Logo BeritaSatu

Perbasi Ingin Pemain Indonesia Patriots Berkembang di IBL

Kamis, 13 Januari 2022 | 16:42 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia Patriots akan kembali meramaikan Indonesian Basketball League (IBL) 2022 yang akan digelar mulai 15 Januari nanti. Mereka akan bermain total karena di sinilah para pemain muda mendapatkan jam terbang sekaligus mengembangkan kemampuan sebelum terjun di kejuaraan internasional.

"PP Perbasi menurunkan pemain muda di IBL karena ingin memberikan jam terbang kepada mereka agar lebih berkembang. Dengan ditempa di kompetisi akan membuat mereka menjadi pemain yang lebih matang ke depannya. Mereka diharapkan bisa menjadi pelapis di timnas," terang Ketum PP Perbasi, Danny Kosasih dalam konferensi secara daring, Kamis (13/1/2022).

"Pelatih Timnas (Rajko Toroman) juga akan terbantu jika IBL diramaikan pemain muda. Stok pemain jadi melimpah dan itu akan memudahkannya dalam membangun tim," lanjutnya.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi menyatakan secara kualitas, para pemain muda di Indonesia Patriots tidak diragukan lagi. Namun mereka butuh pengalaman bertanding. "Dengan diasah terus di kompetisi, diharapkan ke depan mereka bisa menjadi andalan menghadapi berbagai kejuaraan internasional," jelas Nirmala.

Terdekat, Indonesia akan dihadapkan multievent antarnegara ASEAN, SEA Games XXXI Mei nanti di Hanoi. Pada ajang itu, mereka nanti akan jadi tumpuan dan akan diperkuat pemain senior yang kini menjadi andalan di masing-masing tim dalam kompetisi IBL. Di antaranya ada Andhakara Prastawa, Lester Prosper, Brandon Jawato, Arki Dikania Wisnu, Abraham Damar Grahita, dan pemain berkualitas lainnya pilihan pelatih.

Manajer Tim Indonesia Patriots Jamin Mattotoran menambahkan, bermain di kompetisi juga menjadi sarana pelatih mematangkan strategi bermain ala Rajko Toroman melalui Coach Milos Pejic. Harapannya, saat pemain muda ini nanti gabung bersama pemain senior di timnas tidak butuh waktu lama untuk adaptasi strategi.

"Bermain di kompetisi IBL akan mengasah kemampuan bermain pemain Indonesia Patriots sekaligus mengaplikasikan sistem strategi dan taktik Coach Milos yang selaras dengan arahan dari Coach Rajko Toroman. Sehingga saat pemain muda ini bergabung dengan timnas senior tidak butuh waktu lama untuk adaptasi lagi. Kami tentunya mohon dukungan dari masyarakat dan juga dari rekan klub IBL untuk selalu mendukung tim ini menjadi lebih matang," terang Jamin.

Apalagi, Pelatih Indonesia Patriots Milos Pejic tidak masalah tim asuhannya diisi pemain usia muda dan minim pengalaman. Sebaliknya, dia tertantang meramu mereka menjadi tim kuat.

Ini sesuai dengan tujuan dibuatnya tim ini yang dipersiapkan untuk masa depan. Dan, IBL diharapkan bisa membantu mereka berkembang menjadi lebih baik.

"Tim Patriots sangat muda dan belum berpengalaman dalam mengikuti seri IBL ini, namun kami percaya terhadap ide tim ini dipersiapkan untuk masa depan Indonesia. Target kami di IBL adalah mempercepat proses penyerapan strategi pelatih selama kompetisi dan dengan semangat muda mereka saya yakin bisa terwujud," ucap Milos.

Milos pun tidak akan memikirkan hasil dari setiap pertandingan di IBL. Terpenting, setiap pemain memberikan yang terbaik di setiap game. "Harapan kami, tim ini bisa memenangkan beberapa game selama seri IBL," tukas arsitek berpaspor Serbia ini.

Kapten Indonesia Patriots Ali Bagir Al Hadar berharap dengan bermain di IBL mendapatkan pengalaman bermain pada level tertinggi bola basket di Indonesia. Bersama rekan setimnya, akan berjuang pantang menyerah untuk mendapatkan hasil terbaik. Sekalipun tim ini diisi pemain muda dengan pengalaman belum sebanyak pemain senior di tim lainnya.

"Ke depannya jika saya bisa dipercaya untuk membela timnas senior, saya akan memberikan permainan terbaik saya untuk negeri ini," jelas Ali Bagir.

Direktur IBL Junas Miradiarsyah mengatakan, meski Indonesia Patriots dihuni pemain muda tidak ada keistimewaan bagi mereka. Di IBL, mereka tetap akan melawan tim lain dengan kekuatan penuh, dengan pemain asing yang dimiliki. Kebijakan ini diambil untuk menguatkan mental pemain dalam berproses.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

FP2 GP Inggris, Carlos Sainz Jr Catat Waktu Tercepat

Pembalap tim Ferrari Carlos Sainz Jr mencatat waktu tercepat di sesi latihan bebas kedua (FP2) ajang Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Inggris, di lintasan kering.

SPORT | 1 Juli 2022

Menang TKO, Daud Yordan Sukses Pertahankan Gelar

Daud Yordan berhasil menang TKO atas petinju Thailand, Panya Uthok di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat malam.

SPORT | 1 Juli 2022

Transvision Gelar Nobar Tour de France di 15 Kota Besar

Transvision menggelar acara nonton bareng (nobar) Tour de France serentak di 15 kota besar di Indonesia.

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: The Daddies Tumbang, 3 Wakil Indonesia ke Semifinal

Ahsan/Hendra terhenti di perempat final Malaysia Open dan Indonesia meloloskan tiga wakil ke semifinal.

SPORT | 1 Juli 2022

Valtteri Bottas Ungguli Lewis Hamilton di FP1 GP Inggris

Valtteri Bottas mengungguli Lewis Hamilton pada sesi pertama latihan bebas (FP1) Grand Prix (GP) Formula 1 (F1) Inggris.

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: Tekuk Ganda Tuan Rumah, Fajar/Rian Melaju

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, melaju ke semifinal Malaysia Open setelah menang mudah atas wakil tuan rumah, Ong Yew Sin/Tep Ee Yi.

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: Hafal Karakter Lawan, Apriyani/Fadia Menang

Apriyani/Fadia mengaku mampu menaklukkan pasangan nomor satu dunia, Chen/Jia, di Malaysia Open karena sudah tahu karakter permainan mereka.

SPORT | 1 Juli 2022

Cedera, Shesar Mundur dari Perempat Final Malaysia Open

Shesar Hiren Rhustavito mundur dari perempat final Malaysia Open lantaran cedera dalam pertandingan melawan Kento Momota.

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: Tumbang Lagi, Ginting Akui Axelsen Main Sabar

Anthony Sinisuka Ginting mengakui Viktor Axelsen bermain sabar sehingga mampu kembali mengalahkan dirinya di Malaysia Open.

SPORT | 1 Juli 2022

Malaysia Open: Sikat Ganda No 1 Dunia, Apriyani/Fadia ke Semifinal

Apriyani/Fadia merebut tiket semifinal Malaysia Open setelah menaklukkan pasangan nomor satu dunia, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

SPORT | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hari Bhayangkara, Kapolri Minta Anggotanya Bekerja Ikhlas

Hari Bhayangkara, Kapolri Minta Anggotanya Bekerja Ikhlas

NEWS | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings