Logo BeritaSatu

Pembenahan Sirkuit Mandalika Akan Selesai Tepat Waktu

Sabtu, 15 Januari 2022 | 09:27 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto, mengatakan, pembenahan Sirkuit Mandalika telah hampir mencapai 100% dan tinggal penyelesaian akhir di beberapa titik. Hadi meyakini Sirkuit Mandalika akan selesai tepat waktu.

"Jadi kesiapan Sikuit Mandalika pada umumnya sudah 100% di sirkuitnya sendiri," kata Hadi Tjahjanto melalui keterangan tertulis dari Kominfo yang diterima di Jakarta Jumat (14/1/2022) malam.

Menurut Hadi, pihaknya saat ini fokus mengawal penyempurnaan saluran air atau drainase di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

Integrasi pembuangan air akan dilakukan antara saluran dalam dan luar sirkuit. Hal ini untuk mencegah timbulnya genangan yang sempat terjadi saat World Superbike di tempat yang sama, pada 19-20 November 2021.

Di luar sirkuit, lanjut Hadi, pembenahan dilakukan di beberapa tempat di antaranya koridor jalan Kuta di Lombok Tengah hingga Keruak di Kabupaten Lombok Timur. Pekerjaan ini dipastikan Hadi akan rampung sebelum perhelatan MotoGP Mandalika 2022 pada 18 – 20 Maret mendatang.

"Saat ini kita sedang mengerjakan segmen dua tepat di depan sirkuit akan kita bangun menjadi empat jalur dengan median tanaman hijau," kata Hadi.

Perbaikan yang dilakukan dikatakan Hadi termasuk pada rumah-rumah penduduk dan warung-warung yang berdekatan dengan Sirkuit Mandalika. Untuk diketahui di wilayah sekitar Kuta-Keruak itu ada ratusan rumah warga yang akan dilakukan penataan sehingga jalan sepanjang 5,3 kilometer. Hal ini sebagai upaya mempercantik kondisi sekitar sirkuit.

“Harus terlihat rapi, dan taman-tamannya harus dilakukan penataan. Pesan Presiden semuanya harus dilaksanakan secara terintegrasi untuk menata kawasan termasuk juga mempercepat pembangunan yang belum selesai, karena tinggal 63 hari lagi kita melaksanakan MotoGP Mandalika 2022," kata Hadi.

Hadi pun yakin bahwa beberapa pembenahan, khususnya di luar sirkuit akan rampung tepat waktu sebelum Maret 2022. Termasuk pembenahan di jalan Bay Pass dari Bandara menuju Sunggung yang akan ditanami tumbuhan hijau.

"Bay pass masih kelihatan berwarna coklat sehingga akan kita hijaukan semua. Median jalan juga akan kita hijaukan, ditambah bunga- bunga berwarna merah, bunga bougenvile sampai di wilayah bundaran Sunggung," jelas Hadi.

Untuk mengantisipasi jumlah penonton yang membludak, kata Hadi, fasilitas hotel dan transportasi pun ditingkatkan. Terkait akomodasi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk bisa mendatangkan kapal PELNI sebagai hotel terapung yang nantinya akan ditempatkan di Pelabuhan Lembar.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan asosiasi pemilik kapal phinisi. Ada sejumlah 700 pinisi yang masing- masing pinisi itu berkapasitas lima kamar sehingga total 3.500 kamar," tutur Hadi.

Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Kementerian PUPR juga sudah membangun Sahunta (Sarana Hunian Pariwisata) atau homestay sebanyak 300 rumah yang berada di lima desa di kawasan sekitar. Ditambah 98 rumah di luar kawasan.

Termasuk peningkatan transportasi di darat, laut dan udara. Untuk laut, disediakan lima pintu yakni di Pelabuhan Gili Mas, Pintu Pelabuhan Lembar, Pintu Pelabuhan Bangsal dan Pintu Pelabuhan di Kayangan. Untuk transportasi udara, frekuensi penerbangan dari sejumlah kota menuju Lombok pun akan ditambah.

Ada sekitar 63.500 tiket yang dijual, dan sebagian sudah laku terjual. 10.000 diantaranya menurut data penyelenggara dibeli penduduk lokal.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perez Juara GP Singapura, Max Verstappen Gagal Kunci Gelar

Pembalap tim Red Bull Sergio Perez memenangi GP Singapura namun Max Verstappen gagal memanfaatkan balapan ke-17 di kalender itu untuk mengunci gelar juara dunia.

SPORT | 3 Oktober 2022

Anggia/Laras Sabet Gelar di Indonesia International Challenge

Pasangan ganda putri Anggia/Putri mempersembahkan gelar untuk Indonesia di ajang bulutangkis Mansion Sports Indonesia International Challenge 2022.

SPORT | 3 Oktober 2022

Menyerang Tak Bisa, Bertahan Tak Bisa, Kenapa Quartararo?

Total antara Belanda dan Thailand dia hanya mendapat 47 poin sementara dalam kurun waktu yang sama Bagnaia mendapat 136 poin!

SPORT | 2 Oktober 2022

BIN O2C Juara Livoli Divisi Satu 2022

BIN O2C Bandung menjuarai kompetisi bola voli Livoli Divisi Satu setelah di partai final menundukkan Bharata Muda Jakarta.

SPORT | 2 Oktober 2022

Alvin Bahar Kuasai Serie 5, Tiga Pembalap Honda Racing Indonesia Berpeluang Juara Nasional

Kemenangan di ISSOM seri 5 itu menjadi kado terindah buat Alvin Bahar karena diraih bertepat di hari ulang tahunnya.

SPORT | 2 Oktober 2022

Ini Hasil Lengkap Kejuaraan Vier World Arm Wrestling 2022

Atlet gulat tangan asal Korea Selatan (Korsel), Ju Minkyung tampil sebagai juara umum (king of table) kejuaraan Vier World Arm Wrestling 2022.

SPORT | 2 Oktober 2022

Vietnam Open: Dejan/Gloria Juara, Febriana/Amalia Runner-up

Dejan/Gloria menjuarai nomor ganda campuran sementara Febriana/Amalia menjadi runner-up ganda putri Vietnam Open 2022

SPORT | 2 Oktober 2022

Klasemen MotoGP Setelah Grand Prix Thailand

Keunggulan Quartararo terpangkas dari 18 poin menjadi hanya dua, sementara Espargaro masih mengancam dengan selisih 20 poin.

SPORT | 2 Oktober 2022

Hasil Lengkap MotoGP Thailand

Balapan digelar dalam kondisi basah seperti waktu di Sirkuit Mandalika Maret lalu, dan pemenangnya pun sama, Miguel Oliveira.

SPORT | 2 Oktober 2022

Oliveira Juara di Thailand, Bagnaia Tinggal 2 Poin dari Quartararo

Bagnaia finis ketiga sementara Quartararo gagal mendapat poin karena hanya berada di urutan ke-17.

SPORT | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings