Logo BeritaSatu

Ketua Umum Klaim Kondisi Keuangan PBSI Sangat Baik

Selasa, 11 Januari 2022 | 16:30 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Agung Firman Sampurna bersuara keras. Dia menampik tudingan bahwa absennya para pemain Indonesia dari sejumlah turnamen internasional karena persoalan dana. Nakhoda organisasi bulutangkis nasional mengeklaim keuangan PBSI saat ini dalam kondisi sangat baik.

"Keuangan kita saat ini sangat baik, bukan hanya baik. Kontrak kami dengan dua sponsor utama adalah empat tahun," tegas Agung di sela-sela Seleksi Nasional (Seleknas) PBSI 2022 di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Senin (10/1/2022).

"Bagaimana ceritanya kita tidak punya dana hanya untuk mengirim pemain ke luar negeri. Untuk menggelar kejuaraan seperti Indonesia Badminton Festival (IBF) di Bali lalu yang dananya puluhan kali lebih besar saja mampu. Masak cuma mengirim pemain tidak mampu," tambahnya.

Apalagi, dituturkan Agung, kucuran dana dari pemerintah yang rutin setiap tahun diterima juga mengalami peningkatan. Selain itu, harus dipahami bahwa dengan prestasi dan keberhasilan penyelenggaraan turnamen internasional IBF di Bali yang sukses luar biasa lalu, kini sejumlah dunia usaha mulai mengantri menjadi sponsor baru PBSI.

"Bisa saya sampaikan, dengan catatan prestasi tersebut, kini mulai mengantre sponsor-sponsor baru untuk mendukung PBSI. Jadi daripada bikin masalah dan ribut-ribut, bagi dunia usaha yang mau ikut, lebih baik mengajukan kepada kami untuk jadi sponsor," ucap Agung.

Hanya saja, menurut Agung, dunia usaha yang tertarik mau menjadi sponsor jangan mengatur. Posisinya hanya sebagai sponsor. Sementara operator dan sekaligus regulator tetap berada di tangan PBSI. “Silakan bagi yang mau ikut corporate branding, akan diberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siapa pun,” sebut Agung.

"Karenanya untuk melakukan character assassination, baik yang ditujukan kepada saya atau pun dengan menjelekkan PBSI, tidak akan menghalangi apa pun yang terus kami lakukan. Secara organisasi kita akan makin solid dengan sistem pendanaan yang lebih mandiri. Dengan tata kelola yang makin transparan dan akuntabel, hal ini akan mendukung kelanjutan pembinaan. Saya yakin, prestasi PBSI akan jadi tambah baik ke depannya," tegasnya.

Dengan dukungan yang makin baik ini, Agung optimistis, hal tersebut juga akan men-couragement bagi para pemain yang memilih bulutangkis sebagai profesi. Ke depan, secara bertahap bulutangkis tak hanya sekadar olahraga prestasi, tetapi juga akan didorong agar bertransformasi menjadi industri. Ini sesuai dengan visi-misi PP PBSI periode 2020-2024 yang dipimpinnya.

Bonus Piala Thomas
Menyangkut polemik seputar bonus untuk tim juara Piala Thomas, juga sudah beres. PBSI sudah bertemu dengan pemain. Para pemain juga tetap mendapat porsi bonus terbesar. Cuma, Agung mengingatkan di balik sukses pemain ada peran dari pelatih dan tim pendukung.

"Tidak ada atlet yang bisa berprestasi tanpa kehadiran pelatih, juga jangan lupakan dukungan tim ofisial. Cuma, tetap porsi yang terbesar tentunya diberikan kepada atletnya," tegas Agung.

"Persoalan bonus sudah selesai. PBSI sudah kumpul dengan teman para pemain. Mereka sudah ketawa-ketawa. Memang selama ini banyak berbagai macam cerita-cerita ngawur. Saya paham itu cerita muncul dari mana," tutur Agung.

Ditambahkan Agung, menyangkut apresiasi dari pemerintah lewat Kemenpora dan BNI selaku sponsor utama, PBSI cukup transparan dan nanti akan ada laporan yang diaudit. "Dan yang pasti, tidak ada satu pun pengurus ini yang ikut menikmati hadiah tersebut," pungkas Agung.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketua KOI: Sukses SEA Games Berkat Kerja Keras Semua

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari menyebut kesuksesan Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam adalah buah kerja keras atlet dan dukungan penuh stakeholder.

SPORT | 24 Mei 2022

Ini yang Perlu Anda Ketahui tentang Balapan Formula E

Formula E yang bernama resmi ABB FIA Formula E World Championship, adalah kejuaraan motorsport satu tempat duduk untuk mobil listrik.

SPORT | 24 Mei 2022

Putra Nababan Ungkap Proses Naturalisasi Marques Bolden Cs

Putra Nababan mengenang proses naturalisasi Marques Bolden dan kawan-kawan ke Tim Nasional (timnas) Basket Indonesia. 

SPORT | 23 Mei 2022

Puan Maharani Ingin Cabang Mother of Sport Lebih Unjuk Gigi

Ketua DPR Puan Maharani berharap prestasi Indonesia pada cabang mother of sport atau ibu dari olahraga, seperti atletik dapat lebih unjuk gigi.

SPORT | 23 Mei 2022

Puan Bangga Timnas Basket Putra Indonesia Ukir Sejarah

Ketua DPR Puan Maharani merasa senang, karena Timnas Basket Putra Indonesia berhasil mengukir sejarah pada SEA Games 2021 di Vietnam.

SPORT | 23 Mei 2022

Juara Liga Inggris City Samai Rekor Manchester United

Manchester City di bawah Pep Guardiola telah memenangi Liga Inggris keempat kalinya dalam lima musim terakhir, menyamai MU.

SPORT | 23 Mei 2022

Daihatsu Indonesia Masters 2022 Siap Digelar 7-12 Juni 2022

Daihatsu kembali menjadi sponsor utama untuk kelima kalinya sejak 2018 dalam mengadakan turnamen bulu tangkis Daihatsu Indonesia Masters 2022.

SPORT | 23 Mei 2022

Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021, Ini Kata Menpora

Kontingen Indonesia menempati peringkat tiga SEA Games 2021 dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri atas 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu.

SPORT | 23 Mei 2022

Tinju Raih 5 Medali, Pertina Apresiasi Perjuangan Atlet di SEA Games

Ketua Umum PP Pertina Mayjen TNI (purn) Komaruddin Simanjuntak bangga kepada enam petinju yang turun bertanding di SEA Games 2021.

SPORT | 23 Mei 2022

Setelah SEA Games, Timnas Basket Fokus ke FIBA Asia Cup

Setelah emas SEA Games 2021, Perbasi akan fokus mempersiapkan tim ke FIBA Asia Cup diman Indoensia menjadi tuan rumah pada 12-24 Juli 2022.

SPORT | 23 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gubernur Kalsel Resmikan Rumah Sakit ke-40 Siloam di Banjarmasin

Gubernur Kalsel Resmikan Rumah Sakit ke-40 Siloam di Banjarmasin

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings