Logo BeritaSatu

Kabar Baik, WADA Segera Cabut Sanksi LADI

Kamis, 13 Januari 2022 | 09:20 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Misi percepatan penyelesaian sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA) terhadap Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) kian menemukan titik terang. Ketua Gugus Tugas, ex-officio Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari menyebut akan ada kabar baik yang diterima Indonesia dalam waktu dekat.

Okto, sapaan karib Raja Sapta, mengatakan komunikasi dan koordinasi yang dengan WADA, Organisasi Anti-Doping Regional Asia Tenggara (SEARADO) hingga Asosiasi Anti-Doping Jepang (JADA), selaku pihak ketiga yang melakukan asistensi LADI, sudah kian intensif. Relasi posiitif ini diharapkan dapat menghasilkan kabar baik bagi Indonesia dalam waktu dekat.

“Akan ada kabar baik segera. Semoga dalam waktu dekat doa masyarakat Indonesia untuk bisa melihat Merah Putih berkibar lagi dapat segera terwujud,” kata Okto, Rabu (12/1/2022).

Sejak ditunjuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk menjadi bagian dalam tim ad-hoc pembebasan sanksi WADA, NOC Indonesia terlibat aktif mengupayakan percepatan penangguhan sanksi LADI.

Diplomasi kepada pihak terkait dilakukan secara aktif oleh NOC Indonesia, baik diplomasi formal dan nonformal, untuk memperbaiki permasalahan komunikasi, teknis, dan administrasi yang menjadi penyebab utama adanya sanksi WADA. Bahkan, Okto menggunakan waktu akhir tahun untuk melakukan koordinasi dengan Direktur Umum SEARADO Gobinathan Nair di Singapura.

“Di luar pending matters, kami sejak awal menemukan tiga tantangan yang harus diselesaikan, yakni komunikasi, teknis, dan administratif. Satu-satu kami urai dan kami perbaiki agar LADI sebagai NADO Indonesia bisa lebih profesional dan modern,” ujar Okto.

Secara teknis dan administratif, dikatakan Okto, masuk dalam ranah LADI. Sebelumnya, Wakil Ketua LADI Rheza Maulana menyampaikan pihaknya tengah fokus merampungkan test distribution plan (TDP) 2022.

“NOC Indonesia melalui Gugus Tugas mengimbau kepada semua pihak untuk dapat mempercepat semua proses penyesuaian sehingga LADI bisa berkembang menjadi lebih baik. Komunikasi telah dibangun dengan baik, tak cuma ke WADA tetapi SEARADO dan JADA sehingga semua yang telah dibangun ini bisa menjadi hasil yang positif bagi indonesia,” kata Okto.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Timnas Hoki Jadikan Piala Asia Uji Coba Asian Games 2023

Timnas hoki Indonesia akan tampil di Kejuaraan Hoki Putra Piala Asia di Lapangan Hoki Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, 23 Mei hingga 1 Juni 2022.

SPORT | 27 Mei 2022

Filippo Inzaghi Diangkat Lagi Jadi Pelatih Brescia

Filippo Inzaghi sebelumnya dipecat pada bulan Maret padahal Brescia berada di posisi yang tepat untuk mencapai babak play-off dan segera kembali ke Serie A.

SPORT | 27 Mei 2022

Bawa Pistol di Bagasi, Mantan Bos F1 Diciduk Polisi Brasil

Polisi Brasil menemukan pistol LW Seecamp 32 yang tidak berdokumen di bagasi mantan bos F1 Bernie Ecclestone selama pemeriksaan sinar-X.

SPORT | 27 Mei 2022

Taklukkan Djere, Medvedev ke Babak Ketiga Prancis Terbuka

Daniil Medvedev melaju ke babak ketiga Prancis Terbuka dengan kemenangan 6-3 6-4 6-3 atas petenis Serbia Laslo Djere, Kamis (27/5/2022) waktu setempat.

SPORT | 27 Mei 2022

Tsitsipas Susah Payah Menuju Babak Ketiga Prancis Terbuka

Stefanos Tsitsipas kembali harus bekerja keras untuk meraih kemenangan ketika atas petenis kualifikasi dari Ceko Zdenek Kolar di Prancis Terbuka.

SPORT | 27 Mei 2022

Raih Medali di Hanoi, DG Reeva Ingin Bawa Esports Dunia Games Naik Level

Setelah mendapatkan medali perak di SEA Games 2021 Hanoi, DG Reeva ingin membawah DG Esports naik level.

SPORT | 26 Mei 2022

Menpora: Prestasi di SEA Games, Bukti DBON di Jalur Tepat

Menpora Zainudin Amali, menerangkan keberhasilan Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam adalah buktu Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di jalur yang tepat.

SPORT | 26 Mei 2022

Kartini Cup Ajang PCI Tingkatkan Kualitas Tim Kriket Putri U-19

PP PCI terus meningkatkan kualitas Tim Kriket Putri Indonesia U-19 melalui Kejuaraan Kartini Cup Ke-7/2022 yang digelar di Bali, 18-22 Mei lalu.

SPORT | 26 Mei 2022

Terobosan Ketua BTN Tingkatkan Prestasi Esport Indonesia

Prestasi tim nasional Esport Indonesia di SEA Games terus meningkat, salah satunya berkat terobosan Ketua BTN Esports Indonesia, Ibnu Riza Pradipto.

SPORT | 26 Mei 2022

Medali Emas Diharapkan Jadi Tradisi E-Sports RI di SEA Games

Keberhasilan membawa dua medali di SEA Games 2021 (2022) Vietnam menjadi catatan bersejarah bagi Timnas PUBG Mobile Indonesia

SPORT | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Panggung Perayaan Kenaikan Isa Almasih di JIS Tak Gunakan Area Rumput

Panggung Perayaan Kenaikan Isa Almasih di JIS Tak Gunakan Area Rumput

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings