang diselenggarakan nanti, pihaknya berharap ada talenta terbaiknya. Meskipun kompetisi ini hanya memainkan usia 19-22 tahun, tapi dirasa itu adalah bibit yang sudah setengah jadi untuk diharapan ke depan menjadi pemain tim nasional.

Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih mengatakan, IBF adalah ajang dimanfaatkan untuk mengkampanyekan olahraga bola basket ke seluruh pelosok Indonesia, jelang Piala Asia FIBA 2021. Dia pun berharap kompetisi ini bisa mematangkan pebasket-pebasket muda yang ada di Tanah Air.

"IBF ini tujuannya adalah untuk menggelorakan dan mengawali pertandingan Piala Asia FIBA 2021 yang akan diselenggarakan di Istora pada Juli nanti. Kenapa usianya 19-22? Karena ini adalah bibit yang setengah matang tapi ini adalah usia usianya sangat kurang dari pembinaannya. Kami harapkan kompetisi kategori umur ini akan mematangkan semua atlet muda,” kata Danny.

Seperti diketahui, selain menghadirkan kompetisi bola basket untuk usia 19-22 tahun, IBF juga memberikan pengalaman lainnya seperti menghadirkan pemain-pemain legenda, coaching clinic, meet and greet dan bazar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Luhut Minta Semua Elemen Sukseskan F1 Powerboat Danau Toba 2023

Menurut Luhut, ajang F1 Powerboat Danau Toba 2023 harus dipromosikan dengan baik, guna menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bisa dan hebat.

SPORT | 3 Februari 2023

MotoGP: Tak Mau Frustrasi, Marc Marquez Akui Honda Kini Bukan Favorit Juara

Akankah performa motornya dan kembalinya Marc Marquez dari cedera memungkinkan dia untuk memperebutkan gelar MotoGP musim ini?

SPORT | 3 Februari 2023

Jika Tak Diberi Motor Bagus, Marc Marquez Ancam Tinggalkan Honda

Pada awal tahun 2020, Marc Marquez menandatangani perpanjangan kontrak empat tahun dengan Honda untuk membawanya hingga akhir tahun 2024.

SPORT | 3 Februari 2023

Lifter Luluk Diana dan M Husni Lolos Seleknas SEA Games 2023

Bidang Pembinaan Prestasi PABSI, Hadi Wihardja mengatakan, hasil Seleknas ini membuktikan bahwa pembinaan angkat besi di daerah kian merata.

SPORT | 3 Februari 2023

Hadapi Vietnam, Tim Piala Davis Indonesia Siap Tempur

Tim Piala Davis Indonesia yang diperkuat Christopher Rungkat tengah bersiap menghadapi Vietnam di babak play off Grup Dunia II.

SPORT | 3 Februari 2023

Jadwal Proliga Hari Ini, Ada Pertamina vs Bhayangkara

Dalam jadwal Proliga hari ini, Jumat (3/2/2023), salah satu pertandingan menarik, adalah Pertamina vs Bhayangkara.

SPORT | 3 Februari 2023

3 Laga One Friday Fights 3 yang Layak Dinanti Jumat Ini

Ada tiga laga lintas disiplin yang diprediksi akan berlangsung eksplosif pada One Friday Fights 3 akan kembali digelar pada Jumat malam (3/2/2023) ini.

SPORT | 3 Februari 2023

Thailand Masters: 9 Wakil Indonesia Tampil, Ganda Putra Pastikan 1 Tiket Semifinal

Indonesia memastikan satu tiket semifinal Thailand Masters setelah dua pasangan ganda putra, Fikri/Bagas dan Rayhan/Rahmat bertemu hari ini.

SPORT | 3 Februari 2023

PLN Mobile Proliga 2023: Samator Tak Berdaya Hadapi STIN BIN di Gresik

Surabaya BIN Samator tidak berdaya menghadapi Jakarta STIN BIN pada lanjutan kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023 di Gresik.

SPORT | 3 Februari 2023

Juara Bertahan Lavani Awali Putaran Kedua Proliga 2023 dengan Kemenangan

Juara bertahan Jakarta Lavani Allo Bank mengawali putaran kedua kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023 dengan kemenangan.

SPORT | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Mutasi Perwira


# Ganjar


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Apa Itu Cap Go Meh, Perayaan Setelah Tahun Baru Imlek? Ini Jawabannya

Apa Itu Cap Go Meh, Perayaan Setelah Tahun Baru Imlek? Ini Jawabannya

LIFESTYLE | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE